window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil China Rp40 Jutaan, Geely Panda Punya Fitur Lengkap dengan Perawatan Ala Toyota

Enda · 7 Des, 2023 09:01

Geely Panda

Geely Panda diluncurkan secara resmi di Indonesia pada 2012 silam melalui PT Geely Mobil Indonesia (GMI) yang saat itu dipercayai sebagai distribuor resmi mobil Geely di Tanah Air.

Kehadiran Geely Panda sendiri mengisi ceruk hatchback kompak yang berhadapan dengan Daihatsu Sirion, Kia Picanto dan beberapa rivalnya.

Saat diluncurkan pertama kali, mobil mungil asal Negeri Tiongkok dengan bentuk lucu bak hewan pemakan bambu tersebut cukup laris di pasaran.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Geely Panda

Tampilan belakang Geely Panda

Namun sayang, eksistensi Geely Panda di kancah otomotif Tanah Air mampu bertahan 5 tahun, hingga akhirnya pada 2016 PT GMI harus menutup bisnisnya di Indonesia karena tidak adanya penjualan.

Bicara harga bekasnya Geely Panda kini ditawarkan mulai dari Rp40 jutaan hingga Rp50 jutaan.

Punya harga bekas yang terjangkau, berikut ini fakta menarik Geely Panda yang wajib diketahui jika kalian tertarik membelinya.

Baca juga: Intip Perjalanan Geely Sampai Diajak Luhut Bikin Mobil Listrik Nasional di Indonesia

Geely Panda Punya Fitur Lengkap di Zamannya

Geely Panda

Interior tipe GL

Diimpor secara utuh dari negara asalnya, Geely Panda hadir dalam dua varian untuk pasar Indonesia, yakni GS dan GL.

Sebagai varian teratas, GL punya fitur yang terbilang lengkap.

Seperti yang bisa dilihat untuk bagian luarnya tipe GL sudah menggunakan velg alloy berukuran 14 inci.

Melihat daripada interiornya, mobil ini didominasi dengan bentuk membulat menyesuaikan tampilan luar yang seperti Panda.

Pada bagian center clusternya, varian teratas sudah dilengkapi head unit 2din yang mendukung konektivitas radio, MP3 dan CD player.

Berbeda dengan tipe GL, varian GS hanya mengandalkan head unit single din yang memiliki format radio.

Meski begitu kedua varian yang pernah dijajakan memiliki AC dengan pengaturan lengkap, seperti; beberapa arah semburan serta heater.

Geely Panda

Jok baris kedua Panda

Oh iya, di belakang juga terdapat deffoger yang berfungsi untuk menjaga suhu kaca sehingga meminimalisir munculnya embun pada kaca.

Terasa begitu ergonomis, Geely Panda memiliki laci penyimpanan terbuka berikut sejumlah cup holder yang terletak pada dashboard, consol tengah serta door trim.

Bahkan mobil ini juga memiliki headrest dengan pengaturan adjustable di setiap bangku, yang memudahkan pengguna ketika ingin mangtur posisi ternyaman saat berkendara.

Harga bekas mulai dari Rp40 jutaan, Geely Panda bahkan sudah dilengkapi spion dengan pengaturan elektrik, pengaturan tinggi-rendahnya lampu dan power steering.

Khusus varian GS, pabrikan melengkapinya dengan power window di semua pintu, side impact bar dan jok kulit.

Baca juga: Geely Panda Hadir Lagi dalam Bentuk SUV, Dijual Bulan Depan Mulai Rp104 Jutaan

Geely Panda Pernah Meraih 5 Bintang Uji Keselamatan C-NCAP

Geely Panda

Uji keselamatan C-NCAP Geely Panda

Seperti diketahui Geely telah cukup lama mengakui pabrikan otomotif asal Swedia, Volvo.

Sebagai brand Eropa, Volvo terkenal dengan menerapkan standar tinggi untuk keamanan dan keselamatan berkendara.

Bicara soal fitur keselamatan, Panda yang terjual di Tanah Air sudah dibekali ABS dan EBD untuk sistem pengeremannya.

Bahkan di tipe teratasnya memperoleh dual SRS airbag di depan yang dapat meminimalisir cedera ketika mengalami benturan keras dari depan.

Selain itu juga terdapat side absorbing door yang dapat menyeap benturan, hard front steel bar di bumper depan dan belakang, dan bodi dengan ketebalan mencapai 0,9 mm.

Berkat teknologi serta fitur yang dimiliki, Panda pnah meraih peringkat bintang 5 dalam program penilaian keselamatan C-NCAP yang dilakukan di China.

Andalkan Mesin 1.300 Cc Kepunyaan Toyota

Geely Panda

Mesin MR479Q

Urusan jantung pacu, Geely Panda dibekali mesin berkodekan MR479Q 1.342 cc 4-silinder segaris 16 valve, DOHC Multi Injection Port dengan menghasilkan tenaga 85 Hp di 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada putaran 5.200 rpm, yang dipadukan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Mesin yang digunakan memiliki banyak persamaan dengan A-series kepunyaan Toyota seperti yang terdapat pada Great Corolla dan Soluna.  

Sekedar informasi, mesinnya merupakan mesin Toyota untuk pasar Tiongkok dimana mesin ini pertama kali diproduksi oleh FAW pada tahun 1990 hingga 2006.

Disebutkan bahwa selain memiliki durabilitas tinggi, mesinnya cukup responsif, hemat bahan bakar, serta mudah dalam perawatan.

Konsumsi BBM Super Irit!

Geely Panda

Alternatif mobil murah buat diperkotaan

Soal konsumsi bahan bakar, beberapa pemilik menyebutkan bahwa untuk penggunaan dalam kota berada di angka 11-13 km/liter.

Sedangkan pemakaian luar kotanya tembus 15-16 km/liter tergantung bagaimana kondisi medan serta gaya berekndara.

Memiliki konsumsi BBM yang terbilang irit, untuk kecepatan maksimal disebutkan bahwa Geely Panda sanggup dipacu hingga 170 km/jam.

Baca juga: Geely Punya SUV Baru Penantang Honda CR-V Turbo, Pakai Platform Volvo

Spesifikasi Geely Panda
Mesin MR479Q 1.342 cc DOHC Multi Injection Port 16 valve 4-silinder
Tenaga 85 Hp @6.000 rpm
Torsi 110 Nm @5.200 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan
Panjang 3.598 mm
Lebar 1.630 mm
Tinggi 1.465 mm
Jarak sumbu roda 2.340 mm
Kecepatan maksimal 170 km/jam
Suspensi depan McPherson
Suspensi belakang Torsion Beam type
Rem depan Disc Brake
Rem belakang Drum Brake+Dual pipe+Vacum Power

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil