window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard

Enda · 30 Sep, 2021 08:00

Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard 01

Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard

Toyota Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) hingga kini masih menjajakan dua MPV premium berpenampilan boxy, yaitu Toyota Vellfire dan Toyota Alphard. Harga kedua model ini sudah lebih dari Rp1 miliar. Menggunakan platform kepunyaan Alphard, Toyota Vellfire hadir dengan satu varian saja yang mana ditawarkan Rp1.247.850.000. Sedangkan Toyota Alphard diniagakan mulai dari Rp1.065.450.000 sampai dengan Rp1.990.450.000.

Perlu kalian ketahui, harga yang ditawarkan pada Vellfire tadi merupakan untuk tipe G bermesin 2.5L. Untuk Alphard dengan tipe yang sama seperti Vellfire, dipatok Rp1.219.850.000. Sedikit menarik kesimpulan antara Toyota Vellfire G 2.5 dengan Toyota Alphard G 2.5, kedua model ini memiliki selisih harga mencapai Rp28 juta.

Sebagai informasi, TAM sendiri pada awal Juni 2021 sedikit memberikan improvment terhadap kedua MPV premiumnya tersebut. Sentuhan yang disematkan berupa tampilan yang lebih sporty pada Vellfire, serta fitur keselamatan yang lebih advance untuk keduanya.

Ingin tahu bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard? Simak ulasannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Toyota Alphard 2022 Pakai Gril dan Logo Baru, Lebih Keren atau Jadi Aneh?

Toyota Vellfire Terlihat Sporty, Toyota Alphard Lebih ke Elegan

Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard 01

Tampilan Toyota Vellfire terkesan lebih sporty namun tetap mewah

Meski masuk di segmen yang sama, Alphard dan Vellfire memiliki karakter yang sangat berbeda. Alphard tampil dengan desain bernuansa mewah, anggun, dan formal. Sedangkan Vellfire menonjolkan tampilan modern dan high tech dengan kesan berani dan sporty.

Bicara Toyota Vellfire, mobil ini tersematkan bumper dengan ukuran cukup besar yang mana banyak memiliki garis tegas yang dikelilingi ornamen berlapiskan krom dan logam. Sistem pencahayaannya sendiri menggunakan lampu LED di yang tersusun ganda secara vertikal di setiap sisi. Di bagian tengah antara lampu utamanya tersebut, kalian bisa menjumpai adanya grille dengan bentuk yang tegas memancarkan kesan mewah dan sporty.

Agar terlihat mewah sekaligus sporty, bagian samping mobil ini mendapat tambahan Dynamic Side Skirt yang dipadukan dengan velg 18 inci model palang berkelir two-tone.

Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard 02

Tampilan belakang Toyota Vellfire

Menengok bagian buritan, tampilan Toyota Vellfire ini sama seperti Toyota Alphard. Hanya saja Vellfire terkesan unik, mewah dan sporty berkat adanya stoplamp LED model plasma serta adanya garnis yang dilabur aksen krom serta logam.

Baca juga: Jangan Sampai Dianggap Kembar, Ini Kelebihan Lexus LM350 Dibanding Toyota Alphard

Lebih ke kesan elegan, Toyota Alphard disematkan lampu utama dengan bentuk pipih, mengusung teknologi LED yang dilengkapi DRL. Untuk menyuguhkan tampilan yang mewah, kedua lampunya ini dibuat terlihat menyatu dengan grill yang membesar, berkelir hitam dikombinasikan aksen warna krom yang menjulang ke bawah.

Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard 03

Tampilan depan Toyota Alphard

Sama seperi Vellfire, sisi samping Toyota Alphard mendaptkan bentuk pilar B yang dibuat menyinggung dari arah garis mobil. Bagian lingkar rodanya pun sama-sama menggunakan ukuran 18 inci berwarnakan two-tone hanya saja modelnya lebih elegan.

Pada buritan belakang, Toyota Alphard memperlihatkan kesan kemewahan dengan diaplikasikannya lamu LED serta garnish yang dibuat seolah menyatu.

Oh iya, Toyota Vellfire dan Toyota Alphard pada pintu bagasinya ini mendapat Power Backdoor, lho, jadi kalian tidak perlu merasa repot ketika akan membuka dan menutup pintu bagasi.

Desain Interior Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard Apakah Sama?

Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard 04

Interior Toyota Vellfire

Melihat tampilan interior tipe G 2.5 Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard, sangatlah berbeda. Pada Alphard tampilan dalamnya didominasi dengan warna begie dengan sedikit sentuhan warna hitam dan aksen wood panel. Sedangkan homologasi Vellfire sendiri seutuhnya dilapisi warna hitam yang memancarkan kesan sporty.

Ketika melihat lebih detail bagian kabin kedunya, kalian akan disuguhkan jok yang dilapisi kualitas kulit pelapis premium serta berbagai macam fitur kemewahan pada mobil ini. Baik Vellfire maupun Alphard, telah disematkan Multifunctional Audio Head Unit premium 9 inch screen with high definition yang didukung dengan phone mirroring feature serta dipadukan Digital Dolby untuk menghasilkan kualitas suara yang baik.

Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard 05

Interior Toyota Alphard

Bukan hanya itu saja, keduanya juga mendapatkan Color Ceiling Illumination, Foldable Center Table, captain seat yang bisa diatur secara elektrik di baris kedua, panoramic sunroof di atasnya yang mana juga tersematkan layar LCD 13 inci.

Fitur Keselamatan Toyota Vellfire dan Toyota Alphard Sepadan

Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard 06

Toyota Vellfire dan Toyota Alphard memperoleh fitur keselamatan pintar Toyota Safety Sense

Kini Toyota Vellfire dan Toyota Alphard mendapatkan fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang mengalami penyempurnaan. Dimana fitur ACC dapat mulai diaktifkan sejak kecepatan 0 km/h dari yang sebelumnya baru bisa diaktifkan jika mobil sudah menyentuh kecepatan 50 km/h. Penyempurnaan pada fitur ACC ini dapat semakin memberikan kenyamanan kepada penggunanya sekaligus meningkatkan faktor keselamatan dalam berkendara.

Selain ACC yang mendapatkan penyempurnaan, Toyota Vellfire dan Toyota Alphard juga memperoleh fitur keselamatan fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM) dan Automatic High Beam (AHB). Selain itu juga sudah dilengkapi dengan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Intelligent Clearance Sonar (ICS).

Toyota Vellfire dan Toyota Alphard Sama-sama Berbagi Jantung Pacu

Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard 07

Mesin 2AR-FE 2.5L pada Toyota Vellfire dan Toyota Alphard

Varian G 2.5 Toyota Vellfire dan Toyota Alphard dibenamkan mesin bensin berkubikasi 2.494 cc berkodekan 2AR-FE empat silinder segaris, 16 valve DOHC dual VVT-i. Tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 180 PS @6.000 rpm di angka torsi 234 Nm @4.100 rpm. Dalam melakukan perpindahan percepatan, keduanya hanya disediakan transmisi otomatis FF-2 WD CVT.

Kesimpulan

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, perbedaan antara Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard terletak pada tampilan eksterior dan interiornya yang mana Vellfire dibuat lebih sporty tanpa mengurangi kesan mewah.

Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard 08

Meter cluster Toyota Vellfire mendapat lingkaran merah guna mempertegas kesan sportynya

Mengenai fitur unggulan dan keselamatan, sebenarnya keduanya ini sama. Hanya saja pada tampilan meter cluster Vellfire disematkan lingkaran merah guna mempertegas kesan sportynya.

Setelah melihat ulasan di atas, kini kalian sudah tahu kan bedanya Toyota Vellfire dan Toyota Alphard?

Baca juga: Hyundai Staria Vs Toyota Alphard, Mana MPV Mahal yang Paling Unggul?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil