MG VS HEV Vs Toyota Yaris Cross Hybrid, Dijual Lebih Murah Mobil China Menang Banyak!

Sama-sama bermain di segmen SUV kompak berteknologikan hybrid, MG VS HEV Magnify dibandrol Rp389 juta, sedangkan Toyota Yaris Cross hybrid S HV CVT TSS ditawarkan Rp440,6 juta.  

Sebagai informasi, MG VS HEV Magnify adalah varian teratas, beda halnya Toyota Yaris Cross hybrid S HV CVT TSS merupakan tipe paling bawah.

Memiliki selisih harga baru hingga Rp50 jutaan, berikut ini perbandingan spesifikasi antara MG VS HEV vs Toyota Yaris Cross Hybrid.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi MG VS HEV Bikin Nyali Toyota Yaris Cross Hybrid Ciut!

Adu Dimensi MG VS HEV Vs Toyota Yaris Cross Hybrid, SUV China Lebih Besar

Tampilan samping Toyota Yaris Cross hybrid

Menyoal dimensi, MG VS HEV memiliki panjang keseluruhan mencapai 4.370 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.653 mm, serta wheelbase 2.585 mm.

Lantas berapa dimensi yang dimiliki Toyota Yaris Cross hybrid? Di atas kertas SUV berlogokan tiga oval ini mempunyai panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm dan wheelbase 2.620 mm.

Sedikit menarik kesimpulan, secara panjang, lebar dan tinggi SUV China lebih unggul.

Namun untuk wheelbase atau jarak sumbu roda Yaris Cross hybrid lebih panjang.

Panjangnya wheelbase Yaris Cross hybrid lantaran mobil ini dibangun berdasarkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), dimana salah satu keunggulannya menyuguhkan ruang kabin lebih luas.

Dimensi
Keterangan MG VS HEV Toyota Yaris Cross Hybrid
Panjang 4.370 mm 4.310 mm
Lebar 1.809 mm 1.770 mm
Tinggi 1.653 mm 1.615 mm
Wheelbase 2.585 mm 2.620 mm

Fitur MG VS HEV Lebih Komplit

MG VS HEV Magnify

Tampilan luar MG VS HEV

Mengenai fitur unggulan MG VS HEV, pada sisi eksterior mobil ini dilengkapi lampu utama dengan teknologi LED projector serta LED DRL.

Tak hanya itu, lampu utamanya pun dibekali fitur automatic on/off highlight dan follow me home light.

Di bagian samping samping, SUV asal Negeri Tiongkok ini dipadukan belg 17 inci desain kipas two-tone yang dibalut ban berprofil 215/55.

Untuk spionnya mobil ini didukung dengan lampu sein pada cover, fitur electric mirror dan auto folding, serta kamera 360 derajat di bagian bawah.

Seperti SUV modern pada umumnya, di bagian atas terdapat roof rail yang dapat difungsikan ketika pemilik ingin menambahkan crossbar ataupun roof rack.

Di belakang, SUV hybrid pertama MG Motor Indonesia memperoleh fitur lain seperti shark fin antenna dan spoiler.

Interior MG VS HEV

Melihat ke bagian dalam, VS HEV memiliki dual windscreen cockpit yang menyuguhkan kesan modern, mewah, sekaligus dapat memenuhi berbagai kebutuhan setiap penggunanya.

Untuk pusat informasi berkendara serta sistem hiburannya sama-sama berukuran 12,3 inci model floating.

Mengenai head unit yang digunakan telah didukung dengan konektivitas smartphone seperti Apple CarPlay & Android Auto, yang dikawinkan 6 audio system berupa 4 speaker split dan 2 tweeter.

Sedangkan pusat informasi berkendara dengan tampilan full digital yang digunakan sanggup menampilkan beragam informasi secara informatif serta futuristik.

Guna memudahkan pengemudi ketika ingin melakukan penyetingan, setirnya dilengkapi tombol pengaturan yang terhubung langsung dengan head unit serta meter cluster.

Di bawah sistem hiburan terdapat beragam tombol pengaturan termasuk fitur untuk menghidupkan AC dengan fungsi touchscreen.

Mengenai fitur unggulan lainnya mobil ini juga sudah dilengkapi wireless charging, tuas perpindahan gigi shift-by-wire, Electronic Parking Brake (EPB), serta beberapa tombol pengaturan kendaraan termasuk di belakangnya terdapat cup holder serta arm rest.

Bicara mengenai jok, seat pada bagian pengemudi dilengkapi pengaturan elektrik 6 arah, jok penumpang dengan pengaturan 4 arah, pelipatan jok 60:40 serta AC vetilasi di baris kedua.

Fitur unggulan lainnya mobil ini juga dibekali dengan power window, Electric Power Steering (EPS), tilt steering, start/stop engine, lever shift, i-Max panoramic sunroof dengan ukuran besar, ada pula fitur iSmart yang mencakup Smart Check, Smart Command dan Smart Connect, yang memudahkan pemilik ketika ingin memantau informasi seputar kendaraan melalui gawai.

Baca juga: Segini Konsumsi BBM Toyota Yaris Cross Hybrid Disiksa 500 Km

Toyota Yaris Cross Hybrid Punya TSS

Tampilan depan Yaris Cross HEV

Sebagai tipe terendah di keluarga Yaris Cross hybrid, tipe S HV CVT TSS ini untuk bagian luar dibekali fitur LED headlamp with DRL, LED fog lamp, dan LED rear combination lamp.

Untuk lampu utamanya turut disematkan fitur auto head lamp + follow me home.

Pada bagian sampingnya berhasil tersematkan spion electric dengan auto retract dan side mirror, ditambah welcoming lamp, serta velg 18 inci machining alloy.

Seperti MG VS HEV, di atap terdapat roof rail, dan menariknya pada bagian belakang untuk pintu bagasi dibekali fitur power back door with kick sensor.

Interior Yaris Cross HEV

Memiliki kesan luxury sekaligus juga sporty, di dalam mobil ini disematkan panel instrumen TFT 7-inch digital yang sporty dan dapat diatur dalam 4 pattern. 

Tipe ini juga dibekali sistem hiburan berupan head unit layar sentuh 10,1 inci HUD display, dengan wireless smartphone connectivity.

Tak kalah menarik dengan MG VS HEV, untuk fitur lainnya Yaris Cross hybrid tipe S mempunyai wireless charger, multicolor ambient illumination lamp, push start System, immobilizer, power outlet 12 volt dan charger Type B dan Type C.

Kemudian jok dengan kemampuan mereduksi panas pada permukaannya dengan baik, ditambah electric seat adjuster 6 arah pada jok pengemudi, setir dengan beragam tombol pengaturan yang dilengkapi tilt & telescopic, rear air vent pada bangku belakang yang memberikan kenyamanan pada penumpang baris belakang ketika berkendara.

Tak kalah menarik, SUV listrik berbasis hybrid Toyota ini turut dibekali panoramic glass roof with power sunshade yang dapat meningkatkan visibilitas sekaligus gaya berkendara.

Perbandingan Fitur Keselamatan

Yaris Cross hybrid dilengkapi TSS 2.0

Dari segi keselamatan berkendara MG VS HEV sudah dibekali Synchronized Protection System yang meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Electronic Brake Assist (EBA), 6 airbags, FSF (Full Space Frame), dan EPB (Electronic Parking Brake).

Ada juga AVH (Auto Vehicle Hold), EBA (Electronic Brake Assist), SCS (Stability Control System), CBC (Curve Brake Control),TCS (Traction Control System), HSA (HillStart Assist System), HDC (Hill Descent Control System), TPMS (Tire Pressure Monitor System), ESS (Emergency Stop Signal) dan ASL (Active Speed Limit).

Selain itu juga terdapat ISOFIX & Child anchor, seat belt tiga titik, kamera 360 derajat, kamera belakang, sensor parkir, immobilizer dan alarm system.

Kemudian untuk Yaris Cross hybrid, tipe terendahnya ini dari segi keselamatan berkendara memperoleh Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, parking sensor depan dan belakang, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA) Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM), serta panoramic view monitor 360 derajat yang memberikan kemudahan ketika manuver parkir.

Dan menariknya, mobil ini berhasil dibekali fitur ADAS dengan sebutan Toyota Safety Sense (TSS) 2.0 yang meliputi; Pre-Collision Warning & Pre Collision Braking, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Keeping Control, serta Automatic High Beam yang berfungsi untuk menjaga keamanan serta kenyamanan selama berkendara.

SUV China Lebih Bertenaga dengan Teknologi KERS 3 Level

Mesin 15S4C MG VS HEV

Mengusung teknologi strong hybrid, MG VS HEV dibekali mesin bensin konvensional berjeniskan 15S4C DOHC 4-silinder segaris 16 valve VTi dengan sistem kombusi Multipoint Injection.

Jantug pacu berkapasitas 1.498 cc yang digunakan sanggup merilis tenaga sebesar 109 PS di 6.000 rpm dengan torsi 142 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Mesinnya dipadukan dengan motor listrik penggerak yang melecutkan tenaga 95 PS dan torsi 200 Nm.

Gabungan mesin ICE (Internal Combustion Engine) dengan motor listrik ketika bekerja dapat menghasilkan tenaga sebesar 177 PS.

Pihaknya mengklaim bahwa VS HEV menawarkan kecepatan dan efisiensi bahan bakar yang baik.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan, akselerasi 0-100 Km/jam hanya membutuhkan 8,9 detik.

Guna membuatnya berjalan, mobil ini dipadukan dengan transmisi E-CVT yang dilengkapi dengan tiga mode pilihan berkendara, yakni; Eco, Comfort dan Sport.

Hebatnya mobil ini juga memiliki Kinetic Energy Recovery Systems (KERS) dalam tiga level, yang dapat disesuaikan kebutuhan dan berfungsi untuk melakukan pengisian daya listrik ke baterai dengan memanfaatkan energi kinetik.

Mesin 2NR-VEX Yaris Cross

Seperti pesaingnya, Yaris Cross hybrid turut mengusung teknologi strong hybrid.

Untuk jantung pacunya mobil ini dipersenjatai mesin bensin dengan kode 2NR-VEX dengan perolehan tenaga 67 kW (91 PS) dan torsi 121 Nm, yang dipadukan motor listrik dengan tenaga 59 kW (80 PS) serta torsi sebesar 141 Nm.

Model Hybrid EV ini dipadukan transmisi CVT dengan Mode EV yang bersinergi terhadap motor listrik untuk menggerakan mobil.

Untuk mode berkendara lainnya Yaris Cross hybrid dilengkapi pilihan ECO, Normal dan Sport Drive Mode.

Baca juga: First Drive Toyota Yaris Cross Hybrid: Calon Compact SUV Laris

Kesimpulan

Selisih harga baru mencapai Rp50 juta, untuk fitur unggulan yang ditawarkan MG VS HEV vs Toyoa Yaris Cross Hybrid hampir sama.

Namun untuk keselamatan berkendara tipe terendah Yaris Cross hybrid sudah dilengkapi dengan TSS 2.0 yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada setiap pengguna selama dalam berkendara.

Sama-sama mengusung teknologi strong hybrid, untuk performa yang dihasilkan MG VS HEV jauh lebih besar ketimbang Yaris Cross hybrid.

Dengan begitu MG VS HEV dirasa lebih cocok bagi yang menginginkan performa lebih besar namun tetap irit bahan bakar.

Terlebih MG VS HEV juga memiliki fitur KERS dengan 3 level, yang mana mobil secara otomatis akan mengisi daya listrik pada baterai dengan memanfaatkan energi kinetik saat mobil melakukan deselerasi.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Yaris Cross

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Yang Bikin Beda XForce dari Yaris Cross, Creta dan HR V!

Pilih Xforce, Grand Vitara, atau Yaris Cross? | Komparasi

Test Drive Yaris Cross Hybrid, Harganya Lebih Murah dari HR-V Turbo!

Yaris Cross Jadi Hybrid Pertama di Kelas HR-V - Creta!

Toyota Yaris Cross 2022 - Detail Interior dan Eksterior (Crossover Bagus)

Mobil baru di Indonesia sepanjang Maret 2024 rupanya banyak diisi oleh kendaraan elektrifikasi Terbaru adalah BMW Group yang memperkenalkan BMW i5 eDrive40 M Sport yang merupakan BMW Seri 5 generasi kedelapan yang berubah jadi mobil listrik. Sepekan sebelumnya juga ada pabrikan China berdarah Inggris, Morris Garage (MG) yang menghadirkan MG VS HEV (Hybrid Electric Vehicle). Kemudian ada pula pabrikan China lain yang juga sempat eksis di Indonesia namun kemudian menghilang dan kini hadir kembali,
Pekan lalu sepertinya cukup banyak kejadian viral yang terkait dengan masalah keselamatan berkendara di jalan raya. Paling mencuat tentu saja insiden kecelakaan di pintu tol Halim Utama dari arah Bekasi menuju Jakarta yang terjadi pada Rabu (27/3/2024) pagi. Bagaimana tidak, tabrakan beruntun itu melibatkan cukup banyak kendaraan yang kondisi saat kejadian memang sedang antri memasuki gerbang tol. Belum lagi fakta menyusul lainnya yang ternyata terungkap jika penyebab kecelakaan adalah karena ke
Memilih tempat sewa mobil mudik Lebaran memang gampang-gampang susah, mengingat saat ini cukup banyak pihak penyedia jasa rental kendaraan bermotor. Tempat rental mobil ini bukan cuma tersebar di Jakarta maupun juga bermunculan di sejumlah kota-kota besar lainnya, yang umumnya masuk wilayah kawasan wisata atau daerah tujuan mudik. Ya, mudik lebaran di Indonesia mungkin menjadi pergerakan populasi manusia terbesar dari satu daerah ke daerah lainnya yang terjadi tiap tahun. Alasannya beragam, ada
Chery Omoda E5 merupakan produk elektrifikasi berjenis BEV (Battery Electric Vehicle) pertama dari PT Chery Sales Indonesia (CSI) untuk pasar di dalam negeri. Meski cukup berbeda dengan kompetitornya sesama pabrikan Tiongkok yang sudah sedari awal menawarkan kendaraan listrik berbasis baterai ataupun hybrid (HEV/Hybrid Electric Vehicle), namun penerimaan pasar untuk Chery Omoda E5 cukup baik. Jumlah pesanan untuk mobil listirk Chery ini terus bertambah, misalnya terhitung saat pertama kali ditam
Pemerintah Malaysia akan menggratiskan tarif tol Lebaran pada 8 dan 9 April 2024, yang bertepatan dengan semakin dekatnya perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada 10 April nanti. Ya, sejatinya budaya yang diterapkan di Malaysia mirip dengan di Indonesia, dimana saat jelang lebaran banyak dari masyarakat di sana menggelar mudik. Maka dari itu, informasi perihal penggratisan tarif tol lebaran tersebut dijelaskan secara langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum Alexander Nanta Linggi. Baca juga:

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 488,80 Juta

Lihat Mobil
Toyota Yaris Cross
Lihat