window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa

Yongki Sanjaya · 3 Des, 2021 12:30

Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa 01

Kalian yang tinggal di Jakarta dan luar Jawa mungkin sedikit asing dengan sosok bus Hino AK. Ya, bus dengan mesin depan ini populasinya memang paling banyak ditemui di Jawa dan sebagian Sumatera, khususnya di rute Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bus ini hadir untuk kendaraan angkutan penumpang kelas menengah bawah.

Maksudnya, bus dengan mesin depan ini biasanya digunakan sebagai bus kelas ekonomi atau patas. Sebab, sangat jarang bus bermesin depan dipakai untuk kelas eksekutif yang mengutamakan kenyamanan. Bus ini juga memang dipersiapkan oleh Hino untuk angkutan jarak menengah.

Disebut sebagai pelari, karena memang banyak perusahaan pengguna Hino AK ini menjadikan bus mereka sebagai kendaraan yang 'nguber waktu'. Jadi, awak bus kerap memacu dalam kecepatan tinggi supaya tiba di tujuan tepat waktu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa 01

Bicara soal sosok Hino AK, sebenarnya bukanlah model yang baru di jagat transportasi Indonesia. Bus bermesin depan ini sudah cukup lama ada, dan pernah bersaing dengan banyak produk sejenis seperti Nissan CB, Mitsubishi BM, hingga Mercedes-Benz OF1113.

Era 1970 – 1990 bisa dibilang menjadi era kejayaan bagi bus berkonfigurasi front engine, karena pada era tersebut bus rear engine memang belum banyak beredar, persaingan pun cukup ketat karena dari berbagai pabrikan ikut mengeluarkan chasis dengan konfigurasi ini. 

Kini, popularitas bus bermesin depan sudah kalah pamor dengan bus bermesin belakang karena jauh lebih nyaman. Pesaing terberat hanya ada dari kubu Jerman, yaitu Mercedes-Benz OF 1623. Lantas, apakah Hino AK ini tak lagi menarik? Mari kita bahas dalam artikel di bawah ini

Hino AK, Jadi Andalan Untuk Transportasi Darat Jarak Dekat

Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa 02

Bagi pengusaha bus di Pulau Jawa, mengoperasikan bus Hino AK8 adalah hal yang lumrah. Salah satu faktor utama yang jadi pertimbangan ialah harganya yang cukup terjangkau. Selain itu jalur antar provinsi di Pulau Jawa yang tidak terlalu banyak tikungan dan tanjakan membuat bus mesin depan buatan Hino ini bisa diandalkan.

Dari pertama diluncurkan hingga sekarang chasis Hino AK memang sangat identik dengan bus bumel atau ekonomi, bahkan bisa dibilang chasis legendaris untuk kelas bumel. 

Hino AK8 cukup mudah dikenali, karena di depan maupun belakang selalu terpampang lambang Hino berukuran cukup besar. Selain itu di depan bus pasti ada lubang grill untuk pendingin radiator mesin, khas bus bermesin depan.

Bus ini cenderung digunakan sebagai sarana transportasi hingga jarak menengah, karena memang tenaganya yang pas-pasan. Pengusaha menjadikannya bus ekonomi karena tarikan awal yang cukup lincah, dengan layout mesin depan dan penggerak belakang.

Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa 03

Jadi, akselerasi tak seberat bus bermesin belakang yang seperti punya banyak beban di sisi roda belakang. Distribusi bobot lebih proporsional sehingga lincah dan gesit untuk cari setoran.

Total ada 4 seri Hino AK yang beredar di Indonesia, berikut ini perjalanan beberapa varian Hino AK yang pernah ada sebelumnya:

1. AK17, mulai diproduksi tahun 1985–1995. Mesin H07C, 6728cc, 175 ps.

2. AK3H, mulai diproduksi sejak 1995-2003. Mesin H07D, 7412cc, 190 ps.

3. AK1J, mulai diproduksi sejka 2003-2007 Mesin J08C-F, 7961cc, 210 ps.

4. AK8J, diproduksi sejak 2007 sampai sekarang. Mesin J08E-UH, 7684cc, 215 ps.

Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa 04

Varian AK8 cocok digunakan untuk trayek jarak menengah yang tidak begitu jauh. Operator bus menggunakannya paling banyak untuk jarak 'nanggung', antara lain trayek:

  • Banyuwangi-Jogja
  • Surabaya-Jogja,
  • Surabaya-Semarang,
  • Surabaya-Malang, 
  • Solo-Semarang,
  • Surabaya-Tulungagung/Trenggalek,
  • Surabaya-Ponorogo/Pacitan,
  • Kuningan-Cirebon-Jakarta

Bus Hino AK, Terkenal di Jawa Timur Sebagai Bus Pelari

Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa 05

Apakah kamu orang Jawa Timur atau pernah ke Jawa Timur? Kalau pernah ke Jatim bahkan orang Jatim pasti kenal dengan grup otobus yang satu ini. Perusahaan ini cukup legendaris, tak lain dan tak bukan adalah Sumber Group. 

Perusahaan yang bernaung didalamnya ada Sugeng Rahayu ATB, Sugeng Rahayu Patas, dan sang legenda yaitu Sumber Selamat yang dulu bernama Sumber Kencono dengan sasis legendaris, Hino AK-8. Bus ini seringkali dikenal atau bahkan dicibir oleh masyarakat sebagai bus ugal-ugalan. Rivalnya yaitu PO Mira juga tak kalah banter larinya. 

Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa 06

Ada benarnya, namun tak semuanya berkendara ugal-ugalan. Bus ini terkenal larinya yang mosak-masik di lintasan Surabaya-Jogja karena kebijakan perusahaan yang memakai sistem jadwal. Jadi, awak bus berusaha agar tetap on time sesuai jadwal tiba di terminal setiap kota yang dilalui. 

Hino AK-8 dibekali dengan mesin turbo diesel bertenaga 215 ps serta torsi 620 nm yang dapat dicapai di 1.500 rpm. Banyak yang menyepelekan tenaga yang kecil tersebut. 

Tapi jangan salah, mesin yang berada di depan menjadikan respons gasnya sangat instan. Jadi, rancangan sasis ini sangat cocok digunakan untuk salip-salipan.

Kelemahan Hino AK, Kurang Disukai Karena Ada 'Rasa Truk'

Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa 07

Untuk sasis Hino AK-8 sendiri termasuk ke dalam sasis low entry alias sasis “murah”. Jenis mesin yang digunakan pada sasis ini masih konvensional, di mana belum banyak unsur-unsur elektrikalnya. Tujuannya supaya awak bus bisa memperbaiki apabila terjadi masalah di perjalanan. 

Poin positifnya ialah memudahkan mekanik perusahaan bahkan sang sopir untuk mengoprek mesin dan membuat mesin mencapai performa terbuasnya. Tak heran kalau bus di trayek Surabaya-Jogja bisa begitu lincah saat bermanuver di keramaian lalu lintas. 

Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa 08

Salah satu kekurangan lain dari Hino AK yang membuatnya tak bisa selaris Hino RK sebagai bus bermesin belakang ialah karena sensasi berkendara yang seperti naik truk. Suspensinya agak keras, karena masih memakai suspensi per daun dan suara mesin terdengar di kabin. 

Letak mesin yang berada di depan tepatnya berada di samping kiri sopir menjadikan suara raungan mesin ini memenuhi interior bus. Jadi, kenyamanan untuk bisa beristirahat di perjalanan akan terganggu oleh kebisingan mesin.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil