Honda CB150X 2022 adalah motor petualang entry level pertama di Indonesia. Tampilannya mewarisi kakaknya, Honda CB500X yang terlebih dulu hadir. PT Astra Honda Motor (AHM) merilisnya pada November lalu, dan pengiriman unitnya dilakukan pada bulan depan.
Sebelum diserahkan ke konsumen, pabrikan mengadakan sesi first ride di arena safety riding AHM di kawasan Greenland International Industrial Center (GICC) Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Ini merupakan fasilitas safety riding dan training center terbesar Honda di kawasan Asia Tenggara.
Baca Juga: Selain Harga, Ini Daftar Perbedaan Honda CB150X 2022 dan Honda CB150R Streetfire 2022
Arena ini berdiri di atas lahan seluas 8,5 hektar dan mampu menampung 15 ribu orang berlatih di sana setiap tahunnya. Area test ridenya terdiri dari berbagai macam jalan aspal yang bisa diatur keloknya, jalan menanjak-menurun, rekayasa jalan seperti di Indonesia, hingga lintasan off road.
Khusus ketika menjajal Honda CB150X, pengetesan dilakukan di jalan aspal, dengan lintasan yang diset lurusan panjang, menikung panjang, hingga kelokan S kecil untuk mencoba handling si motor. Pengujian juga melintasi jalan tanjakan serta rekayasa polisi tidur guna merasakan bantingan suspensinya.
Motor baru Honda CB150X terdiri dari dua trim: reguler dan special edition. Yang pertama disebutkan harganya Rp 32,950 juta dan satunya lagi Rp 33,450 juta. Perbedaannya ada pada penyematan warna windshield, cover crankcase, dan pelek berupa kelir coklat untuk edisi spesial.
Tertarik memilikinya? Sebelum beli, berikut ini kami sajikan beberapa potret Honda CB150X saat menari indah di lintasan safety riding Honda.
Baca Juga: FAQ : Honda CB150X 2022, Bikin Konsumen Naked Bike 150 Cc Pindah Haluan?
Spesifikasi Honda CB150X 2022 | |||
---|---|---|---|
DIMENSI | |||
Dimensi (P x L x T) | 2.031 x 796 x 1.309 mm | ||
Jarak sumbu Roda | 1.315 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 181 mm | ||
Ketinggian tempat duduk | 817 mm | ||
Berat kosong | 139 kg | ||
RANGKA | |||
Rangka | Diamond Type, Steel | ||
Suspensi depan | Upside down, SFF-BP | ||
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) | ||
Ukuran Ban depan | 100/80 – 17 52P (Tubeless) | ||
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | ||
Rem depan | Cakram Hidrolik | ||
Rem belakang | Cakram Hidrolik | ||
MESIN | |||
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | ||
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | ||
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | ||
Sistem pendingin mesin | Liquid Cooled with Auto fan | ||
Diameter x langkah | 57.3x 57.8 mm | ||
Kapasitas Mesin | 149.16 cc | ||
Perbandingan kompresi | 11.3 : 1 | ||
Daya maksimum | 15,6 PS @ 9.000 rpm | ||
Torsi maksimum | 13,8 Nm @ 7.000 rpm | ||
Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring | ||
Sistem pelumasan | Wet | ||
Starter | Elektrik | ||
KAPASITAS | |||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter | ||
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | ||
Pelumas Mesin | 1.1 liter | ||
KELISTRIKAN | |||
Tipe Baterai | MF Wet 12V 5Ah | ||
Sistem pengapian | Full transisterized | ||
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |