Beda Gak Sampai Sejuta, Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Lebih Menarik Ketimbang Toyota Veloz Q CVT?

Enda · 30 Des, 2021 15:05

Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Mitsubishi Xpander Ultimate CVT vs Toyota Veloz Q CVT
  • New Mitsubishi Xpander Ultimate vs Toyota Veloz Q CVT sama-sama jadi tipe termahal
  • Selisih harga Mitsubishi Xpander Ultimate vs Toyota Veloz Q CVT cuma Rp480 ribuan
  • Keduanya punya kelebihan dan kekurangan di mesin serta fitur

Mitsubishi Xpander dan Toyota Veloz merupakan dua Low MPV keluarga yang berhasil mendapatkan penyegaran pada tahun ini. Bedanya Xpander hanya memperoleh ubahan secara facelift, sedangkan Veloz beralih tampilan secara keseluruhan.

Sebagai tipe teratas dari masing-masing pabrikan, dengan diskon PPnBM Mitsubishi Xpander Ultimate CVT dibandrol Rp272.580.000. Sedangkan Toyota Veloz Q CVT diniagakan Rp272.100.000 OTR Jakarta.

Itu artinya Xpander ditawarkan lebih mahal sekitar Rp480 ribu. Meski begitu, benarkah varian termahal Xpander ini lebih menarik dari tipe teratas Veloz?

Tampilan Toyota Veloz Kalah Menarik dari Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Mitsubishi Xpander facelift punya tampilan yang lebih kekar

Melihat dari segi tampilan, menurut kami Mitsubishi Xpander terbaru memiliki bentuk yang lebih jamak sekaligus proper dibandingkan Toyota Veloz anyar. Hal ini terlihat dari bagian depannya dimana Xpander tetap menerapkan gaya bahasa desain “Dynamic Shield” yang terkesan lebih gagah, modern dan mewah.

Selain atraktif dan berotot, pada bagian fascianya juga tersematkan lampu utama dengan teknologi LED yang mana memiliki bentuk lebih dinamis sekaligus prestisius. Untuk bumpernya sendiri juga terlihat lebih add-on dan gagah berkat adanya update dari pabrikan.

Menengok sisi sampingnya, tipe teratas Xpander terbaru ini sekilas terlihat sama dengan generasi pre-facelift. Namun kenyatannya jika dilihat lebih mendetail, pada bagian ini Mitsubishi sendiri menyematkan dengan side skirt serta velg anyar berukuran 17 inci dual tone model kipas dengan bentuk yang lebih modern.

Agar terkesan sporty sekaligus eye-catching, bagian belakang Low MPV flagship pabrikan tiga berlian ini turut memperoleh pembaruan pada bumper belakangnya dengan bentuk lebih sporty berkat adanya diffuser berwarna gelap. Selain itu juga ada stoplamp bermodelkan T-Shape LED dengan pencahayaan solid yang menampilkan kesan futuristik.

Baca juga: Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Pakai Transmisi CVT, Apa Keistimewannya?

Toyota Veloz Q CVT

Tampilan Toyota Veloz Q CVT tak kalah kalah atraktif

Bicara Toyota Veloz terbaru, pada tampilan luarnya mobil ini sebenarnya juga tak kalah atraktif dan modern. Dimana pada wajahnya memperoleh list krom memanjang di atas lampu utama tepat di bawah bonnetnya yang berotot.

Mengenai sistem pencahayaannya, mobil ini juga mengadopsi teknologi LED dengan desain pipih yang mana didalamnya juga terdapat DRL plus tambahan lampu sein LED. Untuk grillenya sendiri berbentuk trapezoidal dengan model diamond cut.

Selain itu terdapat juga foglamp di sisi kanan dan kiri dengan hiasan list krom menyerupai huruf T yang terkesan mewah. Perlu diketahui, untuk bumper ini seolah dibagi menjadi dua bilah dengan air-dam yang mengaplikasikan garis horizontal dipadukan spoiler berkelir perak sekaligus menampilkan kesan tangguh nan sporty.

Menengok sisi sampingnya, kini Veloz memiliki garis tegas yang menghubungkan lampu depan hingga lampu belakangnya. Jendela di baris ketiga menuju pilar D nya pun dibuat melandai, serta adanya tambahan roof rail di bagian atapnya.

Untuk lingkar rodanya, Veloz diaplikasikan velg R17 inci dual-tone model palang yang terlihat begitu atraktif serta adanya tambahan rem cakram atau solid disc pada roda belakangnya. Oh iya, supaya menambah kesan agresif sekaligus sporty, mobil ini juga mendapatkan side skirt memanjang dengan warna hitam dof.

Melihat bagian buritan, pada stoplampnya sudah menggunakan teknologi LED dan terhubung di kedua sisinya berkat adanya garnish dengan lampu LED bar memanjang. Pada backdoor, mobil ini juga mendapatkan tulisan ‘VELOZ’ sebagai identitasnya. Untuk bumper belakang, di kedua sisinya dibenamkan reflektor yang terlihat kokoh berkat adanya tambahan underguard berkelir perak.

Terlihat Proper, Dimensi Mitsubishi Xpander Lebih Besar dari Toyota Veloz

Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Dimensi Mitsubishi Xpander lebih besar dari Toyota Veloz

Bicara soal dimensi, Xpander Ultimate CVT mempunyai panjang 4.595 mm, lebar 1.175 mm dan tinggi 1.750 mm. Untuk ground clearancenya sendiri berada di angka 220 mm.

Sedangkan Toyota Veloz Q CVT menurut data di atas kertas memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, serta tinggi 1.700 mm. Mengetahui ground clearance atau jarak terendahnya yakni 205 mm.

Selain terlihat proper, dengan dimensi yang lebih besar bisa dibilang Xpander mampu memberikan kenyamanan lebih baik serta menyuguhkan ruang gerak lebih bebas kepada penggunannya.

Perbandingan Dimensi
  Mitsubishi Xpander Toyota Veloz
Panjang 4.595 mm 4.475 mm
Lebar 1.175 mm 1.750 mm
Tinggi 1.750 mm 1.700 mm
Jarak ke tanah 220 mm 205 mm

Fitur Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Tak Kalah Menarik dari Toyota Veloz Q CVT?

Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Tampilan dashboard Mitsubishi Xpander Ultimate

Mitsubishi Xpander kini terasa lebih mewah dan nyaman berkat peningkatan material kualitas pada sisi interiornya. Sebagai informasi, mobil ini memiliki total 17 ruang penyimpanan serta pilihan konfigurasi kursi terbaik di kelasnya.

Untuk update interior, dashboard New Xpander kini hadir dengan bentuk baru yang lebih modern serta dilengkapi material soft touch, New Interior Color & Accent, AC digital, dan head unit 8” Touchscreen Audio with Smartphone Linked Display Audio (SDA). Selain itu kalian juga dapat menemukan New Design Meter Cluster with Opening Animation, New Design Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch serta, New Leather Tilt dan Telescopic Steering.

Guna menunjang kenyamanan serta memudahkan dalam berakomodasi, pada tipe teratasnya telah disematkan spion retractable, New Rear AC Garnish, New Instrument Panel & Door Trim with Soft Pad, New 3-Dimension Seat Design, New Console Tray & Card Holder dan New Rear Armrest with Cup Holder. Dilain sisi, kalian juga bisa menemukan adanya New Electric Parking Brake with Brakehold, New Floor Console with Armrest, New Rear USB Port on Front Console, KOS dan Start Stop Button, serta Cruise Control.

Baca juga: FAQ: Mitsubishi New Xpander Facelift 2021 Jadi Tinggi Karena Pakai Suspensi Pajero Sport?

Toyota Veloz Q CVT

Tampilan dashboard Toyota Veloz Q CVT

Bagaimana dengan Toyota Veloz Q CVT? Seperti yang bisa kalian ketahui mobil ini telah dibenamkan fitur unggulan berupa New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch, lingkar kemudi yang dibalut dengan material kulit, serta 7 Inch Digital TFT MID yang dapat menampilkan segala informasi penting mengenai status kendaraan secara virtual.

Untuk sistem hiburannya sendiri All New Veloz disematkan head unit 9 inci yang mendukung konektivitas smartphone. Kemudian agar pengguna merasa lebih nyaman disaat melakukan perjalanan jauh, All New Veloz juga dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah serta New Electric Parking Brake with Brakehold.

Terdapat pula Push Start Engine Button, New Leisure Soft Pad Door Armrest with Full Grip, dan dikombinasikan dengan Illumination Light yang membuat kabin lebih terasa premium.

Fitur Keselamatan Keduanya Tak Kalah Menarik

Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Fitur keselamatan Mitsubishi Xpander Ultimate cukup lengkap

Varian termahal Mitsubishi Xpander diketahui telah mendapatkan fitur keselamatan berupa dual SRS airbag, struktur RISE body, dan seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar. Tak hanya itu, guna memberikan keselamatan berkendara yang lebih baik, varian ini juga memperoleh ASC, ABS+EBD, BA, ESS, HSA, dan Speed Sensitive Automatic Door Lock.

Mengetahui fitur keselamatan yang ada di Toyota Veloz, mobil ini berhasil mendapatkan VSC, HSA rear parking sensor, dual airbag, rear parking camera dan alarm + immobilzer untuk fitur keamanannya.

Pada sistem pengeremannya, mobil ini menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci untuk semua rodanya. Bukan hanya itu saja, demi menunjang keselamatan berkendara, remnya juga diperkuat dengan fitur ABS, EBD dan BA.

Tarikan Mitsubishi Xpander Lebih Enteng

Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Mitsubishi Xpander punya torsi mesin lebih besar dari Toyota Veloz

Mengenai jantung pacu, Mitsubishi Xpander dibenamkan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve Euro4 yang mana menurut data di atas kertas mampu memeras tenaga hingga 105 PS @6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm @4.000 rpm.

Dibandingkan dengan Toyota Veloz, Xpander kalah soal tenaga namun menang untuk torsinya. Seperti yang bisa dilihat Veloz sendiri disematkan mesin 1.5L 2NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang dapat memeras tenaga hingga 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.

Dengan torsi yang lebih besar, tentunya Mitsubishi Xpander memiliki tarikan yang lebih ringan dibandingkan Toyota Veloz saat akselerasi.

Oh iya, sebagai informasi keduanya kini memiliki jantung pacu yang diletakan secara melintang (transverse) dengan mengandalkan transmisi CVT. Untuk membuatnya bergerak, tenaga yang dihasilkan kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD).

Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Mitsubishi Xpander dan Toyota Veloz sama-sama bertransmisi CVT

Perlu diketahui, transmisi CVT yang digunakan oleh Mitsubishi Xpander maupun Toyota Veloz mampu menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus dalam setiap perpindahan gigi secara otomatis. Namun uniknya transmisi juga memberikan akselerasi yang maksimal dan agresif layaknya transmisi AT 8 percepatan.

Kesimpulan

Perbandingan antara Mitsubishi Xpander Ultimate CVT dengan Toyota Veloz Q CVT berhasil kami sampaikan di atas. Melihat daripada tampilan, dimensi serta tempat penyimpanan barang, Xpander lebih unggul dari rivalnya tersebut sehingga mampu memberikan kenyamanan lebih kepada setiap penggunannya.

Akan tetapi jika bicara akan tenaga, fitur keselamatan, serta unggulan, Toyota Veloz sedikit berada diatasnya. Namun sebagai catatan, Xpander memiliki torsi yang lebih besar dari Veloz sehingga membuat Low MPV berlogokan tiga berlian ini terasa lebih enteng untuk tarikannya.

Memiliki selisih harga yang tak begitu banyak, jika dihadapkan dengan keduanya kalian lebih tertarik pilih yang mana?

Baca juga: Kulik 3 Fitur New Mitsubishi Xpander yang Bikin Makin Betah di Dalam Mobil

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru