LCGC Terkenal Irit, Konsumsi BBM Toyota Calya Ternyata Diluar Dugaan!

  • Toyota Calya hanya dibekali satu tipe mesin berkapasitas 1.200 cc.
  • Dengan teknologi Dual VVT-i, mesin Toyota Calya ini terkenal irit BBM.
  • Catatan konsumsi BBM Toyota Calya pun membuktikannya.

Banyak faktor yang dapat menentukan seseorang untuk membeli suatu mobil. Bisa karena harganya yang terjangkau, desain yang ditawarkan, kelengkapan fiturnya, teknologi canggih yang disematkan, performa mesin yang dimiliki, atau konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang dihasilkan.

Untuk konsumen di kelas menengah, konsumsi BBM bisa menjadi satu faktor yang cukup menentukan. Sebab, dengan konsumsi BBM yang irit, maka biaya operasional yang diperlukan juga jadi lebih sedikit. Sehingga, pemilik mobil bisa lebih berhemat dan disisihkan untuk pengeluaran lainnya.

Untuk itu, banyak orang yang memilih untuk membeli mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) karena diklaim hema bahan bakar. Apalagi, jika kendaraan tersebut hanya untuk penggunaan sebagai moda transportasi harian. Maka, konsumsi BBM bisa menjadi faktor yang sangat diperhatikan.

Konsumsi BBM Toyota Calya dinilai sangat irit untuk mobil 7 penumpang

Dari sekian banyak model mobil di segmen LCGC, Toyota Calya termasuk yang paling laris penjualannya sejak mobil tersebut diluncurkan. Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) ini banyak dibeli karena harganya yang terjangkau dan kapasitasnya yang dapat memuat hingga tujuh penumpang.

Toyota Calya sendiri dirancang oleh Daihatsu. Mobil ini diproduksi bersama PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2016. Sebelumnya, Toyota sudah lebih dulu memperkenalkannya pada 2014 di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS).

Baca juga : Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya

Sejarah Lahirnya Toyota Calya di Indonesia

Toyota Calya memiliki kembaran, yakni Daihatsu Sigra

Nama Calya sendiri memiliki arti yang sangat bagus. Kata tersebut diambil dari bahasa Sansekerta, yang artinya "sempurna". Alasan Toyota menggunakan bahasa Sansekerta adalah karena bahasa tersebut merupakan bahasa yang dominan di Nusantara. Khususnya, saat era kerajaan Hindu, seperti Kutai dan Tarumanegara.

Toyota Calya diproduksi dengan menggunakan platform yang sama dengan Daihatsu Sigra. Maka itu, tak heran banyak yang mengatakan kedua mobil ini kembar. Tapi, khusus untuk Toyota Calya, tersedia satu pilihan mesin saja, yakni mesin 1.200 cc yang memiliki kode 3NR-VE.

Mesin Toyota Calya

Untuk dapur pacunya, Toyota Calya dibekali dengan mesin berteknologi Dual VVT-i, 4 silinder, dan memiliki kapasitas 1.200 cc. Mesin ini hanya mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 87 hp dan torsi maksimalnya juga hanya 108 Nm. Meskipun dirasa pas-pasan, tapi kelebihannya adalah konsumsi BBM yang dihasilkan jadi lebih efisien alias irit.

Lalu, bagaimana dengan konsumsi BBM yang dihasilkan Toyota Calya?

Konsumsi BBM Toyota Calya

Banyak yang penasaran seberapa irit konsumsi BBM  Toyota Calya. Untuk itu, kami sudah melakukan pengetesan untuk menjawab rasa penasaran banyak orang. Hasil pengetesan tersebut cukup mengejutkan, karena konsumsi BBM yang dihasilkan oleh Toyota Calya cukup irit.

Dalam pengetesan ini, kami menggunakan Toyota Calya tipe G dengan transmisi matik. Berdasarkan data pengetesan yang sudah kami lakukan beberapa waktu lalu, konsumsi BBM Toyota Calya bisa mencapai 13,5 kilometer per liter.

Dengan catatan, hasil tersebut kami raih dengan rute kombinasi. Jarak tempuh pengetesan yang dilakukan mencapai 400 kilometer dengan kecepatan yang dinamis alias berubah-ubah, mengikuti kondisi lalu lintas pada saat itu. Rute kombinasi yang ditempuh, mulai dari kondisi jalan macet, kondisi jalan di dalam kota, melalui jalan bebas hambatan atau jalan tol, dan tanpa mematikan AC di sepanjang pengetesan.

Tampilan Toyota Calya terbaru lebih modern dengan lampu LED

Selain mengetes konsumsi BBM dengan gaya pemakaian harian, kami juga melakukan pengetesan dengan metode eco driving. Kali ini, pengetesan dilakukan dengan menempuh jarak hingga 40 kilometer. Tapi, dengan kecepatan maksimal hanya 100 kilometer per jam. Dari pengetesan ini, Toyota Calya mencatatkan konsumsi BBM 25 kilometer per liter.

Hasil tersebut cukup menakjubkan dan sesuai dengan namanya, mobil dengan harga yang terjangkau dan ramah lingkungan. Konsumsi BBM Toyota Calya bisa dikatakan sangat irit. Bahkan, seboros-borosnya konsumsi BBM mobil ini, masih ada di kisaran 10 kilometer per liter.

Tapi, perlu diketahui bahwa konsumsi BBM setiap mobil akan berbeda. Sebab, ada banyak faktor yang dapat menentukan, mulai dari gaya berkendara, kondisi lalu lintas, kondisi cuaca, tekanan udara setiap ban, beban yang dibawa, dan lainnya.

Performa Toyota Calya

Tipe G jadi varian Toyota Calya tertinggi

Selain melakukan pengetesan terhadap konsumsi BBM Toyota Calya, kami juga ingin menjawab penasaran akan performa yang dihasilkan LMPV tersebut. Ternyata, Toyota Calya bisa mencapai 60 kilometer per jam dari kondisi diam hanya dalam waktu 6,9 detik. Sedangkan kemampuan akselerasinya untuk mencapai 100 kilometer per jam dari kondisi diam, Toyota Calya hanya membutuhkan waktu 15,9 detik.

Jika lihat data spesifikasinya, mesinnya memiliki karakter bertenaga di putaran atas. Terbukti, saat di putaran bawah, akselerasinya cukup lambat. Untuk orang-orang yang biasa mengendarai mobil dengan mesin 1.500 cc atau 2.000 cc, mungkin akan terasa diuji kesabarannya ketika mengendarai mobil ini.

Untuk mobil harian yang digunakan di perkotaan, performa mesin sebenarnya bukan menjadi fokus utama. Faktor yang terpenting adalah efisiensi bahan bakar atau konsumsi BBM.

Harga Toyota Calya

Toyota Calya hadir dengan empat varian dan harga yang terjangkau

Toyota Calya saat ini ditawarkan dengan empat varian, yakni 1.2 E MT STD dengan harga Rp 151,6 juta (on the road Jakarta), 1.2 E MT yang harganya Rp 154,4 juta (on the road Jakarta), 1.2 G MT yang dibanderol Rp 160,9 juta (on the road Jakarta), dan 1.2 G AT yang dipasarkan dengan Rp 174,9 juta (on the road Jakarta).

Untuk kondisi bekasnya, Toyota Calya dengan tahun produksi 2016 dan transmisi otomatis, harganya masih ada di kisaran Rp 110 jutaan. Sementara untuk transmisi manual, harganya bisa lebih rendah lagi. Untuk Toyota Calya tahun 2017 dengan transmisi matik, harganya masih ada di kisaran Rp 115 jutaan. Bisa dikatakan mobil ini punya harga jual kembali yang cukup stabil atau tidak terlalu jatuh. Tapi, tergantung juga dari bagaimana pemilik merawat mobilnya.

Baca juga : Harga Sama, Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Calya

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda MOBILIO E 1.5

Rp 171,00 Juta
Rp 3,48 Juta/bln

18.533 km

4,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 150,00 Juta
Rp 3,06 Juta/bln

12.503 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 147,00 Juta
Rp 3,00 Juta/bln

18.150 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

All New Toyota Calya - Video Produk Kejutan yang Luar Biasa

Toyota Calya Baru, Lampu depan LED, Cermin Luar Ruangan yang Dapat Ditarik

Toyota Calya baru - Mobil LCGC 7-seater yang Sesungguhnya Persembahan dari Toyota

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Calya
Lihat