Keunggulan SUV 7 Penumpang di Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios Bikin Masyarakat Berpaling Dari Avanza?

Yongki Sanjaya · 12 Mar, 2021 12:00

Keunggulan SUV 7 Penumpang di Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios Bikin Masyarakat Berpaling Dari Avanza? 01

Penjualan kendaraan bermotor terutama mobil kecil sepanjang 2020 menjadi periode paling anomali. Akibat wabah Covid-19, penjualan Toyota Avanza tidak lagi jadi yang terlaris. Tren penjualan bergeser dimana city car dan SUV 7 penumpang seperti Toyota Rush 2021 semakin laris.

Dari kondisi tersebut, apakah masyarakat sudah bosan dengan MPV? Atau memang karena SUV 7 penumpang ini memberikan nilai lebih sebagai mobil harian? Nah, kedua poin tadi memang jadi alasan utama mengapa masyarakat mulai meninggalkan MPV. 

Konsumen di Indonesia memilih mobil SUV karena beberapa hal, dimulai dari desain interior yang lega hingga eksterior tangguh. Pembeli SUV 7-seater umumnya memiliki anggota keluarga hingga empat orang atau lebih dan gemar melakukan kegiatan outdoor bersama. 

Baca juga:

Adu Praktis Mitsubishi Xpander Cross vs Toyota Rush, Mana Lebih Cocok untuk Keluarga Tercinta?

Jadi SUV 7-Seater, Kursi Baris Ketiga Toyota Rush 2021 Cuma Pas Buat Bocah?

Nih Rahasia Toyota Rush 2021 Bisa Tetap Jadi SUV Terlaris di Indonesia

Aktivitas seperti piknik atau travelling ke kampung halaman jelas butuh mobil yang tangguh di segala medan dan lega. Terlebih lagi, karakter masyarakat Indonesia ada kecenderungan rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan kualitas bagus.

Itulah mengapa, Toyota Rush atau kembarannya yaitu Daihatsu Terios semakin banyak peminatnya. Padahal, harga low SUV posisinya lebih mahal daripada low MPV seperti Toyota Avanza. Supaya tidak penasaran, yuk kita ulas kenapa sebaiknya pilih SUV daripada MPV. 

Keunggulan Toyota Rush 2021, Kabin Lega Bikin Nyaman saat Membawa Banyak Penumpang dan Barang

Keunggulan SUV 7 Penumpang di Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios Bikin Masyarakat Berpaling Dari Avanza? 02

Kebanyakan sedan hanya membawa empat hingga lima penumpang, sehingga menyulitkan keluarga besar untuk bepergian bersama-sama. Sementara untuk MPV bisa membawa sekitar tujuh penumpang. Namun demikian, MPV tidak setangguh SUV bila melewati medan gravel khas pedesaan. 

Sementara itu, SUV yang memiliki tiga baris kursi penumpang seperti Toyota Rush dapat menampung hingga tujuh orang. Bila membawa banyak orang, jok tengah dapat dilipat hingga datar sehingga memudahkan akses ke baris ketiga. 

Berbeda dengan model-model sebelumnya sebelumnya, generasi kedua Toyota Rush 2021 diklaim menawarkan penanganan yang mantap dan kenyamanan ketika berkendara karena sistem suspensi yang sudah diperbaharui. Ketiadaan ban serep belakang membuat dimensi mobil bisa dioptimalkan. 

Ruang Penyimpanan Barang Semakin Besar 

Keunggulan SUV 7 Penumpang di Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios Bikin Masyarakat Berpaling Dari Avanza? 03

Secara dimensi, Toyota Avanza berukuran panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. Adapun Toyota Rush terbaru punya dimensi panjang x lebar x tinggi (mm) 4.435 x 1.695 x 1.705. Dari sini bisa kita pahami kalau Rush lebih panjang dan sedikit lebih lebar daripada Avanza. 

Kemudian bila dibandingkan dengan generasi pertama, 
Rush baru lebih panjang 15 mm, lebarnya lebih ramping 50 mm dan tingginya lebih rendah 35 mm.

Dengan begini, kita akan lebih leluasa dengan akomodasi bagasi saat membawa barang bawaan lebih banyak. Saat tidak membawa banyak penumpang, tempat duduk paling belakang bisa dilipat. Dengan begini, ruang penyimpanannya memiliki kapasitas lebih besar dari MPV dan bahkan hingga tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan small hatchback.

Keunggulan SUV 7 Penumpang di Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios Bikin Masyarakat Berpaling Dari Avanza? 04

Kapasitas ruang kargo yang luas di SUV membuat Anda lebih mudah untuk barang-barang yang lebih besar seperti kotak, koper, perlengkapan olahraga, dan bahkan sepeda maupun perabotan. 

Terlebih, konfigurasi kursi paling belakang dapat dilipat dengan rasio 50/50 serta jok pada baris kedua yang dapat dilipat dengan rasio 2:3. Apabila kursi belakang dan tengahnya dilipat semua, maka terdapat ruang kosong yang sangat lega, walaupun tidak sebesar blind van. 

Dengan luasnya kapasitas tersebut, Anda dapat menemukan cara baru untuk menggunakan ruangan kabin sebagai bagasi raksasa. Butuh pindahan barang penting dari kantor ke rumah atau sebaliknya untuk work from home, tentu bukan masalah.

Keunggulan SUV 7 Penumpang, Handal di Segala Kondisi Jalan Khas Indonesia 

Keunggulan SUV 7 Penumpang di Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios Bikin Masyarakat Berpaling Dari Avanza? 05

Sebagian besar pemilik SUV mungkin tidak pernah pergi off-road, namun kondisi infrastruktur jalan di Indonesia yang tidak semuanya mulus sudah bisa disebut sebagai medan off road ringan. 

Tidak seperti mobil keluarga biasa, SUV 7 penumpang memungkinkan pengemudi untuk pergi ke berbagai tempat untuk menikmati petualangan outdoor seperti berkemah, memancing, dan hiking.

Sistem penggerak roda belakang dikombinasikan ground clearance tinggi membuat SUV 7 penumpang bisa melalui genangan air yang lumayan tinggi, jalan menanjak yang agak curam, hingga jalan tanah berbatu di bumi perkemahan.

Sederhananya, sebuah SUV dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, mulai dari pantai berpasir hingga jalur hutan berlumpur. Keunggulan ini juga dapat kita andalkan saat terpaksa harus melintasi kondisi jalanan tergenang dan banjir. 

Rush baru punya ground clearance 220 mm, lebih tinggi 20 mm dibandingkan Rush generasi sebelumnya. Artinya, mobil ini cukup aman bila melintasi genangan setinggi 20 cm.

Keunggulan SUV Daripada MPV, Gaya Maskulin Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Berkendara

Keunggulan SUV 7 Penumpang di Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios Bikin Masyarakat Berpaling Dari Avanza? 06

SUV bagaimanapun juga terlihat keren dan gagah karena posturnya tinggi besar. Hal ini sesuai dengan selera kebanyakan orang yang membeli SUV karena mobil ini memiliki gaya yang maskulin. 

Sementara itu, sebagian orang lainnya membeli SUV karena mereka memang membutuhkan kendaraan yang lebih besar, atau ingin bepergian dengan jalur off-road. Bagi kaum hawa, desain maskulin ini memberikan rasa percaya diri dan rasa aman lebih baik. 

Kesimpulan

Berdasarkan beberapa fakta di atas, bisa jadi pertimbangan saat kamu bingung memilih beli MPV atau SUV. Dengan selisih harga tidak terlalu jauh, SUV menyediakan semua kebutuhan dasar pada MPV ditambah kemampuan di medan off road ringan yang lebih baik.

Kondisi jalan di Indonesia yang masih belum semuanya mulus tentu butuh mobil yang tangguh. Belum lagi, di beberapa wilayah kerap terjadi banjir atau genangan tinggi usai hujan lebat turun. SUV dinilai lebih siap menghadapi situasi seperti ini.  

Komentar