Segmen motor bebek memang sudah jauh mengecil, tapi penjualan motor bebek super dengan kapasitas mesin 150 cc masih cukup menggiurkan. Salah satu pemainnya adalah Honda Supra GTR 150 yang dikenalkan pada tahun 2016 lalu.
Kala itu motor ini diset sebagai motor bebek petualang. Peluncurannya dilakukan di alam terbuka di wilayah Bogor. Namun model facelift-nya yang dirilis tahun 2019, justru dibuat bernuansa sporty.
Ketimbang dikemas sebagai motor bebek adventure, tentu motor ini lebih cocok sebagai motor bebek sport. Dengan desain yang dibawanya, performa mesinnya dan juga fitur-fiturnya, lebih cocok ketimbang motor adventure.
Baca juga : Berapa Kira-kira Harga Motor Bekas dan Baru Honda Supra GTR 150?
Bicara performa, Honda Supra GTR 150 menggunakan basis mesin yang sama dengan milik Honda Sonic 150R, Honda CBR150R dan Honda CB150R Streetfire. Tentunya ini bukanlah sebuah mesin yang asing buat kalian.
Spesifikasinya 4-tak, DOHC 4 katup pendingin cairan, dengan kapasitas mesin murni 149,16 cc. Ini berkat penggunaan piston ukuran 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm.
Output yang mampu dihasilkan mencapai 16,3 PS pada putaran mesn 9.000 rpm. Lalu torsi maksimal yang bisa dicapai menyentuh 14,2 Nm saat putaran mesin 6.500 rpm yang disalurkan lewat transmisi manual 6 speed.
Jantung pacu ini pun minim gesekan berkat hadirnya roller rocker arm. Suplai bahan bakar sendiri sudah injeksi PGM-FI dengan mengandalkan throttle body ukuran 30 mm dengan injector 8 lubang.
Baca juga : Rajanya Bebek, Honda Supra GTR 150 Kini Makin Agresif, Bikin Lawan Sulit Menyalip?
Mesin ini punya karakter yang kuat dan responsif pada putaran bawah. Klaim pabrikan, akselerasi 0-200 meter hanya butuh 10,7 detik dengan top speed 122 km/jam. Salah satunya berkat penggunaan final gear ringan ukuran 15-44.
Dengan karakter seperti ini motor akan terasa gesit dan lincah untuk digunakan di jalanan perkotaan yang cenderung padat dan stop & go. Hadirnya kopling manual menambah leluasa untuk mengontrol kinerja mesinnya.
Nah dengan karakter mesin tersebut, pengendara akan cenderung minim buka gas terlalu besar. Karena putar tuas gas sedikit, motor sudah bisa melaju dengan cepat.
Baca juga : Yamaha MX King 150 Edisi 60th World GP Hadir di Indonesia, Harga Beda Tipis!
Hal inilah yang turut membantu efisiensi bahan bakar dari motor ini. Saat peluncuran bulan Mei 2016 lalu, PT Astra Honda Motor mengklaim jika konsumsi bahan bakarnya bisa lebih dari 40 km/liter.
Dari hasil pengetesan internal, untuk pengetesan dengan standar Euro2 didapatkan hasil 47,41 km/liter. Kemudian untuk metode pengetesan dengan standar Euro3 bisa mencapai 42,2 km/liter.
Tahun 2019 lalu sejatinya motor ini punya model baru yang jauh lebih agresif dan unik, dengan nama Honda Winner X yang dikenalkan di Vietnam. Sayangnya AHM lebih memilih untuk melakukan facelift.
Baca juga : Kerennya Yamaha MX King 155 2022 Andalkan Livery Legendaris, Indonesia Harap Sabar
Padahal model terbarunya di Vietnam banyak diidam-idamkan penggemar motor tanah air. Selain desainnya yang lebih kental aura sporty, juga fiturnya jauh lebih mewah.
Mungkin pertimbangan pasar motor bebek Tanah Air yang tak terlalu besar, maka facelift sudah dirasa cukup. Berbeda dengan negara tetangga tersebut, yang penjualan motor bebeknya masih moncer.
Baca juga : Benelli R18i 2021, Bebek Super Ini Dijamin bikin Ciut Yamaha MX King!
Spesifikasi Honda Supra GTR 150 2022 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 4-Langkah, DOHC, 4 Katup | |
Kapasitas Mesin | 149,16 cc | |
Sistem Suplai Bahan Bakar | PGM-FI | |
Diameter X | 57,3 x 57,8 mm | |
Tipe Tranmisi | Manual, 6 Kecepatan | |
Rasio Kompresi | 11,3:1 | |
Daya Maksimum | 12,0 kW (16,3 PS) / 9.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 14,2 Nm (1,45 kgf.m) / 6.500 rpm | |
Tipe Starter | Elektric & Kick Starter | |
Pola Perpindahan Gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | |
Tipe Rangka | Twin Tube Steel | |
Tipe Kopling | Wet Multiplate with Coil Springs | |
Sistem Pendingin Mesin | Liquid Cooled with Auto Fan | |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik | |
Ukuran Ban Depan | 90/80-17 46P (Tubeless) | |
Rem Depan | Cakram Hidrolik | |
Rem Belakang | Cakram Hidrolik | |
Panjang X Lebar X Tinggi | 2.025 x 705 x 1.105 mm | |
Curb Weight | 119 kg | |
Jarak Sumbu Roda | 1.284 mm | |
Radius Putar | 1.900 mm | |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 4.5 Liter | |
Kapasitas Minyak Pelumas | 1,1 Liter (Penggantian Periodik) | |
Tipe Baterai Atau Aki | MF 12V - 5.0 Ah | |
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |