Begini Cara Kerja Sistem Hybrid Honda PCX e:HEV 2021, Bikin Akselerasi Lebih Cepat Juga Efisien

Sejumlah pabrikan motor saat ini telah menghadirkan teknologi hybrid untuk produk roda duanya. Padahal sebelumnya lebih banyak ditemukan pada kendaraan roda empat.

Hybrid sendiri merupakan istilah yang digunakan jika terdapat dua sumber penggerak pada satu kendaraan. Pada mobil misalnya, terdiri dari mesin bakar konvensional dan sebuah motor listrik.

Tapi cara kerja hybrid pada sepeda motor jauh berbeda, contohnya pada Honda PCX e:HEV 2021 yang dikenalkan pada awal tahun ini. Karena tugas utama teknolgi hybridnya untuk mendukung kinerja mesin bakar tanpa mengurangi efisiensi.

Hasilkan Torsi Instan

Seperti yang Anda ketahui, motor listrik memiliki torsi instan dan besar sejak posisi kendaraan diam. Hal inilah yang diterapkan pada Honda PCX e:HEV, yakni mendapatkan bantuan tenaga dan torsi saat dibutuhkan pengendara.

Caranya dengan memanfaatkan ACG (Alternator Current Generator) Starter sebagai motor assist, yang menjadi penghasil tenaga dan torsi tambahan. Tapi tugas sebagai motor assist ini juga didukung dua buah baterai.

Baca juga : Ingin Suspensi Honda PCX 160 Awet, Ini 5 Hal yang Wajib Anda Lakukan

Alur kerja sistem hybrid Honda PCX e:HEV.

Pertama baterai kecil atau aki untuk menyuplai arus listrik seperti lampu-lampu dan baterai lithium-ion untuk sistem hybrid-nya.Baterai lithium-ion tadi akan menggerakkan ACG Starter.

Nantinya motor assist mampu memberikan tambahan tenaga hingga 1,9 PS di 3.000 rpm dan torsi hingga 4,3 Nm di 3.000 rpm. Nah, tambahan tenaga dan torsi tadi disiapkan untuk membantu motor saat butuh berakselerasi seperti mendahului kendaraan lain di depannya.

Baca juga : Cegah Honda PCX 160 2021 dan Yamaha Nmax 155 2021 Jalan di Tempat, Cek Komponen Ini Secara Berkala

Caranya dengan melakukan snapping alias membuka gas mendadak. Snapping yang dilakukan pengendara akan memberikan sinyal, yang kemudian dikirim menuju PDU (Power Delivery Unit), yang langsung memberikan perintah kepada ACG Starter sebagai Motor Assist.

Indikator baterai motor assist ada di kanan atas.

Pengendara bisa melakukan snapping berkali-kali, tergantung dari kapasitas baterai. Jika baterai dalam kondisi penuh, maka snapping bis dilakukan hingga 25 kali.

Jumpei Omori, Large Project Leader, Honda Motor Co. Ltd dalam presentasi peluncuran Honda PCX e:HEV memberikan gambar perbedaan output mesin, antara versi biasa dengan versi e:HEV.

Baca juga : Bukan Cuma Honda PCX 160 2021, Ini Daftar Skutik Yang Sudah Pakai Keyless

Pada grafik yang ditampilkan, torsi Honda PCX e:HEV lebih besar pada putaran bawah sampai menengah. Artinya memang fitur motor assist berperan besar membantu akselerasi motor.

Bagasi lebih sempit karena terdapat ruang untuk baterai lithium.

Tapi tenaga dan torsi tambahan tadi bukan berarti akan berlangsung selama tuas gas dibuka ya, karena hanya akan berlangsung selama tiga detik. Jika kurang, pengendara bisa melakukan snapping kembali.

Kalau baterainya habis bagaimana? Tenang, jika baterai habis Anda tak perlu mengisi baterai dengan colokan listrik di rumah, karena baterai akan otomatis terdiri selama mesin hidup dinyalakan.

Baca juga : Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Performa Honda PCX e:HEV dan Honda PCX 160 2021

Tiga Mode Berkendara

Tombol pengaturan Mode ada di setang sebelah kiri.

Pengguna Honda PCX e:HEV 2021 juga bisa mengatur kinerja motor assist lewat tiga buah mode berkendara yang terdiri dari Drive, Sport dan Idle. Apa saja perbedaan ketiganya?

Pada mode Drive, motor assist akan bekerja dengan tetap menjaga efisiensi bahan bakar. Dalam artinya, dukungan ACG Starter tetap ada namun tak sampai pada kekuatan terbesarnya.

Baca juga : Honda PCX 160 2021 Andalkan Mesin eSP+, Apa Bedanya Dengan Mesin eSP Biasa?

Mode Sport motor assist akan memberikan output paling maksimal agar akselerasi motor lebih cepat. Dan mode Idle, kurang lebih sama dengan mode Drive, namun fitur Idling Stop System tidak aktif.

Mesin yang dipakai masih sama dengan Honda PCX 160 2021.

Kesimpulan

Dengan tambahan motor assist yang memanfaatkan ACG Starter tadi, Honda PCX e:HEV bisa lebih cepat dalam akselerasi. Tenaga dan torsi instan tadi akan mendukung kinerja mesin bakarnya.

Spesifikasi mesinnya sendiri sama dengan Honda PCX 160, yakni eSP+, 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan tenaga maksimal 16 PS pada 8.500 rpm serta torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Baca juga : Simak 5 Fakta Menarik Honda PCX di Indonesia, Berawal Dari Produk CBU Hingga Dirakit Lokal

Honda PCX e:HEV hanya tersedia satu warna saja.

Selain bisa mendapat dukungan daya tambahan, jika Anda menggunakan Honda PCX e:HEV maka efisiensi bahan bakarnya akan lebih baik. Dari hasil pengetesan internal tercatat angka 55,4 km/liter.

Namun dengan teknologi dan keunggulan yang ditawarkan, harga jualnya pun relatif lebih mahal dari versi reguler. Honda PCX e:HEV saat ini dijual Rp 43,65 juta otr Jakarta.

Baca juga : Bukan Sekadar Ada, Ini Pentingnya Kontrol Traksi di Honda PCX 160 dan Yamaha NMax

Spesifikasi Honda PCX e:HEV 2021
Dimensi
P x L x T 1.935 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.313 mm
Jarak Terendah 134 mm
Tinggi Jok 764 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat 135 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Tenaga Motor Assist 1,9 PS @ 3.000 rpm
Torsi Motor Assist 4,3 Nm @ 3.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Duplex steel cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda PCX
Lihat