window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cuaca Panas di Indonesia Capai Suhu Tertinggi, Waspada 5 Komponen Ini di Mobil

Prasetyo · 16 Okt, 2023 15:02

cuaca panas di indonesia

Cuaca panas di Indonesia disebut-sebut mencapai titik paling tinggi selama Oktober 2023 menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Bagaimana tidak, ada sekitar 13 wilayah di Tanah Air, termasuk Tangerang, yang diselimuti suhu hingga 37,8 derajat Celsius pada siang hari.

Baca juga: Pakai Busi Beda Merek Bikin Mesin Mobil Cepat Panas?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

cuaca panas ekstrem

Beberapa wilayah di Indonesia suhunya mencapai 37,8 derajat Celcius

Tentunya cuaca panas di Indonesia ini bukan hanya mempengaruhi aktifitas dan kesehatan manusia, namun juga mahluk hidup lainnya, termasuk beberapa komponen kendaraan bermotor.

"Memang cuaca panas yang menyengat ini membuat Anda harus bisa peka terhadap mobil dan jangan abaikan perawatannya," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 melalui keterangan tertulisnya.

Nur pun memberikan tips, setidaknya ada 5 komponen pada mobil yang harus diperhatikn sebagai dampak cuaca panas di Indonesia.

Baca juga: Akibat Peredam Panas, Bikin Nissan Grand Livina Sering Alami Kasus Kebakaran

1. Radiator

mobil mogok

Jangan sampai mobil mogok di jalan akibat overheat

Tidak dapat dipungkiri, radiator merupakan garda terdepan dalam menghadapi cuaca panas supaya mesin mobil tidak overheat. 

Dalam tugasnya, radiator memanfaatkan udara di depan mobil untuk mendinginkan radiator coolant yang bersirkulasi di dalamnya.

Ketika suhu lingkungan di sekitar mobil sudah tinggi, ditambah mobil harus menghadapi jalan macet, radiator tidak bisa mendapatkan pasokan udara segar. 

Hal ini akan menghambat proses pendinginan sehingga disini sangat butuh cairan radiator yang sesuai dengan spesifikasi dan iklim tropis Indonesia.

@autofun.indonesia Arti Indikator Malfungsi Mobil #tipsmobil #reviewmobil ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Cek juga komponen radiator dan pastikan tidak ada kebocoron atau karat, serta sirip radiator tidak penyok atau sobek. 

Selang dan sambungannya juga wajib diperhatikan karena ada risiko getas akibat karet yang terkena panas ekstrim. 

Tutup radiator harus dalam kondisi prima karena tugasnya mengatur tekanan cairan radiator. Pastikan juga kipas pendingin radiator bekerja dengan baik.

Baca juga: 5 Cara Mengurangi Panas Kabin Mobil, Mana yang Paling Cepat?

2. Ban Mobil

ban kempis

Jangan biarkan tekanan angin ban kurang

Ban melakukan kontak langsung dengan aspal jalan yang sangat panas di siang hari.

Telapak ban yang aus, memiliki risiko meletus karena anyaman kawat baja ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan yang sangat panas.

Segera ganti ban mobil ketika batas keausan telapak ban atau Tire Wear Indicator (TWI) sudah terlihat.

Tekanan udara ban yang terlalu rendah juga membuat dinding ban tidak dapat menahan gerakan naik-turun dengan baik, bahkan menekuk kalau terlalu kempis. 

Alhasil, defleksi pada dinding ban bakal lebih tinggi dari normal dan berisiko merusak anyaman kawat baja di dinding ban. Ban dapat meletus dalam kondisi pemakaian berat.

3. Rem

rem mobil

Waspada juga debu di bagian rem

Dalam kondisi normal saja, kerja rem mobil sudah berat, apalagi rem mobil tidak punya sistem pelepas panas seperti radiator. 

Untuk itu, pastikan sudah menggunakan cairan rem yang sesuai spesifikasi kendaraan dan kebutuhan rem mobil di Indonesia supaya performanya tetap optimal.

Cairan rem tidak boleh berkurang dengan mengecek tabung cadangannya di ruang mesin. Segera tambahkan, namun kalau terlalu sering kurang. 

Pastikan pula tidak ada endapan lumpur di dalam tabung untuk mencegah sumbatan dalam sistem rem.

Mengganti kampas rem yang sudah habis membuat Anda tidak menekan pedal rem lebih kuat sehingga kerja cairan rem tidak terlalu berat. 

Pastikan tidak ada selang rem yang getas atau sobek, termasuk risiko karat pada sambungan dan pipa minyak rem. 

Waspada debu yang dapat menghalangi kerja sensor rem atau masuk ke dalam sistem rem mobil.

Baca juga: Musim Pancaroba Mobil Kena Panas dan Hujan? Begini Caranya Biar Cat Tetap Mengkilat

4. AC Mobil

ac mobil tidak dingin

Jangan sampai ac mobil tidak dingin

Meskipun tidak terkait langsung dengan kesehatan mobil, AC yang kurang sejuk bisa membuat perjalanan jadi tidak nyaman akibat kegerahan bahkan memicu stres dan emosional di jalan. 

Untuk itu, segera cek cairan refrigerant atau freon yang bisa berkurang jika saluran AC bocor sehingga membuat embusan AC tidak dingin.

Debu dari luar dapat terbawa masuk ke dalam mobil hingga akhirnya menutup evaporator, alhasil kemampuan evaporator dalam mendinginkan kabin ikut turun. 

Ganti filter kabin yang kotor untuk menjaga kebersihan evaporator, yang juga menjaga udara AC tetap bersih supaya penumpang nyaman.

Sembari mengecek radiator, Anda dapat memeriksa kondensor AC mobil yang dipasang di depan radiator, pastikan tidak ada sirip yang bocor, penyok, atau berkarat. 

Cek pula kompresor AC dari suara aneh dan fan belt kompresor tidak berdecit atau sobek.

4. Oli Mesin

oli mesin

Cek kondisi oli mesin melalui dipstick secara berkala

Oli mesin punya peran juga untuk membantu mendinginkan mesin mobil dengan melepaskan panas yang dibawa dari dalam mesin. 

Pastikan volume oli mesin tidak berkurang dengan memeriksanya lewat dipstick, jika ternyata berkurang banyak, jangan ditambah dengan oli baru, namun kuras oli tersebut dan ganti dengan yang baru.

Gunakan oli mesin yang sesuai kebutuhan dan spesifikasi mobil Anda supaya oli dapat menunaikan semua tugasnya dengan baik.

Baca juga: Selain Desinfektan, Waspadai Cairan di Sekitar Kita yang Bisa Merusak Cat Mobil

5. Kabin Mobil

kabin mobil panas

Material pelapis dasbor, setir dan jok rawan sobek

Saat cuaca panas di Indonesia begitu tinggi, pasti akan mempengaruhi komponen-komponen di dalam kabin mobil, seperti dasbor, jok, dan setir.

Jika terpapar panas berlebih terus menerus, material permukaan komponen-komponen tadi bisa memudar bahkan robek.

Karena itulah sebaiknya hindari parkir di area terbuka untuk waktu yang lama, jika terpaksa, beri penutup tambahan di kaca depan dan jendela, supaya sinar matahari tak langsung menyengat ke area interior.

Parkir di area tertutup juga bisa melindungi permukaan terluar dari cat kendaraan Anda, sehingga tidak ikut pudar akibat terpapar sinar UV secara langsung.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil