Jeli Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta

  • Toyota Sienta saat ini masih dijual di Indonesia.
  • Pilihan MPV berpintu geser dengan desain sporty.
  • Fitur Toyota Sienta juga tak kalah dengan MPV kekinian.

Mobil jenis multi purpos vehicle (MPV) dengan pintu geser atau sliding door banyak juga diminati oleh konsumen di Indonesia. Sebab, tampilannya terlihat elegan dan berkelas serta memiliki kemudahan untuk akses masuk dna keluar kabin mobil.

Mobil MPV pintu geser di Indonesia juga cukup beragam pilihannya. Satu diantaranya adalah Toyota Sienta. Mobil yang satu ini pertama kali diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada tahun 2016 lalu. Toyota meluncurkannya pada saat pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Sienta jadi pilihan MPV pintu geser yang cukup banyak diminati

Namun, sebenarnya mobil ini sudah mengaspal duluan di Jepang sejak tahun 2013. Saat pertama kali diluncurkan, mobil ini banyak menarik perhatian konsumen di Indonesia. Tak hanya desain eksteriornya yang cukup unik, fitur sliding door juga menjadi salah satu jurus Sienta dalam memikat hati konsumen.

Selain pintu gesernya, hal lain yang membuat konsumen tertarik adalah harganya yang cukup kompetitif. Sebab, mobil ini menjadi mobil Sienta pertama yang dirakit di luar Jepang. Dengan status Completely Knock Down (CKD), tentunya harganya sangat bersaing dengan kompetitor lainnya. Pada tahun 2019, Toyota Sienta mendapat penyegaran pada bagian eksterior dan interiornya.

Pintu geser pada Sienta menjadi salah satu daya tarik untuk konsumen

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), catatan penjualan Toyota Sienta kurang baik. Secara wholesales (dari pabrik ke dealer), pada tiga bulan pertama (Januari - Maret) tahun 2022, distribusi Toyota Sienta hanya berjumlah 17 unit. Penurunannya sangat signifikan dibandingkan dengan tahun lalu dengan periode yang sama yang tercatat mencapai 123 unit.

Meski demikian, PT TAM masih memasarkan Sienta hingga saat ini. Mobil ini hadir dalam tiga varian, yakni Sienta Welcab dengan harga Rp416,6 juta (on the road Jakarta), Sienta Q Type dengan harga Rp343,7 juta (on the road Jakarta), dan Sienta V Type yang dibanderol Rp322,1 juta (on the road Jakarta).

Bagi yang masih penasaran ingin meminang MPV pintu geser tersebut, berikut ini kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta.

Baca juga : Wujud Asli Toyota Sienta 2022 Akhirnya Terkuak, Jadi Lebih Imut dan Lucu

Toyota Sienta punya desain yang cukup agresif dan modern

Kelebihan Toyota Sienta

1. Desainnya Unik

Toyota Sienta didesain cukup berbeda dengan mobil Toyota pada umumnya. Sebab, mobil MPV pada umumnya memiliki desain yang mengotak, tapi Sienta malah memiliki desain yang sedikit membulat.

Tapi, dengan desain tersebut justru membuat Toyota Sienta jadi menarik. Selain itu, desainnya juga membuat mobil ini lebih menonjol dibanding mobil lain sekelasnya.

2. Transmisi CVT

Saat ini, Toyota Sienta hadir dalam tiga varian. Semua varian tersebut mendapatkan sistem transmisi CVT. Transmisi tersebut terkenal dengan karakternya yang halus pada setiap perpindahan giginya. Selain itu, juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Kabin Toyota Sienta dinilai cukup lapang

3. Kabin yang Lapang

Dari luar, dimensi Toyota Sienta terlihat kompak. Tapi, saat masuk ke kabinnya, bagian dalamnya terasa cukup lapang. Akomodasi tersebut yang membuat Sienta jadi salah satu pilihan konsumen. Khususnya, konsumen yang sudah berkeluarga. Mobil ini bisa menjadi mobil impian untuk keluarga baru dengan satu anak maupun yang sudah memiliki tiga anak.

Sienta diklaim dapat memuat tujuh penumpang dan masih memberikan ruang gerak yang cukup nyaman. Sedangkan untuk barang bawaan, mobil ini juga masih menawarkan ruang bagasi yang cukup luas. Jika masih kurang, tempat duduk pada baris ketiga bisa dilipat untuk menambah kapasitas ruang bagasi.

Bangku di baris kedua dan ketiga bisa dilipat untuk memaksimalkan volume bagasi

4. Mesin yang Andal

Untuk dapur pacunya, Toyota mengandalkan mesin berkode 2NR-FE yang sudah terkenal kompetitif dan tangguh. Selain mesinnya andal, dari segi konsumsi bahan bakar juga Sienta dikenal cukup irit.

Mesin 2NR-FE merupakan mesin 4 silinder segaris, 16 katup, dengan kapasitas mesin 1.500 cc. Lalu, Toyota juga menyematkan teknologi DOHC dan Dual VVT-i. Dari mesin tersebut, tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mencapai 105 HP dengan torsi maksimum sebesar 140 Nm.

5. Fitur yang Cukup Lengkap

Terkait fitur, Sienta sudah memiliki head unit yang dapat memutar radio, CD, MP3, dan memiliki konektivitas USB dan Bluetooth.

Fitur yang disematkan pada Toyota Sienta terbilang cukup lengkap

Selain itu, terdapat fitur keselamatan yang cukup lengkap, yakni airbag di bagian depan, kamera parkir atau kamera mundur, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Baca juga : 5 Fakta Menarik Toyota Sienta Bekas, Harganya Kini Nggak Lagi Jatuh!

Kekurangan Toyota Sienta

1. Material Pada Interior

Meski terlihat elegan dengan pintu geser otomatis, tapi jika memperhatikan bagian interiornya dengan detail, New Sienta dianggap kurang memuaskan oleh sebagian konsumen. Sebab, beberapa material plastik yang digunakan terkesan murah. Sayangnya, material plastik tersebut cukup mendominasi interior mobil ini.

Tampilan menarik di luar, kabinnya dinilai kurang berkelas

2. Radius Putar Setir

Jika diperhatikan, dimensi Sienta tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang. Banyak yang menyangka kemampuan manuvernya cukup baik, tapi ternyata radius putar setirnya tidak maksimal. Sehingga, untuk berbelok di jalanan yang sempit atau putar balik, cukup merepotkan pengemudinya.

3. Ruang Kaki Baris Ketiga Sempit

Toyota Sienta menawarkan konfigurasi tujuh penumpang. Dua orang di depan, tiga orang di tengah, dan dua orang lagi di belakang. Sayangnya, ruang kaki pada baris ketiga tidak memadai alias sempit, khususnya bagi orang dewasa.

Mesin Sienta dinilai kurang bertenaga di rpm bawah

4. Tarikan Awal Mesin Berat

Sienta saat ini sudah dibekali dengan sistem transmisi CVT. Transmisi ini memiliki beberapa kelebihan. Tapi, ada juga kekurangannya, yakni tarikan bawahnya yang berat atau kurang responsif.

5. Inden yang Lama

Saat ini, Sienta masuk dalam kategori Spot Order. Jadi, mobil baru akan diproduksi ketika ada pesananyang masuk. Artinya, konsumen harus inden dan waktu pemesanannya pun minimal 3 bulan.

Baca juga : Alasan Kenapa Honda Freed Bekas Lebih Disukai Daripada Toyota Sienta

 

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Sienta ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Sienta

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA G TSS 1.5

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

19.997 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

Rp 261,00 Juta
Rp 5,32 Juta/bln

105.533 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Ini MPV Toyota Sienta yang Harusnya Bisa JAUH LEBIH LAKU

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Sienta
Lihat