window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tampak Mirip, Ini Bedanya Toyota Kijang Innova E dan G 2011

Enda · 10 Mei, 2024 18:05

Toyota Kijang Innova 2011

Kemunculan Grand New Toyota Kijang Innova pada pertengahan tahun 2011 menawarkan tampilan eksterior yang terlihat lebih modern dibanding model sebelumnya.

Ini merupakan facelift kedua dari Toyota Kijang Innova yang diperkenalkan pertama kali pada September 2004 sebagai generasi kelima dari Toyota Kijang di Indonesia.

Tidak seperti generasi keempat Kijang, Innova hadir dengan tampilan yang revolusioner hasil rancang desain Kaoru Hosokawa, Chief Enginner and Product Planning Leader Toyota Commercial Vehicle Development Centre.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

toyota kijang innova

Kijang Innova Gen 1 facelift pertama

Selain itu, teknologi yang tersemat juga sudah mendapat pembaruan, baik dari sisi spesifikasi teknis mesin, maupun perangkat hiburan dan keselamatan untuk seluruh penumpangnya.

Toyota Kijang Innova generasi pertama ini pun mendapatkan facelift perdananya pada Agustus 2028 dengan membawa perubahan yang mencakup pada redesain bumper depan dan belakang, grille depan dan lampu belakang.

Barulah kemudian facelift keduanya muncul berselang tiga tahun setelahnya dengan nama Grand New Kijang Innova.

Di bagian depan, mobil ini telah menggunakan headlamp dengan bentuk lebih pipih serta grill horizontal yang dibagi menjadi beberapa bilah.

Garis lengkung bemper depan juga mengalami sedikit revisi, termasuk desian velg yang terpasang, dan juga lampu kombinasi di belakang.

Facelift kedua ini PT Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan beberapa varian tipe dari Kijang Innova, diantaranya tipe E, G, dan V.

Oh iya, untuk New Toyota Kijang Innova antara tipe E dan G, secara tampilan fasad 90% terihat sama.

Mengenai pasaran harga bekasnya, tipe E kini berada di angka Rp130 jutaan atau lebih murah Rp15 juta hingga Rp20 juta dari varian G.

Meskipun memiliki tampilan eksterior yang terlihat mirip, berikut beberapa perbedaan Toyota Kijang Innova tipe E dan G lansiran 2011-2013.

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Bensin 2004 Kok Lebih Boros Dari Versi 2008, Apa Sebabnya?

  • 2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

    Rp 294,00 Juta
    Rp 5,39 Juta
    /bulan

    38.343 km

    4,5 tahun

    Jakarta

  • 2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

    Rp 294,00 Juta
    Rp 5,32 Juta
    /bulan

    58.564 km

    5,5 tahun

    Banten

  • 2020 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.4

    Rp 341,00 Juta
    Rp 6,24 Juta
    /bulan

    8.598 km

    3,5 tahun

    Jakarta

Toyota Kijang Innova E 2011 Tidak Dilengkapi Foglamp

Toyota Kijang Innova 2011

Tipe E grilnya tidak diberi aksen krom dan belum ada foglamp

Sebagai pembeda antara tipe E dan G Toyota Kijang Innova 2011, varian ekonomisnya belum mendapatkan foglamp di bumper.

Selain itu grillnya tampak lebih sederhana yang dilabur menggunakan warna dof, berberda dengan tipe diatasnya, untuk grill sudah dilapisi aksen krom.

Melihat bagian samping, varian E dan G terlihat sama seperti tidak ada ubahan yang berarti.

Terlihat bahwa keduanya sudah dilengkapi velg alloy 15 inci dengan model yang sama, mud guard, side moulding, dan spion dengan pengaturan elektrik yang dilapisi krom serta sein pada covernya.

Pada buritan, tipe E pun juga sudah disematkan spoiler, garnish dengan aksen krom, pelindung bumper, serta rear wiper.

Interior Innova Tipe G Sedikit Lebih Mewah

Toyota Kijang Innova 2011

Interior Kijang Innova E 2011

Seperti tipe G, Kijang Innova E 2011 sanggup diisi hingga 7 orang sekaligus dengan konfigurasi 2+3+2.

Untuk baris kedua dan ketiga, varian E mendapatkan AC double blower pada setiap barisnya.

Sebagai pembeda, untuk sistem hiburan mobil ini belum menggunakan layar sentuh namun sudah memakai jenis 2din yang mendukung CD dan terhubung dengan AUX.

Selain itu, setirnya model palang tiga seperti kepunyaan Avanza, berbeda dengan varian G yang sudah menggunakan palang empat.

Oh iya, di bagian pengemudi untuk tipe E joknya tidak dilengkapi pengaturan high adjuster.

Meski begitu setirnya sudah mendukung fitur tilt steering, serta adanya arm rest di tengah antara pengemudi dan penumpang depan.

Baca juga: Boros dan Tenaganya Pas-pasan, Toyota Kijang Kapsul LGX Apakah Worth Dibanding Kijang Innova Gen 1?

Tipe E Pakai Peredam yang Lebih Sedikit

Toyota Kijang Innova 2011

Peredam mesin di Kijang Innova E pun lebih sedikit ketimbang tipe G

Selain beberapa fitur yang terpangkas, untuk jumlah peredam kabin Toyota Kijang Innova E 2011 juga lebih sedikit ketimbang G.

Antara lain terlihat di balik bonnet serta dinding luar kabin di mesin pun belum dilengkapi peredam.

Dengan jumlah peredam yang lebih sedikit, selain meningkatkan hawa panas, tentu suara mesin akan terdengar lebih jelas di dalam kabin.

Terutama untuk varian yang menggunakan mesin diesel, maka getaran dan suara mesin akan jauh lebih terasa di dalam kabin.

Baca juga: Penasaran Dengan Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Bensin dan Diesel?

Airbags dan ABS Tidak Ada di Varian E

Toyota Kijang Innova 2011

Varian E tidak dilengkapi airbags

Mengenai keselamatan berkendara, varian E hanya mengandalkan seatbelt dengan pretensioner dan force limiter.

Untuk kantung udara atau airbags serta sistem pengereman dengan ABS hanya terdapat di tipe G.

Fungsi dari airbags sendiri mampu mengurangi cedera pengemudi dan penumpang depan ketika mengalami benturan cukup keras, dan ABS menghindari tergelincirnya roda ketika melakukan pengereman secara mendadak.

Mesin Bensin dan Diesel Tersedia

Toyota Kijang Innova 2011

Mesin 1TR-FE

Toyota Kijang Innova E 2011-2013 ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 2.0L bensin dan 2.5L diesel.

Untuk varian bensin mengandalkan mesin 1TR-FE 1.998 cc DOHC 4-silinder segaris VVT-i yang dapat menghasilkan tenaga 136 PS dan torsi sebesar 182 Nm.

Sedangkan untuk varian diesel menggunakan jantung pacu 2KD-FTV D-4D turbocharged 2.494 cc 4-silinder segaris DOHC yang sanggup memeras tenaga 102 PS dan torsi 200 Nm.

Untuk mesin dieselnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan ECT, sedangkan versi diesel hanya dikawinkan transmisi manual 5-percepatan.

Kesimpulan

Meski usianya sudah lebih dari 10 tahun, namun Toyota Kijang Innova generasi pertama masih cukup banyak peminatnya, terutama untuk varian facelift kedua yang diproduksi rentang tahun 2011-2013.

Untuk yang mencari Innova dengan rentang harga menarik, maka Innova Gen 1 facelift 2 dengan tipe G memang lebih direkomendasikan ketimbang tipe E.

Karena dari segi tampilan saja, mobil ini masih cukup terlihat mewah hingga kini, selain itu kelengkapan fiturnya juga bisa dikatakan cukup.

Sementara soal mesin, kalau yang sudah mesin dengan tenaga dan torsi besar maka pilih yang diesel.

Tapi kalau suka mesin lebih lembut, maka Innov juga tersedia dengan opsi mesin bensin.

Baca juga: Tampil Lebih Ganteng, Segini Biaya Terbaru Upgrade Toyota Kijang Innova Lama Jadi Barong

Spesifikasi Grand New Toyota Kijang Innova 2012
Dimensi
Panjang 4.555 mm
Lebar 1.770 mm
Tinggi 1.750 mm
Jarak sumbu rdoa 2.750 mm
Jarak ke tanah 200 mm
Ukuran ban 205/65 R15
Kapasitas tangki BBM 55 liter
Mesin
Tipe mesin 1TR-FE DOHC VVT-i 2KD-FTV D-4D Commonrail Turbo
Kapasitas silinder 1.998 cc 2.494 cc
Jumlah silinder 4 4
Daya maksimum 136 PS @5.600 rpm 102 PS @3.600 rpm
Torsi maksimum 182 Nm @4.000 rpm 200 Nm @1.400-3.200 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan
  Otomatis 4-percepatan ECT
Sistem penggerak roda Penggerak Roda Belakang
Sasis
Suspensi depan Double Wishbone with Coil Spring
Suspensi belakang 4-Link with Coil Spring and Lateral Rod
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum

 

@garasi.autofun Antara tua dan muda, kalian prefer yang mana? #tipsmobil #reviewmobil #tipsmobilbekas #mobilbekas #bekasberkualitas #reviewmobilbekas ♬ 80's style background music(1405364) - Green Woodpecker

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil