window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Siapkan Mobil Listrik dengan Baterai Portable Mirip Motor

Herdi · 24 Okt, 2023 08:01

Honda Siapkan Mobil Listrik dengan Baterai Portable Mirip Motor 01

Perusahaan otomotif asal Jepang, Honda, memperkenalkan mobil purwarupa terbarunya yang disebut Honda MEV-Van Concept. 

Jika dilihat bentuknya Honda MEV-Van Concept ini mirip N-Van yang juga sedang diuji di Indonesia, namun mobil yang cocok untuk kendaraan komersial ini sudah disematkan teknologi full listrik. 

Melansir Carscoops, MEV-Van Concept tidak menggunakan baterai yang terpasang di lantai mobil seperti biasa, namun mengusung modul Honda Mobile Power Pack e yang dapat dilepas dari kendaraan untuk pengisian ulang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Honda N-BOX Resmi Dijual di Indonesia Via Importir Umum, Harganya Bikin CR-V Sedih

honda mev van concept

Pakai Honda Mobile Power Pack e

Artinya, baterai dari mobil listrik ini bisa pasang atau copot seperti jika dayanya sudah habis, sehingga mirip baterai sepeda motor yang di swap.

Nah, baterai yang ada pada MEV-Van ini dipasang di bawah lantai kabin, namun tetap mudah diakses, karena memiliki serangkaian lubang akses.

Karena untuk pengisian dianggap cukup mudah, maka MEV-Van tidak perlu dilengkapi dengan port pengisian daya, seperti mobil-mobil pada umumnya. 

Belum disebutkan lebih detail bagaimana spesifikasi mobil maupun baterai listriknya. Akan tetapi, kemungkinan jarak tempuhnya tidak jauh berbeda dengan N-Van full listrik yaitu 210 km. 

Baca juga: Honda N-ONE Bermodal Transmisi Manual, Jadi Pemenang “K CAR of the Year”

Pakai Baterai Swap Lebih Cepat daripada Ngecas

honda mev-van concept

Baterai ada di lantai belakang

Meski MEV-Van masih purwarupa, namun penggunaan baterai portabel ini dipercaya memudahkan saat pengisian daya sepanjang hari. 

Bagaimana tidak, penggunaan baterai swap ini membuat pemilik mobil nantinya tidak perlu mengisi daya semalaman suntuk seperti kendaraan listrik pada umumnya. 

Sebaliknya, jika baterai habis, maka cukup membuka di bagian bawah jok lalu menukar baterai yang sudah terisi penuh.

Seperti diketahui, MEV-Van Concept akan diuji, bekerja sama dengan perusahaan layanan pengiriman terbesar di Jepang, Yamato Transport. 

Baca juga: Honda N-BOX Unjuk Diri di Dreams Cafe Senayan, Begini Mobil Murahnya Orang Jepang

baterai honda mev van concept

Ada empat baterai yang digunakan sekali pakai

Karena menggunakan mobil listrik, Honda sendiri ingin produknya jadi solusi menuju masa depan netral karbon. 

Untuk uji coba mobil ini rencananya akan dilakukan pada November 2023 mendatang di Prefektur Gunma Jepang. 

Adapun pengujian ini untuk mengetahui bagaimana mobil listrik ini bekerja, sejauh mana jangkaunya, lama pengisian dayanya, hingga daya tahan baterai. 

Sebelum diuji coba Honda MEV-Van Concept ini akan dipamerkan di gelaran Japan Mobility Show 2023.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia