Komparasi Honda Brio RS dengan Suzuki Ignis GX, Bukan Sekedar Beda Harga

Dulu, ketika Honda Brio RS pertama diluncurkan, harga Suzuki Ignis GX lebih terjangkau. Selisih varian termahal mencapai Rp12 juta pada September 2018. Kira-kira satu setengah tahun berlalu, saat Suzuki resmi memasarkan versi facelift, posisinya terbalik.

Kini Honda menjual Brio RS manual seharga Rp184,3 juta dan CVT seharga Rp199,6 juta. Sedangkan, Ignis GX dibanderol Rp 190 juta untuk transmisi manual atau Rp200 juta untuk Automated Gear Shift (AGS). Tidak berjauhan, tapi masih lebih tinggi.

Kehadiran Suzuki Ignis terbaru menjadi perbincangan publik otomotif. Maklum, dengan berbagai penyegaran yang dilakukan Suzuki pada produk tersebut. Tampilan eksterior terutama mendapat penyematan baru di beberapa bagian. Apakah itu akan berayun sendiri? Tentu saja tidak. Varian Suzuki Ignis GX terus bersaing dengan Honda Brio RS.

Hanya saja, posisi Ignis kini tak se-menguntungkan seperti saat pertama kali Honda Brio diluncurkan. Perubahan kosmetik yang dilakukan berdampak pada kenaikan harga. Kini varian GX dibandrol lebih mahal dari Honda Brio RS. Namun harga tentu bukan satu-satunya faktor. Mari coba lihat poin lainnya:

Penampilan Eksterior Honda Brio dan Suzuki Ignis

Ignis mendapat revisi, bukan generasi, jadi tidak ada perubahan yang mendasar. Ini tetap menjadi city car bergaya SUV, yang mereka sebut sebagai 'Urban SUV'. Tak lain adalah hatchback bersolek ala SUV, cocok untuk Anda yang memiliki aura tangguh.

Penampilannya diperkuat oleh kelongsong hitam dan rel atap. Jarak bebas ke tanah mendukung gaya ini. Jarak bodi terendah ke tanah adalah 180 mm, dibandingkan dengan 165 mm untuk Honda Brio, menunjukkan bahwa ia lebih mampu di medan yang tidak bersahabat.

Ground clearance yang rendah bukan berarti Honda Brio adalah hatchback yang loyo. Arah desain berbeda. Karakter sporty semakin diperkuat Honda. Dari luar tergambar lewat berbagai pemanis tambahan seperti side skirts, diffusers, dan spoiler. Tak hanya itu, Honda Brio RS punya setting suspensi berbeda dengan tipe murah Satya untuk menghadirkan karakter sporti tadi.

Desain memang penting menurut selera masing-masing, tetapi jika Anda membandingkan fitur eksterior, Honda Brio terlihat lebih kecil. Trim tertinggi memakai lampu depan multi-reflektor dengan pemandu lampu LED saja.

Iya, di spion elektrik sudah ada fog lamp dan LED sein tapi sepertinya tidak sesuai dengan kelengkapan Ignis. Pasalnya, selain mengusung barang serupa, Suzuki telah membekali lampu proyektor LED lengkap beserta DRL dan lampu kabutnya. Belum lagi fungsi leveling manual, mengisi daftar lengkapnya.

Dimensi Honda Brio dan Suzuki Ignis

Honda Brio berada pada ukuran 3.815 x 1.680 x 1.485 mm dan jarak spindel adalah 2.405 mm. Sementara Ignis berukuran 3.700 x 1.690 x 1.595 mm (LxWxH) dengan jarak sumbu roda 2.435 mm. Dimensi bodinya membuat Ignis menjanjikan nuansa lapang dan area tempat duduk yang lapang melalui tinggi dan jarak sumbu roda yang panjang.

Jika Anda menyukai game dua warna, Suzuki memiliki tiga pilihan warna dua warna. Anda tinggal memilih antara Stargaze Blue dengan atap hitam atau silver, atau warna cerah Lucant Orange dan gebyuran hitam di atap. Di sisi lain, Honda Brio menggabungkan dua tone hitam dalam warna Phoenix Orange Pearl saja.

Pelebaran dimensi bodi Honda Brio membuat ruang kabin semakin luas. Ruang kaki baris kedua, yang sangat sempit, cukup lega. Begitu juga dengan headroom yang mengalami sedikit penambahan meski masih pas-pasan. Bagasi belakang tidak terlalu lebar tapi jauh lebih bagus dari generasi sebelumnya yang hanya terasa seperti pintu bagasi.

Untuk posisi mengemudi, meski kurang fleksibel dengan tidak adanya telescopic steering dan pengaturan naik turun pada jok penumpang, namun posisi mengemudinya cukup baik dengan posisi yang tergolong rendah. Lebih baik dari Toyota Agya atau Daihatsu Ayla. Kepraktisan Honda Brio juga kurang bisa dibilang bagus. Meski ruang penyimpanan cukup luas, namun ruang penyimpanan di doortrim terasa terlalu kecil.

Kelengkapan Kabin Honda Brio dan Suzuki Ignis

Tentang fasilitas hiburan. Honda Brio menawarkan keuntungan menjadi pemutar CD atau DVD dalam sistem infotainment. Sisanya serupa, seperti konektivitas eksternal melalui AUX, USB, dan juga ada Bluetooth,

Material dashboard juga masih menggunakan bahan plastik keras yang jauh dari kesan mewah, namun cukup pantas untuk sebuah hatchback di kelas ini. Untuk AC, model AC otomatis digital tersedia dalam semua varian.

Untuk tipe Honda Brio RS dilengkapi dengan 2 tweeter pada dashboard, 2 speaker pada pintu depan, dan 2 speaker pada pintu belakang. Sangat bagus dikelasnya. Pengaturan audio melalui setir juga dimiliki oleh masing-masing kontestan.

Selain itu, Brio RS memiliki headrest tengah atau di baris kedua yang tidak dimiliki oleh hatchback Suzuki sekelas Ignis. Begitu pula Ignis GX, menghadirkan beragam keunggulan dibandingkan kompetitor. Meski perangkat AC digital sudah menjadi standar, namun Suzuki sudah memasang fungsi otomatis dan heater.

Komponen ini membuat penentuan suhu kabin secara akurat sesuai keinginan penumpang. Tak hanya itu, keyless entry hingga pencet tombol start / stop ada di kabin saat Brio masih membutuhkan kuncinya. Melihat daftar ini, tampaknya Ignis kembali terlihat unggul di sektor daftar kelengkapan.

Performa Mesin Honda Brio dan Suzuki Ignis

Performa mesin kerap dimenangkan oleh Honda di berbagai kategori mobil mainstream. Benarkah kondisinya melawan Ignis? Dari segi data keluaran, mesin empat silinder Honda berkapasitas 1.200 cc 16 katup SOHC mampu menghasilkan tenaga 90 PS.

Unit K12M Suzuki - empat silinder 1.200 cc DOHC - hanya menyiapkan 83 PS untuk dinikmati. Meski begitu, torsi Brio menorehkan guncangan 110 Nm, terpaut 3 Nm dari Ignis. Secara teori tanpa memperhitungkan variabel lain, mesin Suzuki kuat untuk berakselerasi, dan Honda cepat saat melaju.

Mengekstrak kecepatan mesin juga diterjemahkan ke roda depan. Opsi manual untuk membawa gearbox 5 percepatan. Khusus untuk tipe matik memiliki karakter yang berbeda. Honda CVT menawarkan perasaan akselerasi yang mulus, sedangkan AGS memberikan keleluasaan dalam memilih tingkat akselerasi. Tentu ada kekurangannya. Mode otomatis AGS beralih sangat lambat, sementara CVT mengganggu respons akselerasi. Soal pengoperasian tanpa pedal kopling di perkotaan, Honda Brio RS jelas lebih enak dinikmati.

Mesin Honda Brio
Tipe L12 B 1.2L SOHC 4-silinder segaris i-VTEC + DBW
Isi Silinder 1.199 cc
Tenaga Maksimum 88.5 dk @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 110 Nm @ 4.800 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan dan CVT otomatis
Sistem Penggerak Front-wheel-drive

Keamanan Honda Brio dan Suzuki Ignis

Untuk fitur keselamatan, keduanya hampir persis sama. Dual SRS Airbags dengan fungsi pretensioner sabuk pengaman hadir di bagian depan. Empat penumpang dilindungi sabuk pengaman tiga titik, sedangkan penumpang tengah di baris kedua hanya punya dua titik.

Yang membedakan adalah tiga sandaran kepala pada Honda Brio melindungi leher dari serangan keras jika terjadi kecelakaan, dan Ignis hanya tersedia di samping. Perangkat pengereman ABS + EBD aktif untuk membantu manuver pengereman darurat agar mobil tetap terkendali.

Kesimpulan Tentang Honda Brio dan Suzuki Ignis

Persaingan Honda Brio RS dan Ignis GX tidak lagi terlalu dipengaruhi harga karena dibandrol hampir sama. Jika Anda menyukai karakter sporti, Anda dapat memilih Honda Brio, menawarkan diri Anda mesin yang bertenaga. Juga lebih terjangkau, terutama pada varian manual. Jika Anda ingin gaya tangguh, Anda dapat membawa pulang Ignis GX.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Suzuki Ignis Tersedia Dalam Tujuh Warna Untuk Dipilih Pemiliknya

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Ignis vs March
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Brio vs Agya
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Brio vs Baleno
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Brio vs Air EV
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    Brio vs Sirion
Honda Brio
Lihat