window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Hyundai Staria, Desain Futuristik Apakah Menarik?

Yongki Sanjaya · 23 Agu, 2021 17:00

Kelebihan dan Kelemahan Hyundai Staria, Desain Futuristik Apakah Menarik? 01

Hyundai semakin memantapkan diri berkecimpung di segmen premium setelah resmi merilis Staria pada beberapa waktu lalu. Dengan harga yang lebih murah dari Toyota Alphard, Hyundai Staria jadi alternatif yang memberikan banyak kelebihan dari sebuah MPV mewah. Lantas, apa saja yang jadi kelemahan Hyundai Staria ini?

Sebelum jauh membahas hal tersebut, tentu kita perlu berkenalan dengan sosok MPV bongsor 9-penumpang ini. Melihat secara lini produk, maka Staria ini sebenarnya adalah pengganti dari Hyundai H1 untuk pengguna pribadi. Nantinya, H1 tetap dijual terbatas untuk konsumen fleet.

Staria menawarkan desain eksterior premium yang terinspirasi dari pesawat luar angkasa. Desainnya terinspirasi dari lengkung cahaya yang menerangi langit saat matahari terbit jika dilihat dari luar angkasa. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga:

FAQ: Hyundai Staria 2021 Meluncur Hari Ini, Berikut Fakta Menarik yang Harus Kalian Ketahui

Harga Lebih Murah, Hyundai Staria 2021 Siap Jegal Toyota Alphard Pekan Ini

Hyundai Staria 2021 Udah Bisa Dipesan, Cukup Bayar Segini

Bicara soal kenyamanan interior, rancangannya dimaksimalkan dengan pemanfaatan ruang kabin melalui pengaturan kursi penumpang yang fleksibel. Interior Staria mengusung konsep dengan nuansa layaknya sebuah premium lounge. Tujuannya, memberikan kenyamanan perjalanan jarak jauh dari sisi interiornya.

Hyundai Staria dijual dalam dua varian yaitu 7-seater dan 9-seater. Berikut ini harga Hyundai Staria di Indonesia:

  • Hyundai Staria Signature 7 Rp1.020.000.000
  • Hyundai Staria Signature 9 Rp888.000.000

Lantas apa kerennya mobil ini? Mari kita bahas satu-persatu. 

Kelebihan Hyundai Staria, MPV Bongsor dengan Fitur Melimpah

Kelebihan dan Kelemahan Hyundai Staria, Desain Futuristik Apakah Menarik? 01

Merek Korea Selatan ini dikenal tidak pelit dalam memberikan fitur pada model mereka di segmen premium. Hal ini menjadi senjata utama mereka dalam meraih atensi konsumen mobil, sehingga bisa jadi alternatif menarik daripada mobil Jepang. 

Demikian juga dengan Staria, dimana Hyundai memberikan segala fitur sesuai standar sebuah MPV premium. Ini membuat perjalanan dalam kabin tetap menyenangkan, dan tetap nyaman sampai tujuan. 

1. Konsep Kabin yang Premium

Kelebihan dan Kelemahan Hyundai Staria, Desain Futuristik Apakah Menarik? 02

Sempat diulas di atas kalau konsep kabin Staria ialah seperti lounge, sehingga mengutamakan kenyamanan yang mewah. 
Pada sisi pengemudi bahkan memiliki fitur dengan sentuhan mewah seperti TFT LCD Instrument Cluster berukuran 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, dan tombol transmisi Shift-by-Wire.

Kemudian di sisi penumpang baris kedua hingga belakang, jendela lebar memberikan kesan lega dan kabin luas. Terdapat jendela panoramic di kursi baris kedua, serta tirai yang dapat dibuka dan ditutup secara manual di kursi baris kedua dan ketiga untuk privasi penumpang. 

Tipe Signature 7 dilengkapi dengan 7 kursi dan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat direbahkan secara otomatis. Kemudian untuk tipe Signature 9, terdiri dari 9 kursi dengan Swiveling Independent Seat dimana baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga. 

2. Fitur Komplit di Hyundai Staria, Benchmark MPV Premium

Kelebihan dan Kelemahan Hyundai Staria, Desain Futuristik Apakah Menarik? 03

Dengan harga di atas Rp800 jutaan, tentu fitur yang dimiliki Staria harus istimewa dan berkelas. Tidak cuma captain seat saja, karena masih banyak hal menarik yang dimiliki MPV impor dari Korea Selatan tersebut. 

Pada sisi atap terdapat Dual Sunroof dengan fitur tilting & slide yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Selanjutnya terdapat sistem kontrol udara yang canggih untuk mengontrol sirkulasi udara dengan mudah melalui filter di HVAC pada bagian belakang kendaraan. 

Sistem hiburan pun tak kalah hebat, dengan BOSE Premium Sound System, yang menghasilkan suara jernih, dilengkapi dengan Dynamic Speed ​​Compensation, yang secara otomatis menyesuaikan volume suara dengan kecepatan mobil. 

Kelebihan dan Kelemahan Hyundai Staria, Desain Futuristik Apakah Menarik? 04

Saat dibutuhkan, pengguna dapat mengisi daya gadget mereka selama perjalanan karena STARIA memiliki Wireless Smartphone Charging dan port USB charge untuk semua baris kursi, di mana 5 port USB pada Signature 7 dan 7 port USB pada Signature 9.

Cukup lengkap bukan? Bagaimana dengan kelemahan Hyundai Staria, apakah mobil ini tanpa cela? 

Kelemahan Hyundai Staria, Bodi Gambot Bikin Manuver Jadi Repot

Kelebihan dan Kelemahan Hyundai Staria, Desain Futuristik Apakah Menarik? 05

Hal yang paling mudah kita lihat dari sosok Hyundai Staria ialah ukurannya yang jumbo. Mobil ini memiliki dimensi panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm, dengan wheelbase 3.273 mm yang membuat Staria berukuran terbesar dikelasnya. 

Kelebihannya jelas membuat kabin sangat lega dan luas, namun di sisi lain akan makan banyak lahan saat berkendara karena cukup lebar. Ini membuat Staria tak ubahnya seperti mobil travel premium, dengan ukuran mirip Toyota Hiace. Tentu untuk pemakaian pribadi tanpa supir akan sangat merepotkan dalam bermanuver terutama di jalan yang cukup sempit. 

Kelebihan dan Kelemahan Hyundai Staria, Desain Futuristik Apakah Menarik? 06

Memang sih, pemilik Staria pastinya dari kalangan berdompet super tebal sehingga akan mampu mempekerjakan supir yang bertanggung jawab mengendarainya. Jadi, siapkah Anda untuk mengendarainya sendiri?

Cuma Ada Opsi Mesin Diesel

Kelebihan dan Kelemahan Hyundai Staria, Desain Futuristik Apakah Menarik? 07

Mesin diesel dikenal punya keunggulan pada torsinya yang besar di putaran bawah. Hal ini dirasa cocok untuk menghela mobil sebesar Staria ini. 

Mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan jadi andalan. Mesin tersebut memungkinkan Staria memperoleh performa maksimal hingga 177 PS/3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm.

Jangan khawatir punya image jorok, karena mesin Staria jelas membutuhkan solar berkualitas tinggi. Namun yang sedikit disayangkan yaitu ketidakhadiran opsi bermesin bensin seperti pada Hyundai Santa Fe meskipun di luar negeri ada juga versi bensin. 

Desain Futuristik, Sudahkah Cukup Menarik? 

Kelebihan dan Kelemahan Hyundai Staria, Desain Futuristik Apakah Menarik? 08

Hal yang mungkin jadi sorotan saat melihat Staria ialah desainnya yang besar dan futuristik. LED bar di kap depan mengingatkan kita akan sosok Robocop atau Cyclops dalam komik Marvel. 

Kesan mewah, elegan, kalem, dan canggih menjadi satu. Namun masalah desain ini mungkin kurang menarik bagi selera sebagian orang karena dianggap 'kosong' atau polos. Bagi konsumen yang menyukai karakter tegas, mungkin Toyota Alphard masih lebih menarik di mata mereka. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Hyundai Staria Signature 9 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil