Perbandingan Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander, Beda Segmen Peminat Sama

Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander merupakan dua model mobil yang masuk dalam daftar pencarian tertinggi di berbagai platform jual beli kendaraan. Sekilas tentang kedua mobil ini, Toyota Rush sebelumnya sudah masuk dalam kategori Low SUV, sementara Mitsubishi Xpander baru datang selanjutnya di segmen Low MPV. Kedua mobil tersebut ini pun sering dibandingkan, baik oleh penjual maupun oleh calon pembeli.

Tidak hanya itu, pada saat Mitsubishi Xpander diperkenalkan tidak jauh jaraknya Toyota Rush juga diperkenalkan oleh Toyota Indonesia. Kedua pabrikan mengklaim bahwa setiap model memiliki konsep silang yang sama, contohnya Mitsubishi Xpander yang diklaim menawarkan ketangguhan ala SUV digabungkan dengan kenyamanan suatu mobil MPV. Sementara Toyota Rush, lahir sebagai suatu SUV yang bisa menampung banyak penumpang layaknya jenis MPV.

Meski kedua mobil ini tidak masuk ke dalam di kelas yang sama, baik Rush dan Xpander  ini mampu menyita perhatian calon konsumen berkat fitur dan tampilan yang lebih menarik dibandingkan model sebelumnya.

Selain itu, Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander juga memiliki kembaran yang akan menambah pilihan Anda jika tertarik untuk membelinya. Juga, meskipun Mitsubishi Xpander LMPV dan Toyota Rush LSUV, tawarkan konfigurasi serupa. Xpander adalah MPV untuk SUV, dan Rush adalah SUV dengan MPV yang menawarkan kapasitas 7 kursi. Harga keduanya pun sedikit serupa.

Desain & Eksterior Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander

Semakin tinggi ukuran ground clearance, semakin dapat diandalkan untuk menerobos genangan air. Di sini, Xpander menawarkan dua pilihan ground clearance seperti varian Ultimate, Sport dan Exceed yang memiliki jarak terendah dari permukaan tanah berukuran 205 mm, sedangkan varian GLX dan GLS memiliki ukuran 200 mm.

Sedangkan kompetitornya memiliki ground clearance 220 mm karena berstatus SUV. Perbedaan ukuran akan mempengaruhi kemampuan mobil melibas genangan air, termasuk mempengaruhi pengendalian dan kenyamanan penumpang dan pengemudi.

Mesin Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander

Berbicara soal mesin, Xpander hadir dengan kapasitas 1.500 cc dengan tenaga 104 PS dan torsi puncak 141 Nm. Kemudian tenaga Mitsubishi Xpander tersebut disalurkan ke bagian roda depan, melalui transmisi otomatis 4 percepatan konvensional.

Sementara itu, Toyota Rush sendiri juga menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc,  dengan tenaga 104 ps dengan torsi maksimal 139 Nm. Toyota Rush juga mengandalkan system gerak roda belakang. Dengan tetap menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan konvensional. 

Mesin Toyota Rush
Tipe Mesin 2NR-VE, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Silinder 2NR-VE, DOHC, Dual VVT-i
Tenaga Maksimal 102 HP @ 6.000 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam 13,5 detik (estimasi)
Konsumsi bahan bakar  11,5 km/liter (dalam kota), 16 km/liter (jalan tol)
Transmisi  Manual 5-percepatan / Otomatis 4-percepatan
Sistem Penggerak Rear-Wheel Drive

Jika melihat mesin dan transmisinya, kedua mobil ini bersaing sangat ketat. Di bagian kap Toyota Rush terdapat mesin terbaru dari Toyota yaitu dengan kode 2NR. Sedangkan Mitsubishi Xpander menggunakan mesin berkode 4A91. Keduanya sama-sama memasang konfigurasi 4 silinder, dengan teknologi pengapian terpisah seperti MIVEC dari Mitsubishi dan Dual VVT-i dari teknologi Toyota.Untuk sektor dapur pacu, keduanya hampir serupa dan seimbang. Namun tentunya nanti pengendara  akan melihat performa dan penghematannya di jalan raya.

Lebih detailnya, kedua mobil ini sama-sama memiliki tenaga 104 PS dengan torsi 141 Nm pada 4.000 RPM di Xpander dan Rush dengan 136 Nm pada 4.200 Nm. Lanjutkan ke transmisi, keduanya menawarkan pilihan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan dengan Rush yang mengandalkan penggerak roda belakang dan Xpander yang menggunakan penggerak roda depan.

Mesin Mitsubishi Xpander
Tipe Mesin  4A91, MIVEC, DOHC 16 Valve
Kapasitas Silinder  1.499 cc
Tenaga Maksimum 103 HP @ 6.000 rpm 
Torsi Maksimum  141 Nm @ 4.000 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam 13,4 detik
Konsumsi Bahan Bakar 12 km/l (dalam kota), 20,2 km/l (luar kota)
Transmisi Otomatis 4-Percepatan & Manual 5-Percepatan
Sistem Penggerek  Front-wheel-drive

Interior Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander

Toyota Rush menawarkan konsumen dengan posisi duduk yang tinggi. Tapi saying setirnya tidak bisa teleskopik dan tidak ergonomis. Joknya juga dirasakan keras. Ada hal yang menarik adalah pada sisi interiornya yang kini berwarna hitam, sehingga terlihat kabin mobil ini lebih gagah.

Sementara Mitsubishi Xpander memiliki posisi duduk lebih rendah dan ergonomis. Pada bagian setir atau lingkar kemudi juga sudah dilengkapi dengan pengaturan telescopic dan jok yang lebih empuk. Sayangnya, untuk warna jok untuk tipe Ultimate, Mitsubishi  Xpander berwarna beige sehingga terihat lebih mudah kotor. Untuk interior di depan, Mitsubishi Xpander lebih nyaman karena ergonomis untuk diduduki di bagian depan kabin.

Fitur Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander tidak memiliki banyak fitur khusus di dalamnya. Paling tidak Xpander sudah memiliki audio dengan konektivitas ke gadget kesayangan Anda, ada kontrol stabilitas, lalu ada power window dengan teknologi mampu melipat secara elektrik. Ada juga kamera mundur, dan kontrol arah AC. Bahkan model Mitsubishi Xpander Ultimate terbaru dilengkapi dengan cruise control.

Dalam hal ini, Toyota Rush terasa lebih lengkap dan mewah. Audio Rush sudah tersedia konektivitas gadget, serta kontrol stabilitas dan power window dengan pelipatan elektrik seperti milik Mitsubishi Xpander.

Tapi rasanya lebih modern. Sudah ada auto light, auto wiper, dan reverse camera dibantu sensor parkir. Kemudian AC-nya juga sudah digital, meski sayangnya belum dilengkapi dengan pengontrol arah hembusan aliran AC seperti pada Mitsubishi Xpander.

Secara umum, banyak pengendara menghargai fitur-fitur yang dimiliki Toyota Rush lebih modern daripada Mitsubishi Xpander. Namun, Toyota Rush kalah dalam hal fitur pengaturan AC dan cruise control.

Fitur Kenyamanan Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander

Sebagai SUV dengan kapasitas seperti MPV, Toyota Rush memiliki ground clearance yang lebih tinggi. Tapi dirasakan memiliki kemungkinan untuk bisa mengalami gangguan di jalan. Sebab, pada model terbaru, suspensi dirasa lebih keras untuk mereduksi kendala ini.

Masalahnya itu bisa membuat posisi kursinya jadi tidak enak. Namun dari sisi peredaman suaranya cukup baik. Hanya saja pada kecepatan 100 km per jam dengan rpm mencapai 3.000 rpm, suara mesin bisa merembes ke dalam kabin Toyota Rush.

Sedangkan Mitsubishi Xpander terasa sangat nyaman. Terasa seperti Medium MPV. Dari performa memang tidak sekuat Toyota Rush saat kabin terisi penuh, tapi masih cukup memadai. Senyap juga bagus dan suara mesin juga tidak menembus kabin. Buat perjalanan jauh lebih nyaman.

Performa Berkendara Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander

Meski Xpander lembut, namun memiliki kendali yang cukup baik untuk sebuah MPV. Dia stabil dan memiliki kendali alami. Pengadopsian suspensi belakang yang disebut-sebut sebagai bentuk adopsi dari mobil Mitsubishi Lancer Evolution memberikan hasil yang positif.

Sementara itu, Toyota Rush terasa cukup lincah dalam merespon pergerakan dari setir atau roda kemudinya karena suspensi yang keras. Ada gejala pusing tapi terasa tertahan oleh kerasnya suspensi.

Kesimpulannya, Mitsubishi Xpander lebih stabil dan mudah bermanuver dibanding ToyotaRush. Meski di sisi lain, pengendalian Toyota Rush masih dirasakan tergolong bagus, karena dibantu suspensi profilnya yang keras.

Performa Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander

Untuk akselerasi Toyota Rush dari kondisi diam atau 0 km per jam hingga ke 100 km per jam,  tercatat pada 14,3 detik. Untuk efisiensi konsumsi bahan bakar, dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km per jam mencapai tingkat efisiensi  11,5 km per liter. Sedangkan untuk konsumsi luar kota dengan kecepatan rata-rata 100 km per jam, hasil efisiensinya 15,2 km per  liter.

Sementara akselerasi dari diam hingga ke kecepatan 100 km per jam, Mitsubishi Xpander berhasil mencatatkan waktu 13,8 detik. Sedangkan untuk konsumsi BBM dalam kota mencapai 12 km per liter. Lalu untuk rute luar kota bisa mencapai 19,8 km per liter.

Bengkel Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander

Untuk Toyota Rush memiliki garansi 4 tahun atau 100.000 km, dan jaringan dilernya sudah mencapai 329 yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan Mitsubishi Xpander ada garansi selama 3 tahun atau 50.000 KM, atau mana yang dicapai lebih dulu, sedangkan jaringan dealer mencapai 127 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam hal ini, Toyota lebih unggul dari Mitsubishi. Apalagi bagi Anda yang tinggal di luar kota besar.

Harga Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander

Bicara soal harga, keduanya cukup bersaing. Lihat tabel di bawah ini.

Tipe  Harga 
Toyota All-New Rush 1.5 G M/T Rp 255.150.000
Toyota All-New Rush 1.5 G A/T Rp 265.150.000
Toyota All-New Rush 1.5 S M/T TRD Rp 266.550.000
Toyota All-New Rush 1.5 S A/T TRD Rp 276.550.000
Tipe Harga
Mitsubishi Xpander GLX M/T   Rp 215.800.000
Mitsubishi Xpander GLS M/T Rp 232.300.000
Mitsubishi Xpander GLS A/T Rp 243.300.000
Mitsubishi Xpander EXCEED M/T  Rp 240.800.000
Mitsubishi Xpander EXCEED A/T Rp 251.200.000
Mitsubishi Xpander SPORT M/T Rp 258.400.000
Mitsubishi Xpander SPORT A/T Rp 268.400.000
Mitsubishi Xpander ULTIMATE A/T Rp 272.100.000
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Lima Alasan Toyota Rush Masih Laku-laku Aja | Review Lengkap

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

2021 Mitsubishi Xpander Black Edition: Adventure in Black

Sekilas beda Xpander ultimate dan sport

Cara menggunakan transmisi atau gigi manual pada xpander

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rush vs XL7
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rush vs Raize
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Rush vs Almaz
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rush vs Terios
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    Rush vs Rocky
Toyota Rush
Lihat