Toyota Sienta di Indonesia Resmi Discontinued, Seberapa Laris Penjualannya?

Mengawali tahun 2024, Toyota Indonesia mengumumkan Toyota Sienta discontinued lantaran sudah tak lagi memproduksi mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut di Karawang Plant 2, Karawang, Jawa Barat. 

Hal ini dipertegas Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam.

"Sudah tidak diproduksi di TMMIN sejak Januari 2023," ungkap Bob tanpa memberikan penjelasan lainnya 

Baca juga: Waspadai Kekurangan Toyota Sienta yang Kerap Dialami Pemiliknya

Tampilan belakang Sienta

Kabar Toyota Sienta discontinued dan tak lagi diproduksi ini dipertegas dengan tak munculnya sosok mobil berbentuk boksi berdesain pintu geser di situs resmi Toyota Astra Motor. 

Sebaliknya, di situs tersebut model MPV yang dipasarkan hanya Toyota Calya, Avanza, Veloz, Kijang Innova, Voxy, dan Alphard.

Fitur power sliding door tersedia mulai dari tipe G

Hal tersebut juga dilakukan oleh salah satu dealer terbesar Toyota yaitu Auto2000, yang tidak menampilkanya Toyota Sienta di awal Januari 2024.

Baca juga: Dijual Secara Spot Order, Apa yang Membuat Toyota Sienta 2023 Masih Dilirik?

Nasib Toyota Sienta pada Tahun 2023

Kabin Sienta bisa menampung sepeda lipat tanpa harus dilipat

Sepak terjang Toyota Sienta yang kurang menggairahkan di pasar otomotif nasional sejatinya terlihat dari raihan penjualan di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). 

Berdasarkan data Gaikindo, TMMIN hanya memproduksi Toyota Sienta cuma sampai Februari 2023, dimana untuk tipe G AT total produksi  28 unit, dan untuk tipe V AT 71 unit. 

Kabin Toyota Sienta 2023

Bahkan parahnya, untuk penjualan Toyota Sienta selama tahun 2023 hanya terjual 1 unit. Itu pun cuma model Sienta V Welcab yang hanya terjadi pada Januari 2023.

Sementara untuk Toyota Sienta yang diekspor TMMIN pada 2023 hanya ke Thailand, dengan catatan pengiriman padai Januari 64 unit, Februari 29 unit, dan Maret 22 unit.

Baca juga: Harga Bekas Toyota Sienta Setara Ayla Baru, Ketahui Konsumsi BBM dan Fakta Menariknya

Toyota Sienta Discontinued Akibat Penjualannya Stagnan?

Toyota Sienta 

Seperti diketahui Toyota Sienta secara resmi meluncur di Indonesia pada tahun 2016.

Nah, di tahun pertama Toyota Sienta meluncur, penjualan mobil ini cukup menggiurkan yaitu mencapai 17.931 unit. 

Akan tetapi di tahun kedua atau pada tahun 2017, penjualan Toyota Sienta menurun menjadi 14.968 unit. 

Toyota Sienta 

Penjualan Toyota Sienta kembali merosot di tahun 2018, dimana mobil ini laku 5.113 unit.

Penurunan penjualan pun berlanjut pada tahun 2019, 2020, 2021 hingga 2022, yang masing-masing laku 1.030 unit, 393 unit, 841 unit dan hanya terjual 99 unit.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Sienta

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Ini MPV Toyota Sienta yang Harusnya Bisa JAUH LEBIH LAKU

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengumumkan pembaruan pada Hyundai Santa Fe 2024 dengan ditambahkan fitur Hyundai Bluelink. Teknologi ini sebelumnya sudah ada di Hyundai Creta, Stargazer, Palisade sampai IONIQ 5 dan IONIQ 6. Hyundai Bluelink memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dan memiliki akses penuh ke kendaraan melalui smartphone. Total terdapat hingga 53 fitur Hyundai Bluelink pada Santa Fe 2024 yang memberikan pengalaman berkendara terbaik di setiap kebutuhan mobilitas pengguna.
Mengetahui mana toko sparepart mobil terdekat yang terpercaya adalah penting dalam bagian melakukan perawatan kendaraan kesayangan. Sebab dari toko itulah bisa mendapatkan berbagai suku cadang yang dibutuhkan untuk perawatan mobil Anda. Toko-toko sparepart mobil ini pun biasanya menyediakan ragam kebutuhan akan kendaraan secara lengkap, mulai dari beberapa cairan seperti oli mesin, air radiator, dan minyak rem, sampai komponen besar contohnya cakram rem, piston, bahkan hingga satu set transmisi.
Harga Citroen E-C3 dipastikan bakal sedikit tereduksi karena Citroen Indonesia sedang mempersiapkan model tersebut yang dirakit secara lokal. Di tengah ramainya gempuran mobil listrik asal China, Citroen Indonesia berhasil memperkenalkan mobil listrik pertamanya di Tanah Air yang dinamai Citroen E-C3 pada ajang GIIAS 2023 kemarin. Ketika diperkenalkan, harga Citroen E-C3 ditawarkan Rp395 juta OTR Jakarta. Dikatakan Tan Kim Piauw, selaku Chief Executive Officer Citroen Indonesia, sebagai SUV list
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menambah dua kawasan rendah emisi atau Low Emission Zone (LEZ) yang berlokasi di Kota Tua dan Tebet Eco Park. Hal ini diketahui berdasarkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto saat menggelar diskusi Pemantauan Kualitas Udara 2023 dan Strategi Pengendalian Kualitas Udara melalui Kawasan Rendah Emisi di DKI Jakarta beberapa waktu lalu. "Perluasan LEZ merupakan bagian dari strategi pengendalian pencemaran udara di Jakarta
Honda WR-V boleh dibilang sebagai model paling muda di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) bertubuh kecil. Sebelumnya di segmen ini cukup melonjak popularitasnya ketika duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky diluncurkan pada April 2021. Selang lebih dari setahun berikutnya, barulah PT Honda Prospect Motor (HPM) melihat jika segmen Small SUV ini cukup menggiurkan. Alhasil tepat di November 2022, Honda secara resmi meluncurkan WR-V di Indonesia setelah beberapa kali mobil ini cuma hadir dalam balutan

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Sienta
Lihat