window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Modal Mobil Listrik BYD untuk Bersaing di Indonesia

Herdi · 27 Des, 2023 10:01

mobil listrik byd

Build Your Dreams atau BYD yang merupakan merek mobil listrik asal China yang siap memasuki pasar otomotif Indonesia untuk bersaing dengan pabrikan lain mulai tahun 2024. 

Tekad kuat dan berbagai persiapan yang telah dilakukan BYD untuk bertempur dengan berbagai brand otomotif yang telah masuk Indonesia lebih dulu terutama produsen Jepang, memang bukan isapan jempol semata. 

Apalagi BYD kini disebut sebagai produsen kendaraan elektrifikasi terbesar di dunia, yang tersebar di 70 negara dan 400 kota di enam benua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Melihat Langsung Efisiensi Pabrik Mobil Listrik BYD di China, Produksi Hingga 6 juta Unit Mobil Elektrifikasi di Dunia

BYD Han

BYD Han 

Tak hanya itu, saat AutoFun Indonesia berkunjung ke kantor pusat mereka di Shenzhen, Guangdong, China, BYD memamerkan sejumlah teknologi canggih yang siap mendukung mobilitas masyarakat. 

Menurut Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, BYD telah melakukan pengembangan mulai dari mobil, baterai, serta  kendaraan elektrik atau New Energy Vehicle (NEV), dan teknologi energi baru lainnya.

"Produk-produk NEV dari BYD adalah solusi mobilitas listrik yang berkelanjutan dan cerdas," ungkap Eagle dalam keterangan tertulis, Selasa (26/12/2023).

Baca juga: Tunggu Regulasi yang Jelas, Mobil Listrik BYD Akan Diproduksi Sendiri di Indonesia Tanpa Pakai Nikel!

Modal BYD di Indonesia 

BYD

Taksi Blue Bird sudah menggunakan mobil listrik Blue Bird

Jika Anda masih terasa asing dengan BYD, namun begitu kemungkinan Anda pernah melihat langsung unitnya di jalanan. 

Ya, BYD sejatinya sudah menjadi armada taksi, khususnya milik perusahaan Bluebird dan juga bus TransJakarta untuk divisi mobil listrik. 

Namun yang perlu Anda ketahui, untuk menjadi mobil taksi sejatinya tidak mudah, demikian juga dengan bus TransJakarta. 

Hal ini karena untuk menjadi transportasi massal harus memiliki durability dan beberapa keunggulan lainnya. 

Punya Teknologi Baterai Terkini

Battery BYD

Battery BYD  Lithium-ion berdensitas energi tinggi. 

Untuk bersaing kendaraan pribadi, BYD ternyata punya modal cukup besar untuk hadir di Indonesia, salah satunya melalui berbagai teknologi mutakhir yang dikembang, yaitu baterai Lithium-ion berdensitas energi tinggi. 

"Baterai Lithium-ion berdensitas energi tinggi yang menawarkan jangkauan yang lebih jauh dengan biaya yang lebih rendah, platform Blade Battery yang aman dan tahan lama, serta sistem manajemen termal AI cerdas yang memastikan optimalisasi pada kinerja dan efisiensinya," ujar Eagle Zhao.

Baterai Blade yang inovatif menawarkan tingkat pengisian daya yang cepat, jangkauan yang lebih jauh, dan, yang terpenting, tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan baterai lithium-ion konvensional.

Baca juga: Mobil Listrik BYD Akan Meluncur Awal 2024, Siapkan Ekosistem Teknologi Elektrifikasi Terlengkap

E-Platform untuk Mobil Listrik

e Platform

e Platform yang dikembangkan mobil listrik BYD

Selain baterai, BYD juga punya modal yang bisa jadi keunggulannya, yaitu platform elektronik atau e-platform inovatifnya yang diklaim cerdas, efisien, aman, dan stylish. 

Platform elektronik ini dibangun dari gabungan berbagai teknologi canggih, seperti baterai lithium-ion, motor listrik, dan sistem kontrol elektronik, untuk memberikan kinerja yang optimal dan pengalaman berkendara yang menyenangkan. 

E-platform dari BYD juga disebut memberikan cara pandang baru dalam pengembangan kendaraan elektrik. Termasuk banyak aspek positif yang dikombinasikan pada e-platform ini. 

Integrasi ketahanan, keselamatan, teknologi, dan kecerdasan membuat kinerja e-platform NEV BYD menjadi efisien. 

Pada e-platform buatannya, BYD menempatkan motor, gearbox, inverter, konverter DC/DC, dan komponen penting lainnya dalam satu unit, sehingga terjadi penghematan ruang body mobil. 

Display Rangka YangWang

Display Rangka YangWang

Unit ini dapat mengurangi berat, meningkatkan efisiensi, dan memaksimalkan ruang untuk kabin yang lebih luas.

Sebagai sebuah sistem, e-platform juga dapat mengelola suhu baterai agar tetap terkontrol dalam cuaca ekstrim sekalipun, dapat memperpanjang jangkauan berkendara dan meningkatkan kenyamanan, serta dapat meningkatkan integrasi yang mendalam antara sistem penggerak, pengereman dan kemudi yang membuat berkendara menjadi lebih responsif.

E-platform ini terbuka untuk produsen kendaraan elektrik lainnya, sehingga memungkinkan teknologi BYD dapat dirasakan oleh lebih banyak orang.

Sumber Tenaga dari Energi Terbarukan

Tenaga Surya milik BYD

Tenaga Surya milik BYD

Selain NEV, BYD juga mempunyai solusi dari pembangkit listrik tenaga surya dari hulu ke hilir. 

Dari bagian Generation Side, Grid Side, hingga User Side, sehingga BYD menyediakan seluruh jawaban dari energi terbarukan dari beberapa sumber daya.

Teknologi BYD juga tidak terbatas pada kendaraan saja. Dalam usaha membangun ekosistem NEV yang lengkap, BYD juga mengembangkan infrastruktur pengisian daya dan solusi manajemen energi pintar. 

Hal ini tentunya mendukung percepatan adopsi NEV secara komprehensif.

Dengan berbagai modal keunggulan tadi, sanggupkah mobil listrik BYD bersaing di Indonesia?

@autofun.indonesia Kalau BYD yang satu ini masuk Indonesia, pantes dikasih harga berapa? #byd #mobillistrik #mobilbaru #reviewmobil #mobilcina ♬ 60's JB-style R & B instrument(810031) - RUBIK MUSIC

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia