Selisih Rp 50,1 Juta, Sejauh Apa Beda Honda CBR250RR SP QS VS Kawasaki Ninja ZX-25RR?

Dua tipe tertinggi CBR250RR Series dan Ninja ZX-25RR
  • Selisih tenaga mesinnya hanya 9 PS.
  • Fitur Kawasaki Ninja ZX-25RR lebih komplet.

Meski pasar motor sport Tanah Air terbilang sempit, namun bukan berarti pengembangan produknya stagnan seperti motor bebek. Bahkan dua pabrikan merilis motor jenis sport fairing 250 cc di waktu yang hampir bersamaan.

Keduanya adalah Honda CBR250RR 2023 dari PT Astra Honda Motor yang dirilis bulan September lalu. Serta Kawasaki Ninja ZX-25RR 2023 andalan PT Kawasaki Motor Indonesia yang mengaspal awal Oktober ini.

Hona CBR250RR tawarkan tenaga 42 PS.

Meski punya sederet perbedaan signifikan, seperti harga jual dan jumlah silinder di mesin. Namun secara tampilan desain dan volume mesin, keduanya mengisi segmen motor 250 cc full fairing. Sehingga masih bisa dikomparasi.

Kali ini yang Autofun ambil adalah dua tipe tertinggi dari tiap model. Diantaranya Honda CBR250RR SP-QS dengan varian warna Honda Tricolor dan Honda Red Racing yang dibanderol Rp 79,8 juta. Serta Kawasaki Ninja ZX-25RR seharga Rp 129,9 juta.

Sejauh apa perbedaan kedua motor yang punya selisih harga hingga Rp 50,1 juta? Yuk, kita kulik.

Baca Juga: Performa Honda CBR250RR 2023 Varian SP QS Semakin Melesat, Ternyata Ini Rahasia

Komparasi Spesifikasi Mesin

Seperti diketahui, mesin Honda CBR250RR SP-QS punya konfigurasi 2-silinder segaris bervolume bersih 249 cc. Detailnya, mesin tersebut berpendingin cair, DOHC dengan 8-katup dan transmisi manual 6-speed.

Dengan sederet ubahan yang dilakukan oleh AHM di model anyar ini, Honda CBR250RR SP-QS sanggup menghela daya hingga 42 PS di 13.000 rpm dengan torsi 25 Nm per 11.000 rpm. Angka tersebut naik 1 PS dibanding model sebelumnya.

Sementara Kawasaki Ninja ZX-25RR yang hanya ditawarkan dengan grafis livery Kawasaki Racing Team di ajang World SBK tentu lebih bertenaga. Bisa dilirik dari spesifikasi mesinnya yang bervolume bersih 249,8 cc 4-silinder segaris. 

Detailnya, DOHC 16 valve, injeksi, dan pendingin cairan. Mesin ini punya klaim tenaga maksimal 51 PS pada 15.500 rpm dengan ram air dan torsi 22,9 Nm di 14.500 rpm. Tenaga mesin disalurkan lewat transmisi manual 6-speed. 

Kawasaki Ninja ZX-25RR.

Tak ketinggalan, kompresi kedua motor terbilang padat, yakni 12,5:1. Ini artinya bensin yang dapat ditenggak keduanya minimal beroktan 92 atau lebih agar tenaga yang dihasilkan makin optimal.

Baca Juga: Beda Warna Beda Harga, Cek Banderol Honda CBR250RR 2023 Dibanding Kompetitor

Fitur Bersaing

Meski punya selisih hingga Rp 50,1 juta namun ditengok dari fitur yang tertanam pada kedua motor, perbedaannya tidaklah signifikan. Karena Honda CBR250RR SP-QS dan Kawasaki Ninja ZX-25RR sama-sama menawarkan fitur yang komplet.

Honda CBR250RR SP-QS dibekali fitur Assist & Slipper Clutch yang disandingkan dengan Quick Shifter untuk memperhalus perpindahan gigi. Lalu ada Throttle by Wire dengan 3 Riding Mode. 

Punya riding mode dan quick shifter

Kaki-kaki dikawal suspensi tipe upside down SFF-BP di bagian depan dengan kombinasi monosok di belakang. Serta adanya rem dengan sistem ABS. Sedangkan spidometernya full digital dengan bermacam informasi.

Untuk Kawasaki Ninja ZX-25RR, ada pula Assist & Slipper Clutch yang dikombinasikan dengan Kawasaki Quick Shifter. Lalu ada Power Modes yang serupa dengan Riding Mode di Honda.

Tak ketinggalan, ada Kawasaki Traction Control dan Smartphone Connectivity sebagai pelengkapnya. Panel spidometer full digital dengan tampilan moge pun jadi andalan di Kawasaki Ninja ZX-25RR.

Oiya, bagian kaki-kakinya tetap mengusung model up side down di depan serta monosok Showa SFF-BP ala moge Ninja ZX-10R dengan setelan yang lengkap. Peranti rem ABS juga sudah menjadi standarnya.

Ternyata, banyak juga bedanya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR250RR
Lihat