window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Isu Munculnya Mitsubishi Xpander Facelift 2024 Makin Kuat

Prasetyo · 20 Mei, 2024 08:01

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Isu Munculnya Mitsubishi Xpander Facelift 2024 Makin Kuat 01

Beredarnya kabar tentang rencana kehadiran Mitsubishi Xpander Facelift 2024 rupanya membuat banyak pembaca Autofun makin penasaran.

Pasalnya belum lama ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja merilis Mitsubishi Xpander Cross dan Pajero Sport Elite Edition.

Banyak yang menduga, Mitsubisi Xpander Facelift 2024 ini sengaja masih "disimpan" MMKSI menunggu momen peluncuran yang tepat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Diduga, ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung Juli akan jadi lokasi debut Xpander improvement tersebut.

Meski begitu, Autofun ternyata sudah mendapatkan foto-foto detil terkait Xpander facelit tersebut, dan hal itu pula yang menjadikannya Top 5 Airtikel sepanjang periode 12-19 Mei 2024.

Tak cuma terkait Mitsubishi Xpander facelift 2024, artikel mengenai bus Hino AK bermesin depan rupanya juga masih ada di jejeran teratas artikel dengan jumlah pembaca terbanyak selama sepekan ke belakang.

Mungkin viralnya kasus tabrakan bus di Sumedang yang menewaskan belasan siswa masih menjadi bahan pembicaraan di kalangan warganet.

Mengingat bus yang digunakan tersebut ternyata sudah hasil modifikasi yang tidak semestinya supaya terlihat sebagai bus keluaran terbaru.

Selain itu, penyedia transportasi pariwisata tersebut juga terbukti tidak mengantongi izin KIR untuk kenraan yang disewakannya itu.

Nah penasaran apa saja Top 5 Artikel Autofun dalam sepekan lalu, baca terus sampai habis ya!

1. Begini Sosok Mitsubishi Xpander Facelift 2024, Ada Tambahan Fitur Juga!

mitsubishi xpander facelift 2024

Perubahan di bagian luar

Mitsubishi Xpander facelift 2024 dikabarkan akan meluncur secara resmi dalam waktu dekat.

Mendapat ubahan secara minor change, informasi seputar Xpander facelift 2024 sudah banyak beredar luas di jagat maya.

Disebut-sebut bahwa ubahan Xpander facelift 2024 dilakukan mulai dari varian terendah (GLS) hingga teratas (Ultimate).

Pada versi improvementnya ini, MMKSI juga dikabarkan menghilangkan varian Sport, yang merupakan tipe di bawah Ultimate.

Mendapat ubahan secara minor change, secara tampilan luar Mitsubishi Xpander facelift 2024 tipe Ultimate masih terlihat sama dengan Xpander facelift yang diluncurkan pada 2021.

Pada fascianya tersematkan lampu utama dengan teknologi LED yang diletakan di bumper, serta positioning lamp dan lampu sein LED tepat di bawah kap mesin dengan bentuk dinamis.

Kemudian pada bagian bumper depan, PT MMKSI menambahkan kamera yang diletakan di kisi-kisi, perangkat yang dimaksudkan merupakan bagian dari salah satu fitur keselamatan tambahn dari mobil ini.

Penasaran apa saja hal yang berubah, klik disini untuk artikel lengkapnya.

2. Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa

bus hino ak mesin depan

Begini wujud asli bus yang kecelakaan di Subang

Nama bus Hino AK tiba-tiba ramai diperbincangkan di berbagai forum digital, terutama para penggemar bus yang kerap dapat sebutan Busmania.

Penyebabnya antara lain setelah kasus kecelakaan maut bus pariwisata yang sedang membawa siswa  SMK Lingga Kencana Depok dan terguling di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat.

Bus pariwisaa PO Trans Putera Fajar itu diduga mengalami rem blog sehingga tidak mampu mengendalikan kecepatan pada saaj jalanan menurun.

Sebelum terguling, bus juga sempat menabrak beberapa sepeda motor sampai akhirnya harus menelan 12 korban jiwa di lokasi kejadian.

Sejumlah warganet dan para Busmania menilai kalau kendaraan naas itu menggunakan bus Hino AK bermesin depan buatan tahun 2006.

Bus ini biasanya hadir untuk kendaraan angkutan penumpang kelas menengah bawah.

Maksudnya, bus dengan mesin depan ini biasanya digunakan sebagai bus kelas ekonomi atau patas.

Sebab, sangat jarang bus bermesin depan dipakai untuk kelas eksekutif yang mengutamakan kenyamanan.

Bus ini juga memang dipersiapkan oleh Hino untuk angkutan jarak menengah.

Disebut sebagai pelari, karena memang banyak perusahaan pengguna Hino AK ini menjadikan bus mereka sebagai kendaraan yang 'nguber waktu'.

Jadi, awak bus kerap memacu dalam kecepatan tinggi supaya tiba di tujuan tepat waktu.

Kembali soal kasus kecelakaan bus pariwisata di Subang, bus tersebut juga ternyata sudah beberapa kali ganti kepemilikan.

Saat terjadi kecelakaan, bus didapati tidak mengantongi izin KIR sebagai bukti kendaraan komersial pengangku orang itu layak jalan.

Bah seperti apa bus Hino AK bermesin depan ini yang sempat jaya di era 1970 - 1990-an? Baca disini artikel lengkapnya ya.

3. Begini Syarat dan Biaya Perpanjang SIM A Mati Tanpa Bikin Baru

syarat dan biiaya perpanjang sim a

Perhatikan syarat dan perpanjang biaya SIM A

Perlu diketahui, saat ini untuk perpanjang SIM bisa dilakukan melalui dua pilihan, yaitu offline atau datang langsung dan secara online.  

Apabila ingin melakukan secara konvensional, maka harus mendatangi kantor Satpas, Gerai SIM atau layanan SIM Keliling. 

Selain it, ketika melakukan panjangan SIM, tentu saja ada biaya yang harus Anda keluarkan sesuai dengan jenis SIM nya, yaitu:

  • Perpanjangan SIM A: Rp80.000 
  • Perpanjangan SIM B (BI dan BII): Rp80.000.
  • Perpanjangan SIM C (CI dan CII): Rp75.000. 
  • Perpanjangan SIM D (DI dan DII) :Rp30.000.

Biaya administrasi (jika perpanjang SIM online): Rp5.000.

Kemudian ada sejumlah persyaratan yang ahrus dibawa saat melakukan perpanjangan SIM, baik secara online ataupun ketika datang ke gerai Satpas maupun SIM keliling. Untuk lengkapnya baca disini ya!

4. Pilihan Toko Sparepart Mobil Terdekat yang Terpercaya, Jangan Tergoda Harga Murah!

toko sparepart mobil

Pilioh toko yang terpercaya

Mengetahui mana toko sparepart mobil terdekat yang terpercaya adalah penting dalam bagian melakukan perawatan kendaraan kesayangan.

Sebab dari toko itulah bisa mendapatkan berbagai suku cadang yang dibutuhkan untuk perawatan mobil Anda.

Toko-toko sparepart mobil ini pun biasanya menyediakan ragam kebutuhan akan kendaraan secara lengkap, mulai dari beberapa cairan seperti oli mesin, air radiator, dan minyak rem, sampai komponen besar contohnya cakram rem, piston, bahkan hingga satu set transmisi.

Nah kalau Anda pergi ke pusat-pusat penjualan suku cadang mobil, pasti akan banyak sekali toko yang menawarkan komponen-komponen tersebut.

Diantara para penjaja itu, ada yang menawarkan barang berkualitas yang original, tapi ada juga yang menyodorkan sparepart imitasi namun diklaim asli.

Berbagai cara dilakukan sebagai pemikatnya, antara lain kerap kali mereka menyodorkan harga yang lebih murah ketimbang toko lain.

Memilih mana yang terbaik dan juga toko yang terpercaya pastilah sulit jika Anda awam akan triknya yaqng bisa kalian baca disini.

5. Berkendara Saat Hujan Deras Sebaiknya Perhatikan 7 Hal Ini

berkendara saat hujan deras

Konsentrasi harus lebih ditingkatkan

Berkendara saat hujan deras adalah kondisi yang mungkin saja akan ditemui bagi Anda yang melakukan perjalanan darat jarak jauh. 

Berkendara jarak jauh di musim hujan, memerlukan persiapan khusus karena kondisi jalan menjadi licin, timbul genangan air, dan membuat jarak pandang pengendara terbatas.

Karena itu sebaiknya periksa beberapa komponen vital di kendaraan, seerti kondisi karet wiper termasuk air wipernya, lalu periksa juga lampu depan dan lampu belakang jangan sampai ada yang mati.

Lantas jangan lupakan pula kondisi ban yang berperan penting dalam menjaga kestabilan berkendara, termasuk kondisi ban cadangan jika diperlukan saat keadaan darurat.

Biar lebih jelasnya baca disini sebagai persiapan sebelum perjalanan di tengah hujan lebat.

 

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil