Aprilia Tuareg 660 Lengkapi Jajaran Moge Touring Medium Di Indonesia, Siapa Lawannya?

Aprilia Tuareg 660 2023
  • Melengkapi line up moge medium untuk turing
  • Pesainnya mulai CB500X hingaa Norden 901

PT Piaggio Indonesia (PID) menunjukan keseriusannya di kelas moge premium, tepatnya pada merek Aprilia. Karena merek ini tercatat sudah beberapa kali meluncurkan produk baru.

Mulai dari Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660 kemudian dilanjutkan dengan bermain di segmen adventure dengan meluncurkan Aprilia Tuareg 660. Motor adventure dengan konsep ramping dan ringan ini dibanderol Rp 656 juta on the road Jakarta.

Di Indonesia sendiri tercatat sudah ada beberapa moge adventure di kelas medium yang tentunya menjadi lawan Aprilia Tuareg 660. Berikut beberapa daftar pesaingnya yang telah lebih dulu ada di Indonesia.

Honda CB500X

Kelas medium dimulai dari Honda CB500X dan ini juga jadi yang paling terjangkau. Menelisik dari website Astra Honda, motor ini punya harga jual Rp 199,838 juta dengan 3 pilihan warna.

Honda CB500X 2023 jadi yang paling terjangkau

Baca juga: Perbandingan Mesin Aprilia Tuareg 660 dengan RS 660 dan Tuono 660, Spek Sama Tenaga Beda

Di generasi kedua ini, sudah dibekali dengan lingkar pelek 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Selain itu juga sudah menggunakan suspensi depan upside down dengan cakram depan ganda.

Sayangnya pelek orisinal Honda CB500X masih menggunakan cast wheel yang kurang cocok dengan konsep adventure di mana umumnya pakai pelek spoke wheel atau pelek jari-jari.

Fitur-fiturnya cukup modern karena lampu-lampunya sudah full LED. Mulai dari lampu utama, lampu sein, dan lampu rem. Tidak ketinggalan spidometernya sudah full digital dengan layar negative display.

Jantung penggeraknya menggunakan mesin 471 cc, 4 tak, DOHC, 2 silinder segaris, berpendingin cairan. Klaim tenaga maksimalnya 49,6 ps pada 8.500 rpm dan torsi 44,6 Nm di 6.500 rpm.

Baca juga: Kupas Detail Aprilia Tuareg 660 2023, Letak ECU Unik hingga Tangki Ramping 18 Liter

Kawasaki Versys 650

Berikutnya ada Versys 650 yang merupakan sport adventure jagoan Kawasaki di kelas 650 cc. Melihat dari website Kawasaki Motor Indonesia, motor ini dibanderol Rp 211,500 juta on the road Jakarta.

Punya desain khas Versys family

Di model 2022 ini Kawasaki Versys 650 mendapatkan desain Versys family, sama seperti yang digunakan pada kakak-kakaknya. Paling khas tentu saja penggunaan lampu utama sipit dengan reflektor kanan dan kiri yang terpisah.

Motor ini juga khas akan posisi monoshock yang tidak di tengah, posisinya  justru ada di sisi kanan rangka sehingga lebih terekspos. Seluruh lampu nya sudah menggunakan LED sehingga tampil lebih modern.

Spidometer yang digunakan suday digital TFT colour display dan bisa terkoneksi dengan smartphone. Windshield Versys 650 2022 juga bisa diatur ketinggiannya dalam 4 tingkat.

Baca juga: Kulik Istimewanya Aprilia Tuareg 2023, Moge Adventure Bergaya Reli Dakar

Untuk menjaga roda belakang agar tidak tergelincir saat berakselerasi, disematkan KTRC alias Kawasaki Traction Control. Fitur lain tentu saja ada ABS di kedua rodanya.

Mesinnya menggunakan mesin 649 cc 4 tak, 2 silinder segaris, DOHC 8 katup, pendingin cairan. Mesin ini punya klaim tenaga puncak 67 ps pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 61 Nm di 7.000 rpm.

KTM 790 Adventure

Pesain berikutnya hadir dari merek asal Austria, yaitu KTM dengan model 790 Adventure. Model ini jadi yang paling unik, karena punya desain yang agak sulit diterima terutama di sisi depan.

Dibekali desain lampu utama yang unik

Ini karena KTM 790 Adventure punya desain depan yang seperti binatang congcorang. Itu terlihat pada desain lampu utamanya yang mirip seperti wajah serangga satu itu, modelnya gepeng dan terpisah dengan bodi utama.

Baca juga: Jadi Moge Adventure Baru di Indonesia, Ini 5 Daya Tarik Aprilia Tuareg 2023

Yang juga unik dari motor ini adalah tangki bensin berkapasitas 20 liternya punya desain memeluk mesin, ini menghasilkan sisi atas tangki bensin yang lebih rata namun sedikit kembung di sisi kanan dan kiri.

Fiturnya sudah pakai LED di seluruh lampu, spidometer digital yang bisa terkoneksi smartphone, WP suspension fully adjustable untuk tipe R, MTC (Motorcycle Traction Control), ABS, ride mode, dan PASC (Power Assist Clutch), dan masih banyak lagi.

Mesinnya 2 silinder segaris 799 cc, DOHC 8 katup, pendingin cairan dan oli. Yang unik adalah penggunaan crankshaft 75° membuat suara yang dihasilkan mesin ini seperti mesin V-Twin.

Hasilnya punya klaim tenaga maksimal 93,8 ps dan torsi puncak 88 Nm dengan karakter tenaga yang kuat sejak putaran rendah. Motor ini dibanderol Rp 370 jutaan untuk KTM 790 Adventure dan Rp 400 jutaan untuk KTM 790 Adventure R.

BMW F 750 GS

Lalu ada salah satu keluarga GS yang bermain di kelas ini, yaitu BMW F 750 GS yang punya desain cukup unik. Itu karena windshield terasa terlalu pendek untuk sebuah tunggangan turing.

Windshield yang pendek membuatnya cukup aneh

Dengan begitu membuat tampilan depannya terlalu ramping. Meski begitu desain lampu utama dengan DRL Y-Shape khas GS rasanya bisa sedikit memaafkan sisi ini.

Baca juga: Aprilia RSV4 XTrenta Cuma Ada 100 Unit, Turunan MotoGP Seharga Rp 700 Jutaan!

Sektor kaki depan terasa kurang mewah karena masih menggunakan model teleskopik dengan kaliper axial ganda Brembo 2 piston pada masing-masing sisi. Yang khas dan menjadi ciri dari GS ada pada teknologinya.

Spidometernya 6,5 inci TFT display yang tampil lebar dan seperti frameless, belum lagi terdapat opening dan closing pada spidometer yang membuatnya tampil kian premium.

Kemudian ada Dynamic ESA pada suspensi belakang yang bisa menyesuaikan karakter sesuai dengan bobot serta beban yang ditopang. Berikutnya ada ABS Pro dan DTC (Dynamic Traction Control) untuk menjaga pengendaranya dari kondisi jalan minim traksi.

Yang unik justru pada mesinnya, karena meski bernama F 750 GS tapi motor ini menggunakan basic mesin milik F 850 GS namun dengan beberapa perbedaan sehingga membuat klaim tenaga dan torsinya lebih rendah.

Baca juga: Intip Cicilan Moge Aprilia dan Moto Guzzi, Ada Cashback 25% cuma Bulan Ini

Klaim tenaga puncaknya hanya 76,4 ps di 7.500 rpm dan torsi 83 Nm pada 6.000 rpm. Spesifikasinya 853 cc, 2 silinder segaris, DOHC 8 katup, pendingin cairan, dengan dry sump lubricant.

Bicara harga, BMW F 750 GS dibanderol di atas Rp 550 jutaan dan masih berstatus off the road.

Husqvarna Norden 901

Yang terakhir dan juga yang baru saja resmi diluncurkan di Indonesia ada Husqvarna Norden 901. Desain yang disuguhkan motor ini cukup unik karena ada sisi klasik yang disuguhkan.

Dibumbui dengan desain bodi klasik

Seperti pada penggunaan lampu utama membulat dan desain bodi kotak. Meski begitu terbukti motor yang hanya masuk 10 unit di Indonesia ini langsung ludes terjual, padahal banderolnya berkisar di angka Rp 500 jutaan.

Baca juga: Ternyata Beli Aprilia SR GT 200 2022 Gak Perlu Pikirin Biaya Servis Lagi, Kok Bisa?

Meski begitu, sektor kaki-kakinya tampil gagah dan siap diajak melahap jalur off road. Suspensi depan pakai upside down dari WP Apex dengan diameter as 43 mm yang punya panjang jarak main 220 mm.

Sedangkan yang belakang pakai monoshock WP Apex dengan panjang jarang main 215 mm. Kedua suspensinya bisa diatur agar sesuai dengan karakter pengendaranya seperti compression, rebound, dan spring preload.

Spidometer TFT Display milik Norden 901 juga canggih, salah satunya karena bisa terkoneksi dengan smartphone. Dengan begitu pengendara bisa memanfaatkan fitur penunjuk arah turn-by-turn dengan tampilan yang mudah dilihat.

Jantung penggeraknya menggunakan mesin 889 cc 2 silinder segaris, DOHC, pendingin udara, dan dibekali balancer untuk menghilangkan vibrasi. Klaim tenaga maksimalnya 103,2 ps pada 8.000 rpm dengan torsi 100 Nm di 6.500 rpm.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Aprilia Tuareg 660
Lihat