window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Cara Mengurangi Panas Kabin Mobil, Mana yang Paling Cepat?

Prasetyo · 4 Agu, 2023 14:04

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

kabin mobil panas

Parkir di area terbuka meningkatkan suhu kabin

Apalagi kalau mobil harus parkir di area terbuka tanpa penutup dalam waktu lama, tentunya interior kendaraan itu seketika berubah jadi layaknya oven panas.

Kondisi ini mungkin tidak bisa dihindari ketika dilokasi tersebut tak ada area parkir dalam gedung atau yang beratap.

Alhasil panas terik tak tertahankan seketika lenyap ketika mesin dan AC mobil dihidupkan adalah situasi yang paling Anda ingin supaya suhu interior kembali normal.

Cara Mengurangi Panas di Kabin Mobil

AC mobil

Menghidupkan AC memang bisa membuat suhu kabin normal lagi, tapi seberapa cepat?

Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat kabin mobil jadi kembali adem pasca terpapar sinar matahari seharian.

Tentu saja menghidupkan mesin dan aktifkan AC serta setting di suhu terendah kerap dianggap jurus paling jitu guna mengusir hawa panas ini.

Tapi benarkah cara tersebut paling cepat mengurangi panas kabin mobil?

Baca juga: Selain Desinfektan, Waspadai Cairan di Sekitar Kita yang Bisa Merusak Cat Mobil

kabin mobil panas

Jangan langsung aktifkan AC saat suhu interior masih sangat panas

Dikutip dari Bestcarweb, Jumat (04/08/2023), ada beberapa cara lain yang terbukti bisa lebih cepat mengeluarkan udara panas di dalam mobil.

1. Semprotkan Jok dengan Cooling Spray

Ada cara praktis membuat suhu mobil kembali normal setelah "dijemur" berjam-jam, yaitu dengan menyemprotkan cooling spray ke area jok lebih kurang 5 detik, lantas kaca jendela dibuka seuruhnya tanpa menghidupkan AC.

Namun setelah diamati, teknik ini hanya membuat suhu interior mobil yang amat panas cuma turun jadi 50,1 derajat, bahkan setelah 3 menit.

2. Buka Tutup Pintu Lima Kali

kain mobil panas

Buka dulu semua kaca jendela supaya sirkulasi udara berlangsung cepat

Ada juga cara lain yang cukup mudah, yakni dengan membuka seluruh kaca jendela dan pintu kemudian pintu di tutup kembali dengan kondisi jendela tetap terbuka seutuhnya.

Lakukan ini secara berulang minimal 5 kali sehingga mirip teknik kibasan, namun tanpa menghidupkan AC.

Tapi metode tanpa AC yang kedua ini hanya membuat suhu kabin turun jadi 47,5 derajat sehingga hawa panas masih terasa.

3. Hidupkan AC Tanpa Membuka Jendela

Nah ini adalah teknik yang sempat kami singgung sebelumnya, yaitu menghidupkan mesin dan aktifkan AC dengan setting suhu terendah tanpa perlu membuka kaca jendela.

Apakah cara ini benar-benar cepat mengusir hawa panas di kabin? Benar, suhu udara langsung tuurn ke 27,5 derajat namun setelah 10 menit.

Baca juga: Begini Cara Tim Balap Formula E Hadapi Kondisi Panas di Jakarta

4. Buka Kaca Jendela dan Hidupkan AC

kabin mobil panas

Sebaiknya jangan lansgung masuk kalau suhu kabin sangat panas

Membuka seluruh kaca jendela kemudian menyalakan AC mobil dengan setelan Auto dalam 2 menit lalu tutup jendela, juga menjadi cara membuat interior mobil kembali adem.

Karena dengan teknik ini, hawa panas di dalam kabin bisa keluar dan ganti udara luar semnetara AC akan mensirkulasikan udara di dakam mobil.

Tapi cara itu ternyata butuh waktu 10 menit untuk menurunkan suhu menjadi 29,5 derajat.

5. Buka Kaca Jendela dan Berkendaralah

Teknik terakhir yang ternyata malah jadi jurus paling ampuh mengurangi suhu panas di dalam mobil adalah dengan membuka seluruh kaca jendela dan mengendarai mobil tersebut.

Ketika hawa panas sudah keluar, lanjutkan dengan mengaktifkan AC agar sirkulasi udara di kabin jauh lebih cepat.

Jika melakukan hal ini, suhu akan langsung turun menjadi 29,5 derajat, lantas terus turun ke kondisi sesuai pengaturan AC dalam 10 menit berikutnya.

@autofun.indonesia Susunan Angka di Ban, Apa Artinya Sih? #funfact #reviewmobil #kodeban #tipsmobil ♬ Jazz Bossa Nova - TOKYO Lonesome Blue

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil