Punya Uang 250 Juta, Beli Mitsubishi Xpander atau Toyota Rush Saja?

Meski tidak hadir di kelas yang sama, kedua produk ini mampu menyita perhatian calon konsumen berkat fitur dan tampilan yang lebih menarik dibandingkan model sebelumnya. Selain itu, Mitsubishi Xpander dan Toyota Rush juga memiliki kembaran yang akan menambah pilihan Anda, jika memn tertarik untuk membeli satu di antaranya.

Mitsubishi  Xpander sebenarnya masuk segmen Low MPV, sementara Toyota Rush masuk di kelas Low SUV. Tapi sebenarnya konfigurasi keduanya hampir serupa. Mitsubishi Xpander adalah MPV menuju SUV, dan Rush adalah SUV menuju MPV dengan 7 tempat duduk. Harga keduanya pun serupa.

Desain Eksterior Mitsubishi Xpander vs Toyota Rush

Rush kini memiliki lampu depan dan belakang LED yang membuatnya tampil lebih modern di malam hari dibanding Xpander. Sementara ground clearance Mitsubishi Xpander terbilang tinggi untuk kelas low MPV yakni, 205 mm. Kemudian Rush lebih tinggi lagi yaitu, 220 mm. Angka itu bahkan meningkat 20 mm dari Rush generasi sebelumnya.

Mesin Mitsubishi Xpander vs Toyota Rush

Berbicara soal mesin, Xpander hadir dengan kapasitas 1.500 cc bertenaga 104 PS dan torsi puncak 141 Nm. Kemudian tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 4 percepatan konvensional.

Sedangkan Rush juga menggunakan mesin 1.500 cc dengan 104 ps dengan torsi maksimal 139 Nm. Namun Rush mengandalkan gerak roda belakang, meski tetap menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan konvensional.

Untuk sektor mesin, keduanya seimbang. Namun tentunya nanti kita akan melihat performa dan penghematannya di jalan raya.

Spesifikasi

Mitsubishi Xpander

Toyota Rush

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4475 X 1750 X 1700

4435 x 1695 x 1705

Jarak sumbu roda (mm)

2775

2685

Isi silinder (cc)

1499

1496

Konfigurasi mesin

4A91, MIVEC, DOHC 16 Valve

2NR-VE, DOHC, Dual VVT-i

Konfigurasi Transmisi

Otomatis 4-Percepatan & Manual 5-Percepatan

Manual 5-percepatan / Otomatis 4-percepatan

Tenaga

103 HP @ 6.000 rpm

102 HP @ 6.000 rpm

Torsi

141 Nm @ 4.000 rpm     

 

34.7 Nm/ 4,700 Rpm

Interior Mitsubishi Xpander Vs Toyota Rush

Toyota Rush memiliki posisi duduk yang tinggi, tapi sangat disayangkan setirnya tidak bisa teleskopik dan tidak ergonomis, apalagi joknya juga keras. Namun yang menarik adalah interiornya kini berwarna hitam sehingga terlihat lebih gagah.

Sedangkan Xpander memiliki posisi duduk yang lebih rendah dan ergonomis, lingkar kemudi juga dilengkapi dengan pengaturan telescopic dan jok yang lebih empuk. Sayangnya, warna jok tipe Ultimate Xpander berwarna beige sehingga lebih mudah kotor. Untuk interior di depan, Xpander lebih nyaman dan ergonomis untuk diduduki di depan.

Xpander tidak memiliki banyak fitur khusus di dalamnya. Ya, setidaknya dia memiliki audio dengan konektivitas ke gadget, kontrol stabilitas, power window dengan lipat elektrik, kamera mundur, dan kontrol arah AC. Bahkan model Ultimate terbaru dilengkapi dengan cruise control.

Dalam hal ini, Toyota Rush terasa lebih lengkap dan mewah. Audio dengan konektivitas gadget, serta kontrol stabilitas dan power window dengan lipat elektrik seperti Xpander. Tapi terasa lebih modern. Sudah ada auto light, auto wiper, dan reverse camera dibantu sensor parkir. Kemudian AC-nya juga sudah digital, meski sayangnya belum dilengkapi pengontrol arah hembusan seperti pada Xpander.

Secara umum, kami menghargai fitur-fitur yang dimiliki Rush lebih dan lebih modern daripada Xpander. Namun, kalah dalam hal pengaturan AC dan cruise control.

Performa Mitsubishi Xpander vs Toyota Rush

Sebagai SUV, Rush memiliki ground clearance yang lebih tinggi tetapi memiliki peluang lebih besar untuk tersandung. Sebab, pada model terbaru, suspensi dirasa lebih keras untuk mereduksi ini. Masalahnya, kursinya tidak enak. Namun, peredamannya cukup baik, hanya saja pada kecepatan 100 km per jam dengan mencapai 3.000 rpm, suara mesin menembus kabin.

Sedangkan Xpander terasa sangat nyaman. Terasa seperti Medium MPV. Memang tidak sekuat Rush saat terisi penuh, tapi masih cukup memadai. Senyap juga bagus dan suara mesin tidak menembus kabin. Buat perjalanan jauh lebih nyaman.

Meski Xpander lembut, tapi memiliki kendali yang cukup baik untuk sebuah MPV. Dia stabil dan memiliki kendali alami. Pengadopsian suspensi belakang yang disebut-sebut sebagai adopsi Lancer Evolution memberikan hasil yang positif.

Sedangkan Toyota Rush terasa cukup lincah dalam menyikapi pergerakan roda kemudi karena suspensi yang keras. Ada gejala pusing tapi terasa tertahan oleh kerasnya suspensi. Untuk akselerasi 0-100 km / jam, Xpander berhasil mencatatkan waktu 13,8 detik. Sedangkan untuk konsumsi BBM dalam kota mencapai 12 km / liter, sedangkan luar kota bisa mencapai 19,8 km / liter.

Sedangkan akselerasi 0-100 Toyota Rush dibukukan pada 14,3 detik. Untuk konsumsi bahan bakar, dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km / jam mencapai 11,5 km / liter. Sedangkan untuk konsumsi luar kota dengan kecepatan rata-rata 100 km / jam hasilnya 15,2 km / liter.

Harga Mitsubishi Xpander Vs Toyota Rush

Mitsubishi Xpander

Harga

Toyota Rush

Harga

Xpander GLX MT

Rp217.8 Juta

 

 

Xpander GLS MT

Rp234.3 Juta

Xpander GLS AT

Rp245.3 Juta

Xpander Exceed MT

Rp242.8 Juta

Xpander Exceed AT

Rp253.2 Juta

Rush G MT

Rp255.2 Juta

Xpander Sport MT

Rp261.2 Juta

Rush G AT

Rp265.2 Juta

Xpander Sport AT

Rp271.2 Juta

Rush S M/T TRD

Rp266.6 Juta

Xpander ULTIMATE AT

Rp275.1 Juta

Rush S A/T TRD

Rp276.6 Juta

Bicara soal harga, keduanya cukup bersaing. Mitsubishi menjual tipe Xpander paling rendah seharga Rp217,8 juta, sedangkan Ultimate AT dibanderol Rp275,1 juta. Sedangkan Toyota Rush dijual dengan harga antara Rp255,2 sampai termahal Rp276,6 juta.

Jika Anda tertarik untuk memilih masing-masing tipe tertinggi, maka selisih harga yang Anda dapatkan mencapai Rp 1,5 juta, yang lebih mahal untuk Toyota yaitu Toyota Rush tipe S TRD.

Kesimpulan Mitsubishi Xpander vs Toyota Rush

Kesimpulannya, saat mau beli Mitsubishi Xpander dari sisi pengendalian lebih stabil dan mudah bermanuver dibanding Toyota Rush. Meski di sisi lain, pengendalian Rush masih terbilang cukup baik karena dibantu oleh profil suspensi yang keras.

Sementara dari sisi harga, Mitsubishi Xpander mempunyai rentang harga yang lebih luas. Anda bisa memilih mau Xpander tipe terendah atau tertinggi. Berbeda dengan Toyota Rush yang varian Cuma sedikit dan harga dimulai lebih tinggi daripada Mitsubishi Xpander.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xpander

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

2021 Mitsubishi Xpander Black Edition: Adventure in Black

Sekilas beda Xpander ultimate dan sport

Cara menggunakan transmisi atau gigi manual pada xpander

Lima Alasan Toyota Rush Masih Laku-laku Aja | Review Lengkap

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mitsubishi Xpander
Lihat