Adu Kenyamanan Toyota Veloz 2022 vs Mitsubishi Xpander Facelift, Siapa yang Unggul?

Dari sekian banyak faktor, kenyamanan layak masuk sebagai bahan pertimbangan saat memilih mobil baru. Baik itu sambutan lembut jok kala pertama duduk, kekedapan setelah melaju di jalan, hingga kualitas bantingan suspensi. Penting dalam menetukan mana yang paling sreg saat dibawa wara-wiri.

Nah, kali ini kami berkesempatan membawa Toyota Veloz 2022 dan Mitsubishi Xpander Facelift ke fasilitas pengujian Bridgestone di Karawang. Mencari tahu siapa paling nyaman antara keduanya. Untuk diketahui, unit yang diuji merupakan varian tertinggi yakni Veloz Q CVT TSS dan Xpander Ultimate CVT.

Sedikit berbeda dari biasa, kami sempat coba merasakan tanpa mengetahui mobil mana yang ditumpangi. Duduk sebagai penumpang dengan mata ditutup dan tidak diperkenankan menyentuh apapun lalu dibawa berkeliling. Jadi, siapa lebih nyaman? Berikut ulasan kami.

Postur Jok Keduanya Suportif

Jok belakang Veloz, suportif namun agak kaku 

Secara dimensi bangku dan postur duduk, kabin keduanya tentu boleh dibilang pas untuk tubuh orang-orang asia. Setidaknya dengan tinggi saya 172 cm, tidak ada yang perlu dikeluhkan baik itu saat duduk di depan maupun baris tengah. Punggung serta area belakang lutut ditopang dengan baik.

Kalau membandingkan sampai hal-hal kecil, harus diakui jok Xpander lebih besar dengan sandaran tinggi. Tidak signifikan memang dan bagian ini tidak membuat Veloz jadi buruk. Sama sekali tidak. Justru hal yang sukses membuat Xpander langsung terasa unggul adalah konstruksi material.

Jok fabric dengan bantalan lembut di Xpander

Adalah busa tebal dan empuk di balik bungkusan kain beige. Layaknya steamed cheesecake yang dapat kita temukan di mini market. Ada sensasi tekstur lembut sehingga dalam sisi kenyamanan ia layak disebut di atas ambang moderat. Sedang bawaan Veloz justru ibarat roti tawar pada umumnya dengan konsistensi lebih padat. Well, tetap empuk walau tidak senikmat rival.

Baca juga: Yahud Saat Uji Tabrak, Toyota Veloz 2022 Buatan Indonesia Raih 5 Bintang Asean NCAP

Dua Karakter Redaman Suspensi Berbeda

Penasaran dengan kualitas bantingan suspensi, masing-masing kami hadapkan dengan simulasi jalan rusak bergelombang di kecepatan 60-70 kpj. Sebagai gambaran, terdapat satu jalur lurus dalam trek dengan undakan zig-zag yang dapat membuat mobil berguncang. 

Untuk diketahui, kedua mobil ini memiliki kemiripan aransemen suspensi. Mengusung MacPherson Strut di depan dan torsion beam di belakang. Meski komposisi kaki-kaki cenderung mirip, tentu pada akhirnya dirancang dengan karakteristik tersendiri. Belum lagi ada perbedaan profil ban. Veloz Q CVT mengenakan sepatu 17 inci berukuran 205/50 R17 sementara Xpander Ultimate 205/55 R17 – dari sini dapat dipastikan bahwa dinding ban Veloz lebih tipis.

LMPV Mitsubishi sukses suguhkan kenyamanan lebih baik di pengujian ini. Memang, perubahan kontur terasa gamblang dalam kabin, hanya saja dapat dilalui dengan elegan. Lembut dan cenderung minim hentakan meski tetap ada satu atau dua kali shockbreaker seperti terdengar mentok. 

Di lain sisi, cara Veloz menerjemahkan permukaan terbilang cukup kasar. Sedikit lebih kaku dan menghentak tajam walau tidak sampai mengganggu. Karakteristik seperti ini juga kemudian membuat jawara Toyota terasa lebih berguncang ketimbang Xpander. Mungkin, akibat pemakaian ban yang lebih tipis atau memang pada dasarnya suspensi dirancang demikian.

Bukan berarti Veloz buruk sebab logikanya jika ini berasal dari setelan suspensi, karakter keras dapat menjaga jarak ayun roda saat mengangkut beban berat. Tapi yang jelas, bantingan LMPV Toyota di jalan bergelombang tidak lebih nyaman ketimbang Xpander.

Baca juga: Test Drive Toyota Veloz Q CVT TSS: Model Termewah Nan Canggih, Tapi Kenapa Tidak Senyaman Avanza?

Kekedapan Kabin

Nilai kenyamanan Xpander berakhir lengkap dengan kekedapan kabin impresif. Banyak suara diminimalisir seiring bergulirnya ban berikut tarian suspensi di atas berbagai simulasi permukaan jalan. Baik itu dari jalan beton, aspal mulus, berkerikil, hingga saat menghadapi jalan bergelombang. 

Langsung membandingkan, semakin sulit pula untuk merasa terpuaskan oleh Veloz. Sebab dalam hal kekedapan pun ia tidak memberikan yang terbaik. Redaman bising di jalan mulus memang tergolong baik. Hanya saja, semua jadi mengganggu ketika dihadapkan dengan jalan berkerikil atau basah. Di samping itu, ketika duduk di baris tengah, suara luar lebih mudah menerobos masuk seperti sedikit kurang penjagaan.

Bukan sebatas mengandalkan telinga, hasil perhitungan dB meter pun menunjukkan hal yang sama. Kami tes keduanya di kecepatan konstan 100 kpj dalam kondisi gerimis. Angka 66,2 dB dari rentang 65-67 dB merupakan hasil perhitungan di dalam kabin Veloz. Sementara itu, catatan Xpander lebih senyap yakni 64,3 dB pada rentang 63-66 dB.

Bukan Berarti Veloz Sepenuhnya Buruk

Mudah untuk menyimpulkan siapa lebih baik antara keduanya dalam hal kenyamanan. Yep, Xpander menang telak dari segi interior, bantingan suspensi, sampai kekedapan kabin. Soal comfort, Veloz kini memang lebih baik ketimbang pendahulu namun ternyata tetap tidak sampai membuatnya lebih baik daripada rival. 

Tapi perlu diingat kembali, ini hanya perbandingan dari satu aspek umum terkait kenyamanan saat ditunggangi. Masih ada hal untuk dipertimbangkan semisal fitur, tenaga mesin, konsumsi BBM, dan lainnya. Tunggu bagian selanjutnya!

Baca juga: Beda Gak Sampai Sejuta, Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Lebih Menarik Ketimbang Toyota Veloz Q CVT?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Veloz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA G TSS 1.5

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

19.997 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

Rp 261,00 Juta
Rp 5,32 Juta/bln

105.533 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Toyota Veloz

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Memperkenalkan All New Toyota Veloz 2022

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

2021 Mitsubishi Xpander Black Edition: Adventure in Black

Sekilas beda Xpander ultimate dan sport

Cara menggunakan transmisi atau gigi manual pada xpander

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Veloz
Lihat