Toyota Kijang Innova Zenix 2023 atau Toyota Kijang generasi ketujuh mengalami perubahan cukup besar. Termasuk penggunaan platform Toyota New Global (TNGA): GA-C dengan struktur monocoque yang menggantikan ladder on frame.
Penggunaan Platform TNGA: GA-C juga diklaim membuat Toyota Innova Zenix memiliki beberapa keunggulan. Mulai dari rigiditas pada bagian bodi, mengurangi berat mobil secara keseluruhan, serta mengurangi suara yang masuk ke dalam kabin mobil. Bahkan dengan platform baru ini dapat meningkatkan kestabilan dan kenyamanan saat berkendara.
Baca juga: Dirakit di Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix 2023 dengan Teknologi Hybrid Resmi Meluncur
"Penggunaan platform TNGA juga menandakan era baru bagi manufaktur Toyota di Indonesia. Karena Innova Zenix diproduksi di Indonesia, berarti pabrikan Toyota Indonesia telah menjalankan sistem produksi berbasis TNGA yang lebih fleksibel dan efisien," tulis Toyota dalam keterangan resminya.
Dari sisi produk, penggunaan platform TNGA baru menciptakan beragam model kendaraan dengan kualitas terjamin di semua sektor, disertai standar mutu yang sama seperti mobil Toyota lainnya yang dipasarkan secara global.
Dengan platform baru ini pula membuat enginer Toyota bisa menyematkan berbagai teknologi advance terbaru, termasuk mesin 2.0L TNGA dan juga teknologi hybrid dengan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT.
Nah, tentunya dengan adanya platform terbaru dan dua pilihan mesin, maka berbeda juga performanya. Mau tahu detailnya lihat spesifikasinya di bawah ini.
Baca juga: Tambah Varian Hybrid, Harga Toyota Kijang Innova Zenix Tembus Rp611 Juta!
Untuk jantung pacu Toyota Kijang Innova Zenix mesin Hybrid, tipe ini dibenamkan mesin dengan kode M20A-FXS, 4 cylinder, in-line, 16 Valve DOHC, Chain Drive Dual VVT-I, berkapasitas 1.987 cc, Direct Injection, Port Injection D-45 System, dengan kompresi 14,0:1, serta baterai hybrid Ni-MH yang dibenamkan di bawah kedua jok depan.
Adanya mesin tersebut, membuat tenaga yang dimuntahkan mencapai 152 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 19.1 kgm pada 4.400-5.200 rpm. Sedangkan dengan adanya motor listrik, maka ada tambahan daya 113 Ps dan torsi 21 kgm. Alhasil, total inpunya mencapai 186 PS.
Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Resmi Meluncur, Tersedia 5 Tipe
Adapun untuk Toyota Innova Zenix tipe bensin, dijejali mesin 4 cylinder, in-line, 16 Valve DOHC, Chain Drive Dual VVT-I, berkapasitas 1.987 cc, Direct Injection, Port Injection D-45 System, namun kodenya M20A-FKS. Alhasil kompresinya juga berbeda lebih kecil angkanya, yaitu 13,0:1.
Karena mesin bensin, maka daya yang dihasilkan mencapai 174 Ps pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm.
Spesifikasi Mesin Toyota Kijang Innova Zenix | ||
---|---|---|
Model | Mesin Hybrid | Mesin Bensin |
Kode mesin | M20A-FXS | M20A-FKS |
Tipe | 4 cylinder, in-line, 16 Valve DOHC, Chain Drive Dual VVT-I | |
Kapasitas mesin | 1.987 cc | |
Fuel System | Direct Injection, Port Injection D-45 System | |
Bore x Stroke | 80,5 x 97,6 | |
Komresi Rasio | 13,0 : 1 | 14,0: 1 |
Tenaga | 174 Ps/ 6.600 RPM | 152 Ps (Motor listrik 113 Ps)/ 4.400-5.200 rpm |
Torsi | 20,9 kg.m/4.500-4.900 rpm | 19,1 kgm Motor listrik 21 gm)/4.400-5.200 rpm |
Sistem penggerak | Penggerak Roda Depan | |
Transmisi | CVT | e-CVT |
Suspensi | MacPherson Strut (Depan)/ Torsion Beam (Belakang) | |
Stablizer | Depan/Belakang |
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0
89.898 km
6 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat