Simak 5 Alasan Honda ADV150 2021 Layak Jadi Tunggangan Harian

Kehadiran skuter matik bertampang petualang semi dual purpose Honda X-ADV pada 2016 silam, sukses menyedot perhatian penggemar otomotif dunia, termasuk Indonesia. Namun dengan harga yang cukup tinggi dan statusnya sebagai 'moge' karena bermesin 750 cc, membuat hanya sedikit kalangan yang mampu membelinya.

Honda ADV150 punya tampang gagah seperti X-ADV

Tetapi PT Astra Honda Motor (AHM) melihat animo tersebut sebagai potensi menggarap pasar yang belum pernah ada. Yakni dengan menghadirkan skuter matik crossover semi dual purpose berbasis desain mirip X-ADV, namun memiliki mesin dari keluarga Vario 150 Series.

Baca juga : Honda ADV 150 2021, Si Skutik Maskulin Yang Siap Diajak Berpetualang

Untuk menjawab animo tersebut, akhirnya dirilislah Honda ADV150 yang meluncur perdana di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Dengan basis yang sama seperti Honda Vario 150 dan Honda PCX 150, harga motor ini juga menjadi terjangkau.

Memang, secara konsep Honda ADV150 bukanlah skuter matik crossover semi dual purpose pertama di Indonesia. Karena status tersebut sebelumnya sudah didapuk oleh Yamaha X-Ride. Namun dari volume mesin dan dimensi yang lebih kecil. Sehingga, kehadiran Honda ADV150 akan memiliki segmentasi konsumen yang berbeda dari Yamaha X-Ride.

Motor ini berkonsep skuter semi dual purpose

Saat itu, PT Astra Honda Motor (AHM) memberi harga Honda ADV150 mulai Rp 33 jutaan, sedangkan kini banderolnya Rp 35 jutaan. Untuk membuka segmen baru ini Honda ADV150 menawarkan sederet hal segar untuk konsumennya. Apa saja?

Desain Unik Berbeda

Seperti disebut sebelumnya, secara tampilan Honda ADV150 benar-benar merupakan versi mini dari skuter matik semi dual purpose Honda X-ADV. Hal ini dapat dilihat dari hadirnya tampang gagah dengan sepasang headlamp LED bersudut tajam dengan sokongan garis DRL tegas.

Baca juga : Diskon Awal Tahun Skutik Honda, Honda ADV 150 Kena Potongan Rp 2,6 Juta!

Sementara lekuk bodinya pun masih mengikuti desain Honda X-ADV yang memiliki panel bodi kompleks. Tampilan gagahnya pun disokong dengan hadirnya suspensi besar dan ban tipe semi dual purpose. Selain itu, terdapat two step adjustable windscreen yang diklaim tersemat pertama kalinya di skutik kelas 150cc.

Cocok untuk harian dan perjalanan jauh

Honda ADV150 dilengkapi sistem full digital panel meter yang memiliki layar besar dan berkesan tangguh dapat menampilkan berbagai informasi antara lain indikator aki, indikator suhu luar, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar aktual, indikator penggantian oli mesin, jam, tanggal, Trip A & B.

Pada akhir tahun lalu, PT AHM menyegarkan tampilan Honda ADV150 dengan menawarkan dua pilihan warna matte terbaru pada tipe ABS. Diantaranya Tough White Gold yang didominasi warna putih, lalu Tough Matte Black Gold yang menghadirkan aura tangguh pada dominasi warna hitam.

Baca juga : Menggoda Untuk Dimiliki, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda ADV 150 2021

Selain itu, disematkan emblem 3D serta velg berwarna gold yang menghadirkan kombinasi kesan mewah dan tangguh. Hadirnya dua pilihan warna baru ini sekaligus melengkapi warna Advance Red yang juga mendapatkan tambahan emblem 3D.

Sedangkan untuk tipe CBS, warna terbaru Advance White Black hadir dengan dominasi warna putih yang dikombinasikan dengan desain stripe terbaru pada body serta penyematan emblem 3D. Pilihan warna terbaru ini hadir melengkapi tiga varian warna terdahulu yaitu Matte Black, Tough Red, dan Matte Brown.

Bisa Diajak Blusukan

Dari bermacam keunikan dan keunggulan yang dihadirkan pada Honda ADV150 adalah kemampuannya untuk melintasi bermacam kondisi jalan. Ini didukung ground clearancenya yang terbilang tinggi di kelasnya, yakni 165 mm.

Ground clearance tinggi

Dimensi panjang x lebar x tinggi yang berukuran 1.950 x 763 x 1.153 mm juga masih terbilang kompak diajak berkendara di dalam kota selap-selip di kemacetan. Pengendara tak perlu jinjit dari motor saat macet, karena tinggi joknya yang 795 mm masih cocok untuk pengguna dengan tinggi 170 cm.

Untuk kebutuhan perjalanan jauh atau trek semi offroad diakomodasi dengan penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang). Untuk sektor suspensi, terdapat tipe twin subtank di belakang untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan yang optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan.

Baca juga : Honda ADV 150 Bekas Sepi di Pasaran, Semenarik Apa Ia Dipertahankan Sang pemilik?

Mesin Bertenaga

Honda ADV150 didukung mesin 150cc, berpendingin cairan, eSP (enhanced Smart Power) yang menghadirkan performa responsif dengan sistem pengabut bahan bakar injeksi PGM-FI. Mesin bertipe 4-tak SOHC ini dilengkapi dengan teknologi Idling Stop System yang membuatnya makin irit.

Mesin masih berbasis Vario 150

Secara detail, mesin Honda ADV150 mengusung karakter square yang berbasis Vario 150. Mesin tersebut memiliki ukuran diameter x langkah 57,3 x 57,9 mm dan kompresi 10,8:1. Tenaganya mencapai 14,5 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm per 6.500 rpm.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40 EURO 3, konsumsi bahan bakar model ini menunjukkan angka 46,6 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hingga 373 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Baca juga : Bukan Cuma Honda PCX 160 2021, Ini Daftar Skutik Yang Sudah Pakai Keyless

Berlimpah Fitur Fungsional

Tampil tanpa kompetitor tidak membuat Honda ADV150 pelit fitur. Bahkan bisa disebut melimpah dari sisi fungsi dan tampilannya. Mulai dari lampu depan telah menggunakan LED dan dilengkapi sistem Daytime Running Light (DRL) yang modern. Lalu adanya fitur two step adjustable windscreen yang ketinggiannya dapat disesuaikan dalam dua tingkat dengan pengoperasian yang mudah.

Windshield adjustable pertama di kelasnya

Dari sisi fungsionalitas Honda ADV150 memiliki ruang penyimpanan sebesar 28 liter yang luas dan banyak menyimpan barang. Ada pula Honda Smart Key dan alarm system. Serta power charger pada console box depan dan jok berdesain lebih tinggi di bagian belakang yang akan menunjang kenyamanan dalam berkendara.

Fitur lainnya seperti ESS (Emergency Stop Signal) pada tipe ABS. Di mana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. ACG starter melengkapi kemampuan Honda ADV150 agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Baca juga : Walaupun Mahal, Ini 5 Alasan Honda ADV 150 2021 Layak Dibeli ketimbang Honda PCX 160 2021

Dukungan Aftersales Kuat

Seperti diketahui, jaringan sales, servis dan aftersales Honda merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Karena itu, jaminan akan perawatan setelah pembeliannya pun makin mudah.

Diluar itu, karena basisnya sama dengan Vario Series, perawatan mesinnya pun terbilang mudah, karena banyak bengkel yang sudah paham akan permasalahannya.

Kesimpulan

Secara garis besar, Honda ADV150 merupakan pilihan skutik yang bukan pasaran. Modelnya bergaya adventure dan saat ini tak memiliki kompetitor yang head to head dengannya.

Hanya saja harga jualnya memang relatif mahal diantara skutik 150-160 cc Honda. Kini harga jualnya mulai dari Rp 35,186 juta untuk varian CBS dan Rp 38,251 juta untuk varian ABS.

Spesifikasi Honda ADV 150 2021
Dimensi
P x L x T 1.950 x 763 x 1.153 mm
Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 795 mm
Kapasitas Tangki 8 liter
Berat Isi 132 kg (CBS) 133 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 150 cc
Diameter x Langkah 57,3 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 10,8 : 1
Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Transmisi Otomatis CVT
Tenaga Maksimal 14,5 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,8 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 150
Lihat