window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Perkasa dari Wuling Air ev, Ini Keunggulan Mobil Listrik Citroen E-C3

Prasetyo · 7 Nov, 2023 17:01

citroen e-c3 all electric

Citroen E-C3 All Electric merupakan mobil listrik yang menyasar kalangan generasi muda yang dinamis.

Dimensi yang kompak, kepraktisan, kenyaman dan konektivitas menjadi perpaduan yang ditawarkan dalam satu paket kendaraan yang juga menawarkan kustomisasi untuk ekspresi gaya hidup pemiliknya.

Setelah diperkenalkan pertama kali di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City pada Agustus lalu, kini mobil listrik berdarah Perancis itu hadir di Bandung, Jawa Barat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampil bersama Citroën C3 Aircross, E-C3 All Electric dipamerkan di Atrium 23, Paskal Shopping Center, Jl. Pasir Kaliki, Bandung Jawa Barat, pada 7-12 November 2023.

citroen e-c3 all electric

Saat diluncurkan di GIIAS 2023

Kedua model tersebut hadir bersama dengan jajaran produk Citroën lainnya seperti C3, C5 Aircross dan mobil masa depan Citroën AMI Buggy.

"Peluncuran The New Citroën Ë-C3 all electric hari ini, sekaligus menegaskan komitmen kami untuk menyediakan kendaraan yang mendukung rencana pemerintah untuk mendorong peningkatan penggunaan kendaraan listrik.  

Penggunaan mobil listrik ini diharapkan menjadi salah satu solusi atas isu pencemaran lingkungan yang disebabkan emisi karbon kendaraan yang menyebabkan pencemaran udara, khususnya pencemaran udara yang terjadi di kota-kota besar," Tan Kim Piauw, Chief Executive Officer, PT Indomobil National Distributor sebagai Agen Pemegang Merek (APM) mobil Citroen di Indonesia.

Baca juga: Harga Mirip Wuling Air ev, Citroen E-C3 Diperkenalkan di GIIAS 2023?

Citroen E-C3 All Electric, Mobil Listrik yang Stylish

citroen e-c3 all electric

Tampilan depan senada SUV Citroen lainnya

Anda mungkin setuju jika E-C3 punya tampilan luar yang menawan, baik dari bagian depan, lekuk tubuhnya, hingga pandangan dari arah belakang.

Bagian fasad ia tampil dengan gril beraksen chrome dengan loco dua chevron sebagai identitas pabrikan Perancis ini.

Kemudian pada sisi kiri dan kanan grill tersebut ada LED Daytime Running Light (DRL) dan juga lampu utama dengan bentuk yang juga unik.

Pada bemper juga terdapat frond guard dan fog lamp housing bertema silver yang seakan kontras dengan kelir hitam bempernya.

Menariknya lagi, bagian depan mobil ini juga tetap ada kisi-kisi udara, berbeda dengan kebanyakan mobil listrik yang dibuat tertutup seutuhnya.

Beranjak ke bagian sisi, siluet bodi mobil ini menampilkan desain sebuah SUV berukuran compact.

citroen e-c3 all electric

Fisiknya mirip dengan C3 bermesin bensin

Dia atas kertas, Citroen E-C3 punya panjang keseluruhan 3.981 mm, lebar 1.733 mm, tinggi 1.604 mm, serta jarak sumbu roda 2.540 mm.

Kalau dibandingkan dengan mobil populer lain di kelas yang setara, E-C3 sedikit lebih pendek dari Toyota Raize.

Namun untuk kaki-kakinya, Citroen masih pakai velg 15 inci dipadankan ban 195/65/ R15, beda dengan Raize yang sudah pakai velg ring 16 atau 17.

Kalau dari arah belakang, mobil ini tampak seperti mobil perkotaan pada umumnya, dengan desain lampu kombinasi yang unik, bemper dengan lekukan dinamis, serta penambahan rear under guard sebagai penanda jati diri tubuhnya yang bergenre SUV.

Baca juga: Diperkenalkan di GIIAS 2023, All New Citroen C3 Aircross dan E-C3 Tampilkan Teknologi Ala Perancis

Suguhkan Kenyamanan Berkendara

citroen e-c3 all electric

Tampilan interiornya

Meski hadir dengan ukuran bodi yang compact, namun ruang kabin E-C3 tetap menyajikan kenyamanan berkendara bagi seluruh penumpangnya.

Misalnya dari desain jok yang dibuat nyaman untuk 5 penumpang, serta posisi mengemudi pun tetap enak untuk berkendara di perkotaan yang cenderung lebih sering hadapi kemacetan.

Kemudian di bagian tengah dasbor juga terpasang monitor layar sentuh 10 inci yang memiliki kemampuan konektivitas nirkabel melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

citroen e-c3 all electric

Mobil listrik berbasis baterai

Selanjutnya sistem penyejuk kabin yang dirancang sesuai dengan daerah tropis untuk kenyamanan selama berkendara.

Kenyamanan suspensi juga dibuat layaknya berkendara di atas karpet terbang (Flying Carpet Ride) dan keheningan ruang kabin yang menciptakan ketenangan seperti layaknya berada di dalam kepompong (Cocoon Effect).

Lantas dengan ground clearance hingga 170 mm, SUV ini memberikan rasa aman dan percaya diri yang lebih saat berkendara pada berbagai kondisi jalan.

Baca juga: Harga Citroen E-C3 Lebih Mahal Rp16 Jutaan Dari Neta V, Apakah Spesifikasinya Lebih Oke?

Daya Jelajah Baterainya Lebih Jauh dari Wuling Air ev

citroen e-c3 all electric

Baterainya diletakkan di bagian tengah

Sumber tenaga mobil ini berasal dari Permanent Magnet Synchronous Motor berdaya 57 PS dengan torsi puncak 143 Nm.

Motor listrik ini kemudian digerakkan oleh baterai High Energy Density Lithium-Ion berkapasitas 29,2 kWh.

Kecepatan maksimumnya diklaim 107 km/jam dengan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,8 detik.

Apapun baterainya dapat menempuh jarak hingga 320 km dalam satu kali pengisian daya hingga full charge.

Tetapi ketika daya listrik baterai mulai berkurang, maka mobil ini bisa menggunakan stasiun pengisian daya listrik cepat (SPKLU Fast Charging) hanya dalam waktu 57 menit dari kondisi baterai 10% menjadi 80%.

Kemudian baterai ini juga memiliki kemampuan regenerative braking yang memungkinkan daya baterai akan terisi saat pengemudi menginjak pedal rem.

Transmisi otomatis single-speed dapat dioperasikan melalui tombol transmisi E-Toggle yang unik, ditambah dengan tersedianya pilihan mode pengendaraan ECO dan STANDARD yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. 

Baca juga: Citroen C3 Dinobatkan Jadi Mobil Terbaik Buat Kaum Urban, Jurinya Para Jurnalis

Harga Citroen E-C3 All Electric

citroen e-c3 all electric

Pilihan baru mobil listrik di Indonesia

Citroen Indonesia menawarkan mobil listrik ini untuk masyarakat Bandung serta sekitar Jawa Barat dengan harga Rp 381 juta on the road.

Banderol ini memang cukup jauh dibandingkan harga Wuling Air ev yang ada di kisaran Rp200 juta, apalagi Wuling juga berhak menerima subsidi PPN 1% sehingga harga Air ev bisa lebih murah lagi.

Harga mobil listrik Citroen E-C3 ini juga masih sedikit lebih mahal dari Neta V yang ditawarkan seharga Rp 379 juta.

Walau begitu, pabrikan memberi jaminan layanan purna jual untuk seluruh pembeli E-C3, antara lain berupa:

Citroen Emergency Road Assistance 24 hr

  • Layanan darurat untuk mobil-mobil di jalan dengan dengan kondisi khusus
  • Layanan towing gratis berdasarkan rekomendasi ERA

Citroen Call Center 24 hr

  • Siap siaga selama 24 jam untuk memberikan informasi dan layanan yang mencakup informasi mengenai produk, layanan sales dan after-sales. 
  • Program penjualan serta pameran atau kegiatan yang sedang berjalan.
  • Memberikan informasi mengenai lokasi diler.
  • Membantu menangani keluhan terhadap produk dan layanan.
  • Membantu mengatur jadwal servis kendaraan pada dealer yang ditentukan.
  • Membantu koordinasi dengan Citroën ERA.
  • Citroën Call Center 24 jam di 14023  atau email : care@Citroēn.indomobil.co.id

Selain itu, saat ini telah dibangun pusat sparepart Citroën di Indomobil Parts Center yang berada di kawasan industri Kota Bukit Indah Cikampek Jawa Barat. 

Dan Citroën Indonesia menawarkan servis gratis selama 4 tahun atau 50.000 kilometer untuk model-model yang menggunakan bahan bakar bensin dan 5 tahun atau 70.000 kilometer untuk model-model kendaraan listrik berbasis baterai, garansi kendaraan standar 3 tahun atau 100.000 km (mana yang lebih dulu).

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Citroen C3 Upcoming 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia