window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Toyota Sienta Setara Ayla Baru, Ketahui Konsumsi BBM dan Fakta Menariknya

Enda · 7 Nov, 2023 13:26

Konsumsi BBM Toyota Sienta

Harga bekas, tipe, serta konsumsi BBM Toyota Sienta kerap kali ditanyakan beberapa orang yang tertarik dengan mobil ini.

Nama Toyota Sienta ramai diperbincangkan setelah PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkannya pada April 2016.

Berhadapan langsung dengan Honda Freed, tak berselang lama setelah kemunculannya Sienta cukup laris di pasaran.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk pasar Tanah Air sendiri Sienta ditawarkan dalam beberapa varian, yakni E, G, V dan Q yang merupakan varian flagshipnya.

Sebagai mobil keluarga, Sienta memiliki utilitas berkendara yang terasa ringkas sehingga mampu memanjakan setiap penggunannya.

Saat ini nama Sienta sudah tidak lagi terpampang di situs resmi Toyota Indonesia dengan menghiasi kolom model MPV.

Meski begitu, kabarnya PT TAM masih memproduksi mobil ini secara spot order dengan lama inden dua bulan.

Sebagai informasi, jika kalian tertarik ingin membeli Sienta dalam kondisi bekas, untuk harga sekennya kini ditawarkan mulai dari Rp140 jutaan atau setara dengan harga baru Daihatsu Ayla tipe X MT.

Baca juga: Harga Bekasnya Cuma Rp180 Jutaan, Toyota Sienta Tipe Q 2017 Apakah Lebih Istimewa Dari Tipe V?

Berapa Konsumsi BBM Toyota Sienta?

Konsumsi BBM Toyota Sienta

Mesin 2NR-FE

Toyota Sienta dibekali mesin bensin 1.497 cc berkodekan 2NR-FE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i.

Di atas kertas tenaga yang dihasilkan sebesar 107 PS di 6.000 rpm serta torsi 140 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Jantung pacu yang digunakan memiliki durabilitas tinggi serta mudah dalam perawatan.

Mesinnya tersebut dipadukan transmisi manual 6-percepatan serta ada opsi CVT yang selanjutnya diteruskan ke roda depan untuk membuatnya berjalan.

Perpaduan antara mesin 1.5L dengan transmisi manual maupun CVT-nya menghasilkan performa yang biasa saja, tidak terlalu spesial.

Untuk konsumsi BBM yang diraih, beberapa sumber mengatakan bahwa untuk penggunaan dalam kota mobil ini dapat menempuh jarak 11 km/liter hingga 13 km/liter. 

Sedangkan pemakaian luar kota Sienta bisa berjalan 15 km/liter sampai dengan 17 km/liter.

Berapa Liter Isi Bensin Toyota Sienta?

Konsumsi BBM Toyota Sienta

Kapasitas tangki BBM Sienta 42 liter

Kapasitas tangki Toyota Sienta adalah 42 liter dengan rasio kompresi mesin 10.1:1.

Angka rasio kompresi mesin yang dimiliki mengharuskan pemilik mobil selalu menggunakan BBM dengan RON92 atau setara Pertamax untuk menjaga performa serta durabilitas mesin.

Menghitung berapa uang yang dikeluarkan untuk mengisi bahan bakar dalam kondisi tangki kosong, berdasarkan harga Pertamax dari Pertamina saat ini Rp13.400 per liter, sampai dengan terisi penuh menghabiskan uang Rp562.800.

Baca juga: Nama Toyota Sienta Hilang di Situs Resmi, Ini Kata Petinggi TAM

Toyota Sienta Dilengkapi Power Sliding Door?

Konsumsi BBM Toyota Sienta

Fitur power sliding door tersedia mulai dari tipe G

Toyota Sienta menganut konsep Multi Activity Vehicle (MAV), sehingga mobil ini memberikan kepraktisan untuk keluar masuk kendaraan berkat hadirnya fitur sliding door di bagian tengah dengan bukaan luas seperti pesaingnya, Honda Freed.

Namun untuk fitur power sliding door sendiri baru bisa dijumpai mulai dari varian G dan fitur ini tersedia di sebelah kiri, sedangkan bagian kanannya untuk membuka maupun menutup pintu dilakukan secara manual.

Berbeda dengan tipe G, dua varian diatasnya yakni V dan Q untuk pintu kanan sudah dilengkapi power sliding door sehingga terasa lebih praktis.

Dengan adanya power sliding door sendiri selain praktis, juga aman untuk penumpang karena saat ada benda maupun tangan yang menghalangi pergerakan pintu, secara otomatis sensornya akan memberhentikan pergerakan pintu sehingga tidak langsung menutup.

Penggunaan pintu dengan bukaan geser juga memberikan keamanan terhadap penggunanya tanpa khawatir tertabrak dari belakang ketika pintu dibuka.

Toyota Sienta Pakai Jok Captain Seat?

Konsumsi BBM Toyota Sienta

Jok baris kedua Sienta

Berbeda dengan Freed, Toyota Sienta baik tipe E hingga Q tidak menggunakan jok captain seat di baris tengah.

Dengan begitu keluar masuknya penumpang baris ketiga diharuskan untuk melipat jok tengahnya.

Sisi positifnya, jok tengah bisa dimuati tiga orang yang secara keseluruhan Sienta dapat menampung tujuh orang sekaligus.

Namun pada 2020 Sienta mendapat varian baru yakni Welcab untuk menjawab kebutuhan penyandang disabilitas dan lansia yang membutuhkan fleksibilitas lebih.

Baris kedua sebelah kiri mobil ini terdapat kursi welcab yang dapat bergerak keluar dan masuk secara otomatis dengan menggunakan New Physical Remote dan Remote App.

Kursi welcab yang digunakan bermodelkan captain seat lengkap dengan sandaran tangan pada sisi kanan kursi, sandaran kepala, dan sandaran kaki.

Kursi khusus penyandang disabilitas dan lansia ini dapat dioperasikan dengan dua cara untuk memberikan pilihan serta fleksibilitas lebih.

Pengguna dapat menggunakan remote fisik pada kursi welcab atau melalui aplikasi pada smartphone yang terkoneksi dengan bluetooth.

Kursi welcab juga menawarkan fitur yang memberikan fleksibilitas lebih baik lagi dengan adanya fitur New Rotation & Side Lift, dimana kursi welcab bisa diputar mengarah ke luar pintu.

Kabin Sienta Luas?

Konsumsi BBM Toyota Sienta

Kabin Sienta

Untuk kabinnya Toyota Sienta terasa luas berkat lantai yang dibuat rata serta adanya fitur dive-in seat.

Dengan begitu pengguna tidak perlu khawatir ketika ingin membawa barang dengan jumlah cukup banyak.

Fitur dive-in seat berfungsi untuk melipat bangku dengan sangat mudah.

Kecerdasan fitur ini membuat Sienta dapat menyajikan bagasi ekstra lapang karena bangku baris ketiga disimpan rapi di kolong bangku baris kedua.

Baca juga: Dijual Secara Spot Order, Apa yang Membuat Toyota Sienta 2023 Masih Dilirik?

@garasi.autofun Plus minus punya mobil dengan pintu geser #reviewmobil #mobilseken #reviewmobilbekas #bekasberkualitas #mobilbekas #tipsmobil ♬ piano funk(845813) - manomag

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Sienta 1.5 V MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil