window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Citroen E-C3 Jadi Mobil Listrik Pertama di Indonesia yang Dapat Keringanan Impor

Prasetyo · 13 Mei, 2024 13:02

harga citroen e-c3 all electric 2024

Mobil listrik Citroen E-C3 ternyata sudah resmi mendapatkan fasilitas impor bea masuk 0% dan juga pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang ditanggung pemerintah.

Hal ini terjadi setelah Citroen Indonesia mendapat Surat Persetujuan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia no 1/KBLBB-CBU/1/OSS/PMDN 2024.

Ketetapan yang dituju kepada PT National Assemblers selaku perusahaan perakitan kendaraan di bawah Indomobil group yang juga menaungi merek Citroën di Indonesia, itu berarti Citroen E-C3 All Electric sudah resmi ikut serta dalam Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Kami menyambut gembira dengan diterbitkannya persetujuan pemerintah atas permohonan kami untuk ikut serta dalam program percepatan elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Langkah kami ini sekaligus membuktikan komitmen jangka panjang Citroën dalam menggarap pasar kendaraan bermotor di Indonesia termasuk kontribusi kami dalam menciptakan mobilitas bebas emisi," sebut Tan Kim Piauw, Chief Executive Officer, PT Indomobil National Distributor, selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Citroen di dalam negeri.

harga citroen e-c3 all electric 2024

Pertama kali diperkenalkan di GIIAS 2023

Tan melalui keterangan tertulisnya, Senin (13/05/2024) juga menjelaskan oleh Tan jika Citroen merupakan merek pertama di Indonesia yang saat ini memperoleh persetujuan keikutsertaan program BEV dan fasilitas impor secara resmi dari pemerintah.

Fasilitas pajak bea masuk dan PPnBM 0% ini disebutkan oleh Tan, akan dipergunakan di dalam masa transisi sampai dengan dimulainya kegiatan produksi E-C3 All Electric di dalam negeri paling lambat tahun 2026.

"Citroen Indonesia akan segera mewujudkan komitmennya untuk menawarkan E-C3 All Electric sebagai kendaraan bertenaga 100% listrik yang terjangkau bagi masyarakat luas," sebut Tan.

Baca juga: Lebih Perkasa dari Wuling Air ev, Ini Keunggulan Mobil Listrik Citroen E-C3

Harganya Ikut Turun

harga citroen e-c3 all electric 2024

Harganya kini mulai Rp 377 juta

Berbeda saat pertama kali diperkenalkan, E-C3 ditawarkan Rp395 juta OTR Jakarta.

Untuk versi CKD (Completely Knock Down) atau rakitan lokalnya E-C3 ini dibandrol mulai dari Rp377 juta OTR Jakarta.

"E-C3 yang kita jual untuk versi CKD varian standar di harga Rp377 juta. Untuk full spek Rp387 juta. Ini memperhitungkan program insentif dari pemerintah, jadi harga bisa kita tawarkan dengan lebih murah," jelas Tan.

Jika dilihat, E-C3 rakitan lokal dengan buatan Stellantis Thiruvallur-India dijual lebih murah Rp8 juta yang mana sama-sama varian teratas.

Baca juga: Diperkenalkan di GIIAS 2023, All New Citroen C3 Aircross dan E-C3 Tampilkan Teknologi Ala Perancis

Juga Disiapkan untuk Ekspor

harga citroen e-c3 all electric 2024

Citroen berniat ekspor mobil dari Indonesia

Meski saat ini baru bisa menikmati keringanan pajak bea masuk dan PPnBM, tetapi Citroen Indonesia sudah menargetkan untuk mengejar TKDN untuk E-C3 hingga 40%.

Langkat tersebut sesuai komitmen perusahaan guna mengikuti anjuran Pemerintah Republik Indonesia (RI) demi bisa menikmati keringanan pajak berupa subsidi PPn untuk kendaraan listrik yang diproduksi di dalam negeri.

Selain itu, mobil listrik E-C3 juga disebutkan Tan tak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri namun juga bisa luar negeri.

"Bisa saja E-C3 buatan Indonesia ini nantinya dikirim ke luar negeri. Karena di ASEAN belum ada yang punya fasilitas produksi, dan di ASEAN E-C3 ini juga belum ada yang punya kecuali Indonesia. Jadi sangat berpotensi tergantung bagaimana prinsipal,” serunya.

Baca juga: Harga Citroen E-C3 Lebih Mahal Rp16 Jutaan Dari Neta V, Apakah Spesifikasinya Lebih Oke?

Spesifikasi Mobil Listrik Citroen E-C3 All Electric

harga citroen e-c3 all electric 2024

Mobil listrik berdarah Perancis

Citroen E-C3 All Electric merupakan mobil listrik yang menyasar kalangan generasi muda yang dinamis.

Dimensi yang kompak, kepraktisan, kenyaman dan konektivitas menjadi perpaduan yang ditawarkan dalam satu paket kendaraan yang juga menawarkan kustomisasi untuk ekspresi gaya hidup pemiliknya.

Mobil listrik ini diperkenalkan pertama kali di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

Dia atas kertas, Citroen E-C3 punya panjang keseluruhan 3.981 mm, lebar 1.733 mm, tinggi 1.604 mm, serta jarak sumbu roda 2.540 mm.

Kalau dibandingkan dengan mobil populer lain di kelas yang setara, E-C3 sedikit lebih pendek dari Toyota Raize.

harga citroen e-c3 all electric 2024

SUV Compact yang menarik

Namun untuk kaki-kakinya, Citroen masih pakai velg 15 inci dipadankan ban 195/65/ R15, beda dengan Raize yang sudah pakai velg ring 16 atau 17.

Meski hadir dengan ukuran bodi yang compact, namun ruang kabin E-C3 tetap menyajikan kenyamanan berkendara bagi seluruh penumpangnya.

Misalnya dari desain jok yang dibuat nyaman untuk 5 penumpang, serta posisi mengemudi pun tetap enak untuk berkendara di perkotaan yang cenderung lebih sering hadapi kemacetan.

Kemudian di bagian tengah dasbor juga terpasang monitor layar sentuh 10 inci yang memiliki kemampuan konektivitas nirkabel melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Sumber tenaga mobil ini berasal dari Permanent Magnet Synchronous Motor berdaya 57 PS dengan torsi puncak 143 Nm.

Motor listrik ini kemudian digerakkan oleh baterai High Energy Density Lithium-Ion berkapasitas 29,2 kWh.

harga citroen e-c3 all electric 2024

Tampilan interiornya

Kecepatan maksimumnya diklaim 107 km/jam dengan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,8 detik.

Apapun baterainya dapat menempuh jarak hingga 320 km dalam satu kali pengisian daya hingga full charge.

Tetapi ketika daya listrik baterai mulai berkurang, maka mobil ini bisa menggunakan stasiun pengisian daya listrik cepat (SPKLU Fast Charging) hanya dalam waktu 57 menit dari kondisi baterai 10% menjadi 80%.

Menariknya, mobil tersebut punya kemampuan Regenerative Braking, yang memungkinkan daya listrik pada baterai akan otomatis terisi ketika pengemudinya menginjak pedal rem.

Baca juga: Citroen C3 Dinobatkan Jadi Mobil Terbaik Buat Kaum Urban, Jurinya Para Jurnalis

Secara singkat, Citroën E-C3 All Electric setidaknya memiliki 10 keunggulan yang dapat dirasakan konsumennya, yaitu:

1. ADVANCED COMFORT WITH FLYING CARPET EFFECT

Dengan suspensi yang empuk layaknya berkendara di atas karpet terbang (Flying Carpet Ride) dan keheningan ruang kabin seperti layaknya berada di dalam kepompong (Cocoon Effect) mendukung pengalaman berkendara yang nyaman di sepanjang perjalanan.

2. 100% DC FAST CHARGING FOR QUICK CHARGING & WORRY-FREE DRIVE

Baterai E-C3 dapat diisi melalui stasiun pengisian listrik cepat (fast-charging) DC dari 10% hingga 80% hanya dalam waktu 57 menit.

3. CITROËN CONNECT TOUCHSCREEN WITH WIRELESS MIRROR LINK

Layar sentuh berukuran 10 inch memiliki kemampuan konektivitas nirkabel melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

4. 3 ACCESSORY PACKS WITH 47 CUSTOMISATION OPTIONS

Dengan tagline #ExpressYourËStyle kalian dapat memilih berbagai paket kustomisasi personal untuk menunjukkan gaya hidup elektrifikasi kalian.

5. LIVE ELEVATED

Dengan desain bergaya SUV 5 pintu yang atraktif dan ground clearance 170 mm tertinggi di kelasnya memberikan rasa aman dan percaya diri saat berkendara pada berbagai kondisi jalan.

6. 29.2 kWh BATTERY PACK WITH REGENERATIVE BRAKING

Baterai akan selalu terisi selama kalian menginjak pedal rem pada Citroën Ë-C3 All Electric.

7. TROPICALISED AC

Sistem penyejuk kabin yang dirancang sesuai dengan daerah tropis untuk kenyamanan selama berkendara.

8. HAPPY SPACE

Kenyamanan berkendara dengan ruang kabin yang leluasa untuk kenyamanan 5 penumpang.

9. 320 KM RANGE IN A SINGLE CHARGE

Citroën Ë-C3 All Electric dapat menempuh jarak hingga 320 km dalam satu kali pengisian baterai hingga kondisi penuh.

10. 0-60 KM/JAM 6,8 DETIK

Motor listrik mobil ini menyuguhkan tenaga hingga 57 PS dan torsi 143 Nm, mendukung akselerasi dari 0 - 60 km/jam dalam waktu 6,8 detik dan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 107 km/jam.

@autofun.indonesia Kalau versi bensinnya kurang menarik, yang elektrik mestinya jadi daya tarik. Gimana menurut kalian si Citroen E-C3 ini? #citroen #ec3 #citroenindonesia #mobillistrik #mobilbaru #reviewmobil ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Citroen e-C4 Upcoming 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia