Pakai FWD, Mitsubishi Xpander Cross Jadi Lebih Lega Dari Toyota Rush yang RWD? 

Polemik soal sistem penggerak roda depan dan belakang hingga kini terus jadi perdebatan, terutama di segmen SUV. Sebagai mobil dengan kemampuan off road, masyarakat kita cenderung memilih rear wheel drive alias penggerak roda belakang seperti pada Toyota Rush karena dinilai lebih tangguh. Padahal, SUV front wheel drive seperti Mitsubishi Xpander Cross lebih nyaman karena kabinnya lega. 

Sebagai LSUV 7-seater di bawah Rp300 juta, Mitsubishi Xpander Cross 2021 bisa dikatakan mobil ternyaman dikelasnya. Ukurannya lebih bongsor dibandingkan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL7 serta Honda BR-V.

Baca juga:

Adu Praktis Mitsubishi Xpander Cross vs Toyota Rush, Mana Lebih Cocok untuk Keluarga Tercinta?

Keunggulan SUV 7 Penumpang di Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios Bikin Masyarakat Berpaling Dari Avanza?

Cari Tahu Biaya Perawatan Toyota Rush 2021 Sebelum Meminangnya

Karena Mitsubishi Xpander Cross 2021 memiliki dimensi yang paling besar di kelasnya, sehingga membuat ruang kabin terasa lega. Terlebih, karena memakai sistem penggerak roda depan membuat tifak ada tonjolan di kabin sebagai pengurangan ruang untuk akomodasi gardan belakang.

Sayangnya, masyarakat Indonesia masih begitu mengandalkan RWD karena sudah terbukti tangguh di medan gravel atau jalan tanah di kota-kota kecil. Walaupun kenyamanan tidak sebaik SUV RWD, hal itu bukan masalah selama mobilnya tangguh.

SUV dengan RWD Seperti Toyota Rush Terkenal Tangguh? 

Walaupun Toyota Rush seringkali dikeluhkan soal kenyamanannya, namun produk garapan Toyota ini tetap saja laris manis. Bagi orang-orang yang tinggal di kota kecil, mereka lebih cenderung mencari mobil yang tangguh walaupun dari sisi kenyamanan tidak sebaik merek lain. 

Rancangan engine bay atau ruang mesinnya pun sederhana dan ringkas sehingga masih menyisakan banyak ruang kosong. Nah, ruang kosong tadi yang membuat sistem pendinginan mesin dianggap lebih bagus untuk airflow membuang panas. 

Dengan kondisi jalanan jelek di Indonesia yang masih begitu banyak, maka SUV RWD seperti Toyota Rush senantiasa jadi andalan. Rush juga dianggap punya kaki-kaki yang tangguh serta ground clearance tinggi. 

Istilahnya, Toyota Rush menjadi 'SUV basic' yang telah memenuhi kriteria dasar sebuah mobil berkemampuan off road. Terlebih dengan dukungan aftersales yang sangat luas membuat Toyota Rush ini lebih mudah soal perawatan rutin. 

Pakai Penggerak Roda Belakang, Terbukti Tangguh Daripada Para Rival

Toyota Rush terbaru masih mempertahankan penggerak belakang alias rear wheel drive (RWD). Secara teori memang mobil RWD menjanjikan pengendalian yang lebih bagus, terlebih saat dibawa dalam jalan menanjak ataupun permukaan yang tidak rata. Hal ini pun seolah menegaskan Toyota New Rush sebagai SUV sejati.

Padahal, sekarang ini kebanyakan SUV ataupun crossover memakai penggerak roda depan. Bicara soal kemampuan off road, maka penggerak roda belakang lebih mampu melewati tanjakan yang cukup terjal. Gaya dorong lebih kuat ketimbang gaya tarik sebagaimana yang ada di penggerak roda depan.

Efek RWD, Kabin Toyota Rush Jadi Sempit

Bicara soal kenyamanan, kita harus banyak maklum dengan sosok Toyota Rush generasi kedua ini. Memang secara dimensi membesar, tapi ternyata ruang di baris ketiga tak banyak perbedaan.

Rush walaupun sudah berganti generasi keluhannya masih sama saja seperti Rush generasi pertama, baris ketiga yang tetap sempit. Duduk di baris paling belakang Toyota Rush untuk orang dewasa sulit untuk dikatakan nyaman. Selain karena dimensi mobil yang tidak terlalu besar, lantai kabin juga jadi lebih tinggi dengan gundukan di melintang karena adanya tonjolan gardan dan as kopel. 

Selain itu, desain busa tipis dan sudut kaki cenderung jongkok. paha bagian bawah tidak tertopang dengan baik oleh jok membuat cepat pegal.

Alhasil, baris paling belakang tidak direkomendasikan bagi penumpang dewasa. Dimensinya lebih tepat untuk anak anak atau penumpang dengan tinggi tubuh tidak lebih dari 160cm.

Mitsubishi Xpander Cross, SUV dengan Kenyamanan Rasa MPV

Namanya mobil SUV, suspensi kenyal hingga cenderung keras menjadi makanan sehari-hari. Melihat kondisi tersebut, Mitsubishi tampaknya berusaha untuk jadi brand pelopor low SUV yang nyaman untuk keluarga. Melalui Mitsubishi Xpander Cross, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia berusaha membuat SUV dengan kenyamanan ala MPV.

Dari desainnya, Xpander Cross punya dimensi yang lebih besar dari Xpander biasa. Kemudian, ban ukuran 205/55-17 inci di keempat roda membuat ground clearance-nya terdongkrak semakin tinggi, mencapai 225 mm. Tingginya ini melampaui SUV lain sekelas seperti Toyota Rush, Honda BR-V, dan Suzuki XL7.

Secara desain dan postur sih sudah layak jadi SUV, walaupun memakai penggerak roda depan. Apakah itu salah? Oh tidak juga kok karena sekarang ini malah kebanyakan crossover atau low SUV memakai FWD. Tentunya pabrikan mobil telah memperhitungkan kemampuan dan pemakaian mobil ini di jalan non aspal. 

Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI saat peluncuran mengatakan bila Xpander Cross merupakan keluarga tertinggi Xpander yang menggabungkan kenyamanan MPV dengan ketangguhan SUV. Karena bukan SUV murni seperti Toyota Rush, jadinya Xpander Cross hanya meng-upgrade beberapa bagian supaya bisa mengakomodir kemampuan SUV ringan.

Xpander Cross mendapatkan suspensi canggih dengan katup peredam guncangan baru rebound spring. Meski terlihat lebih tinggi, karakter suspensi yang ditampilkan memiliki bantingan terkesan empuk.

Karakter suspensi Mitsubishi Xpander Cross dibuat lebih kaku, sehingga mobil tidak mengayun berlebihan. Ditambah lagi penggunaan ban lebar juga semakin menjaga kestabilan berkendaranya.

Pakai FWD, Ruang Baris Ketiga Xpander Cross Cukup Lega 

Keluhan dari pengguna mobil RWD seringkali berupa kabin yang kurang lega. Sebab, pada lantainya tedapat gundukan untuk memasang as kopel yang menggerakkan roda belakang. Ini membuat Xpander Cross ruang baris ketiganya lebih baik daripada Toyota Rush karena dek yang agak rendah tidak terganjal gardan belakang.

Ruang penumpangnya cukup untuk postur rata-rata orang Indonesia dengan tinggi 170-180 cm. Supaya sama-sama enak, kita cukup berbagi ruang dengan baris kedua supaya ruangannya sama-sama pas. 
 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Lima Alasan Toyota Rush Masih Laku-laku Aja | Review Lengkap

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rush vs XL7
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rush vs Raize
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Rush vs Almaz
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rush vs Terios
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    Rush vs Rocky
Toyota Rush
Lihat