Terlihat Mewah dan Punya Mesin Bertenaga, Seboros Apa Konsumsi BBM Toyota Alphard?

Seperti apa konsumsi BBM Toyota Alphard di Indonesia?
  • Konsumsi BBM Toyota Alphard sering dicap boros
  • Toyota Alphard tawarkan mesin bertenaga
  • Toyota Alphard juga favorit keluarga Indonesia

Toyota Alphard dikenal sebagai mobil mewah dengan ukurannya yang besar. Multi Purpose Vehicle (MPV) ini dibanderol cukup mahal dan termasuk ke dalam kategori mobil mewah. Dengan dimensinya yang besar, otomatis kabinnya juga lapang dan kapasitas penumpangnya cukup banyak. Sehingga, tak jarang Toyota Alphard diandalkan sebagai mobil keluarga mapan atau dari kalangan pejabat dan selebritis.

Sebab, kabin mobil ini memang menawarkan kenyamanan yang baik. Meskipun digunakan sebagai armada taksi eksklusif, tapi predikatnya sebagai mobil mewah tetap tidak luntur. Toyota Alphard juga masih banyak diminati, termasuk kondisi bekasnya.

Sejarah Toyota Alphard di Indonesia

Toyota Alphard generasi pertama

Toyota Alphard pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2002. Tapi, pada saat itu belum dijual secara resmi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Generasi pertama mobil ini banyak dijumpai di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali, melalui importir umum.

Generasi pertama Alphard mengandalkan mesin 2AZ-FE dengan kapasitas silinder 2.400 cc, 4-silinder, yang mampu hasilkan tenaga maksimum hingga 160 PS dan torsi maksimum mencapai 195 Nm. Ada juga pilihan mesin 1MZ-FE dengan kapasitas 3.000 cc, V6, dengan tenaga maksimum mencapai 220 PS dan torsi maksimum 310 Nm. Sistem penggeraknya ada yang roda depan dan full time 4WD. Generasi pertama ini diproduksi hingga 2008.

Baca juga : Bocoran Toyota Alphard 2022 Muncul Lagi, Tapi Kali Ini Diyakini Mirip Aslinya

Toyota Vellfire awalnya didatangkan ke Indonesia melalui importir umum

Baru pada tahun 2008, Toyota Alphard generasi kedua dipasarkan di Indonesia secara resmi oleh TAM. Sektor mesinnya masih mengandalkan mesin berkode 2AZ-FE dan pilihan lainnya lebih besar, yakni mesin 2GR-FE dengan kapasitas 3.500 cc, V6. Mesin 2GR-FE ini memiliki tenaga maksimum hingga 280 PS dengan torsi maksimum mencapai 330 Nm.

Selain Toyota Alphard, di Indonesia juga ada Vellfire yang dibawa oleh importir umum. Beberapa perbedaannya ada pada lampu depan dan lampu belakang, serta desain grille. Desain Toyota Vellfire lebih sporty dan agresif dibanding Alphard.

Mesin Toyota Alphard generasi ketiga

Generasi ketiga Toyota Alphard lahir pada tahun 2015 dan masih bertahan hingga sekarang. Mesin 2GR-FE masih dipertahankan, tapi opsi lainnya adalah mesin 2AR-FE yang memiliki kapasitas mesin 2.500 cc yang menghasilkan tenaga maksimum hingga 182 PS.

Selain itu, hadir juga Toyota Alphard Hybrid dengan mesin 2AR-FXE yang memiliki kapasitas 2.500 cc dengan tenaga maksimum mencapai 152 PS. Toyota Alphard dijual dalam tiga tipe, yakni 2.5 X AT, 2.5 G AT, dan 3.5 Q AT.

Dimensi Toyota Alphard
Panjang / Overall Length 4.945 mm
Lebar / Overall Width 1.850 mm
Tinggi / Overall Height 1.895 mm
Jarak Poros Roda / Wheelbase 3.000 mm
Jarak Pijak Depan / Front Tread 1.575 mm
Jarak Pijak Belakang / Rear Tread 1.600 mm
Jarak Terendah / Ground Clearance 160 mm

Konsumsi BBM Toyota Alphard

Kabin Toyota Alphard yang lapang dan nyaman

Meskipun generasi ketiga Toyota Alphard memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, 2.500 cc, tapi efisiensi bahan bakarnya diklaim lebih baik 15 persen dibanding mesin yang digunakan sebelumnya. Toyota Alphard memiliki dimensi yang besar, untuk itu membutuhkan mesin yang besar dan bertenaga juga agar menghasilkan performa berkendara yang nyaman. Maka itu, banyak yang berpendapat bahwa konsumsi BBM Toyota Alphard termasuk boros.

Untuk konsumsi BBM Toyota Alphard 2.5 diklaim dapat menempuh jarak 10 kilometer hanya dengan 1 liter bahan bakar. Namun, pada kenyataannya, untuk dipakai berkendara di dalam kota, konsumsi BBM Toyota Alphard 2.5 hanya ada di kisaran 6 km/liter hingga 8 km/liter. Memang ada peningkatan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Konsumsi BBM Alphard 2.4 ada di kisaran Rp 5 km/liter hingga 7 km/liter.

Dengan gaya mengemudi eco, tak menutup kemungkinan jika konsumsi BBM mobil dengan bodi mengotak ini bisa tembus 10 km/liter hingga 12 km/liter. Jadi, dalam kondisi tangki bahan bakar terisi penuh, Toyota Alphard dapat menempuh jarak 750 kilometer hingga 900 kilometer. Tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas sebesar 75 liter.

Baca juga : Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard

Sementara untuk Toyota Alphard 3.5, konsumsi BBM yang dihasilkan maksimal hanya 8,6 km/liter untuk berkendara di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 23 km/jam. Jika digunakan untuk berkendara di jalur bebas hambatan atau jalan tol, konsumsi BBM Alphard 3.5 dapat mencapai 12 km/liter dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam.

Meskipun para pemilik Toyota Alphard pada umumnya bukan tidak mempermasalahkan soal konsumsi BBM sebagai prioritas, tapi Toyota tetap memperhatikan efisiensi dari MPV mewah tersebut. Untuk itu, Toyota juga menawarkan Alphard versi hybrid.

Toyota Alphard Hybrid menggunakan mesin berkapasitas 2.494 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 152 PS. Output tenaganya lebih kecil dari versi bensin, tapi konsumsi bahan bakarnya lebih hemat. Rata-rata konsumsi BBM Toyota Alphard Hybrid ini terborosnya ada di kisaran 10 km/liter. Sementara untuk berkendara di dalam kota, konsumsi BBM mobil ini bisa mencapai 15 km/liter.

Saat ini, Toyota Alphard dipasarkan mulai dari Rp 1.115.200.000 (on the road Jakarta) untuk tipe 2.5 X AT, Rp 1.270.500 (on the road Jakarta) untuk tipe 2.5 G AT, dan Rp 1.543.550.000 (on the road Jakarta) untuk tipe Q AT.

Mesin Toyota Alphard
Tipe Mesin / Engine Type 2AR-FE
No. of Cylinders & Arrangement 4 Cylinders, in-line type
Valve Mechanism 16-valve DOHC, Chain Drive with Dual VVT-i
Isi Silinder / Displacement (cc) 2.494
Bore x Stroke (mm) 90,0 x 98,0
Rasio Kompresi/ Compression Ratio 10,4 : 1
Engine Power (ps/rpm) 180/6.000
Engine Torque (kgm/rpm) 23,9/4.100
Fuel     Unleaded Gasoline
Sistem Bahan Bakar / Fuel System Electronic Fuel Injection (EFI)
Kapasitas Tangki / Fuel Tank Capacity (ltr) 75
Kaki-kaki Toyota Alphard
Sistem Kemudi / Steering System Rack and Pinion with EPS
Suspensi Depan / Front Suspension MacPherson Strut
Suspensi Belakang / Rear Suspension Double Wishbone
Stabilizer     with Torsion Bar (Front & Rear)
Rem Depan / Front Brake Ventilated Disc
Rem Belakang / Rear Brake Ventilated Disc
Alloy Wheel 18 Inch Wheel
Ukuran Ban / Tire Size 235/50 R18

Baca juga : Kalau Toyota Alphard Bekas Terlalu Mahal, Ambil Mazda 8 Si MPV Bongsor yang Nggak Kalah Nyaman

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Alphard

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Waspadalah Pajero Sport dan Fortuner ! Kia luncurkan SUV Sorento 2021 fitur melimpah tampang sangar!

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Alphard
Lihat