Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 Sport 250 Paling Fenomenal, Simak Detail Motor Ini Lebih Jauh

Sejak akhir tahun 2019 sampai awal 2020, Kawasaki Ninja ZX-25R menjadi perhatian publik karena motor sport 250 cc dengan mesin empat silinder dibangkitkan kembali. Mereka yang penasaran sampai tak sabar untuk memilikinya.

Tak heran sesudah diluncurkan, motor ini langsung jadi buruan untuk dimiliki dan dimodifikasi. Bahkan harga barunya sempat dimainkan hingga melambung jauh dari harga aslinya yang diangka Rp 96 juta dan Rp 112,9 juta.

Sebagai produk yang telah disuntik mati cukup lama dan dibangkitkan kembali, Kawasaki Heavy Industries sebagai induk perusahaan tak mau tanggung, semuanya dibuat dengan maksimal dan totalitas.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021.

Ya secara tampilan tentunya berbeda jauh dengan ZX-25R lawas yang punya bodi cenderung membulat dan gemuk. Model terbaru ini tampil lebih sporty dan agresif, serta menggunakan bahasa desain keluarga Ninja terbaru.

Jika Anda tak asing dengan Kawasaki Ninja 250 model terbaru, sepintas sosok Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 ini terlihat sama. Tapi kalau diperhatikan ada beberapa perbedaan detail.

Yang paling mencuri perhatian apalagi kalau bukan mesin berkubikasi 249,8 cc, iinline four, DOHC 16 katup dengan asupan injeksi bahan bakar. Lengkingan mesinnya pada putaran tinggi sangat memanjakan telinga.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 ditawarkan dengan dua varian, yakni Ninja ZX-25R Standar yang dijual Rp 96 juta dengan satu pilihan warna saja yakni hitam. Lalu Ninja ZX-25R ABS SE yang dilepas Rp 112,9 juta dengan tiga pilihan warna, yakni hijau, hitam dan biru. Harga tercantum on the road Jakarta.

Kawasaki Ninja ZX-25R Standard 2021.

Detail Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Secara dimensi motor ini termasuk ramah karena Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 berpostur 1.980 x 750 x 1.110 mm (PxLxT), dengan sumbu roda 1.380 mm. Posisi duduk rendah karena tinggi jok hanya 785 mm, dan ground clearance 125 mm saja.

Jika sempat disebutkan desainnya mirip Kawasaki Ninja 250 memang ada benarnya, namun dengan perbedaan detail. Misal lekuk bodi depan di bawah lampu, terdapat sirip yang akrab disebut winglet.

Kemudian adanya ram air di atas lampu utama. Lampu utama sendiri persis dengan Kawasaki Ninja 250, Kawasaki Versys 1000 atau Kawasaki Ninja ZX-6R dan sudah LED pastinya.

Fascia depan Kawasaki Ninja ZX-25R 2021.

Jika menilik fairing, terlihat lebih gemuk dan memiliki banyak lubang-lubang angin untuk melepas hawa panas mesin. Sementara menilik bodi belakang dan lampunya, punya bentuk yang mirip dengan Kawasaki Ninja 250 yang nampak sporty.

Untuk spesifikasi mesin, kedua varian tak ada perbedaan yakni 250 cc, inline four, DOHC 16 katup pendingin udara, yang mengandalkan piston 50 mm dan langkah piston 31,8 mm. Tenaga optimal mencapai 49,5 Hp @ 15.500 rpm yang bisa membesar sampai 50,2 Hp @ 15.500 rpm saat ram air aktif. Torsinya sendiri diangka 22,9 Nm @ 14.500 rpm.

Komponen kaki-kaki terlihat mahal, dengan suspensi tipe upside down di depan, kaliper radial empat piston mengawal cakram semi floating. Peleknya punya lebar 3,5 " x 17 berbungkus ban 110/70-17.

Lantas komponen kaki-kaki belakang menggunakan suspensi tunggal yang disebut dengan horizontal back-link. Rem belakang pakai cakram dengan kaliper satu piston, lantas pelek lebar 4" x 17 yang dilapis ban ukuran 150/60-17.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 Standard hanya warna hitam.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 Standar : Rp 96 Juta

Dengan harga nyaris Rp 100 juta, varian termurah ini sudah memiliki fitur yang lumayan lengkap. Misalnya Kawasaki Traction Control (KTRC) yang punya tiga opsi dan juga bisa dinonaktifkan, fitur ini untuk mencegah roda belakang selip di jalan basah atau licin.

Kemudian ada Power Mode, dengan dua pilihan yakni Full dan Low. Bedanya saat pakai Full, tenaga akan keluar 100 persen, namun saat pakai Low tenaga mesin dibatasi otomatis hanya 65 persen saja, dan respon mesin akan menjadi lebih smooth.

Semuanya terhubung dengan teknologi Ride by Wire, proses buka-tutup tuas gas dibaca oleh sensor, bukan lagi tali baja. Jangan lupa indikator ECO Riding, yang akan menyala saat berkendara dalam kondisi paling hemat.

Pada sektor mesin juga ketambahan fitur assist & slipper clutch, yang bisa mencegah roda belakang terkunci saat melakukan penurunan gigi transmisi secara cepat.

Panel instrumen Kawasaki Ninja ZX-25R 2021.

Panel instrumen sendiri sudah paduan digital-analog, dengan bentuk yang sama persis dengan produk terbaru Kawasaki lainnya. Komponen analog hanya digunakan untuk penunjuk putaran mesin atau takometer, yang memanfaatkan jarum.

Sedangkan pada layar LCD kecil, berisikan informasi posisi gigi transmisi dan jam digital. Tepat di atasnya terdapat indikator peringatan perpindahan gigi transmisi, atau biasa disebut dengan shift light.

Pada layar LCD berukuran agak besar, informasinya lebih lengkap yakni fuel meter, temperatur mesin, odometer, trip meter 1-2, indikator KTRC, suhu mesin, serta suhu udara pada intake, konsumsi BBM rata-rata dan aktual, serta indikator lampu check engine serta gigi netral.

Untuk mengganti-ganti informasi pada layar panel instrumen, bisa dengan menggunakan tombol fisik dengan panel instrumen atau menggunakan tombol pada setang sebelah kiri. Jadi punya dua pilihan. Jangan lupakan kunci sudah immobilizer.

Perbedaan fisik paling mencolok dari varian termurah ini, warna yang tersedia hanya hitam polos. Selain bodi, pelek dan suspensi depan semuanya berlabur warna yang sama.

Pilihan warna Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 ABS SE.

Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE : Rp 112,9 Juta

Varian termahal tentu punya fitur yang lebih lengkap dari varian di bawahnya. Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE memiliki semua fitur yang terdapat pada varian Standar, ditambah dengan Kawasaki Quick Shifter (KQS) untuk menaikkan gigi dan menurunkan gigi, tanpa perlu menarik handel kopling.

Lalu ada rem dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System) yang diikuti indikator ABS pada layar panel instrumen. Jangan lupa, juga ada perbedaan dari segi fisik, seperti adanya aksesoris yang langsung terpasang, seperti frame slider dan windshield warna gelap.

Serta tentunya opsi warna yang lebih banyak, yakni hijau ala livery Kawasaki Racing Team, biru hitam yang tampil sporty serta hitam berpadu putih dan merah yang menarik perhatian.

Dimensi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021
Dimensi  1.980 x 750 x 1.110 mm (PxLxT)
Sumbu Roda  1.380 mm
Tinggi Tempat Duduk  785 mm
Jarak Terendah  125 mm
Berat Basah  180 kg (Standard) 182 kg (ABS SE)

Siapa Lawan Sepadan Kawasaki Ninja ZX-25R 2021?

Secara head to head, tidak ada lawan sepadan dengan Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 dari spesifikasi mesin yang diterapkan. Merek lain masih mengandalkan motor sport 250 cc dengan mesin dua silinder segaris.

Tapi jika memaksa dengan sport 250 cc lainnya, ada Honda CBR250RR SP QS, produk terbaru dari PT Astra Honda Motor yang belum lama diluncurkan, dengan penamabahn fitur dan peningkatan tenaga lebih maksimal lagi.

Motor sport 250 cc di Indonesia.

Honda CBR250RR SP QS punya mesin yang lebih disempurnakan lagi meski spesifikasi 249,7 cc, 4-tak, DOHC 8 katup, pendingin cairan masih sama. Perubahan pada komponen internal mesin, membuat tenaganya mencapai 40,4 Hp @ 13.000 rpm dengan torsi 25 Nm @ 11.000 rpm.

Lantas Yamaha punya produk YZF-R25 yang sejak awal kemunculannya belum ada perubahan teknis pada mesin. Spesifikasinya 250 cc, inline two, DOHC 8 katup, pendingin cairan. Tenaga maksimal mencapai 35,5 Hp @ 12.000 rpm dan torsi 23,6 Nm @ 10.000 rpm.

Jika disandingkan dengan saudara satu pabrik yakni Kawasaki Ninja 250, maka motor ini pun masih kalah superior. Lantaran mesinnya dua silinder segaris, DOHC 8 katup, pendingin cairan dengn kapasitas 250 cc. Tenaganya 38,2 Hp @ 12.500 rpm dan torsi 23,5 Nm @ 10.000 rpm.

Secara teknologi pun, semuanya belum bisa menyaingi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021. Fitur seperti kontrol traksi, tak semuanya memiliki. Lalu power mode atau riding mode, hanya Honda CBR250RR yang ada.

Maka bisa disimpulkan, jika Anda ingin mencari motor sport 250 cc paling bertenaga dan juga canggih, Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 adalah pilihan yang paling tepat, meski harga jualnya di atas rata-rata produk lainnya.

Harga
Kawasaki Ninja ZX-25R

 Rp 112,9 juta (ABS SE)

 Rp 96 juta (Standard)

Kawasaki Ninja 250

 Rp 64,2 juta (Standard)

 Rp 65,4 juta (KRT Edition)

 Rp 76,9 juta (ABS SE Smart Key)

 Rp 77,1 juta (ABS SE MDP Smart Key)

Yamaha YZF-R25

 Rp 61,665 juta (Standard)

Rp 68,125 juta (ABS)

Honda CBR250RR

Rp 61,6 juta (STD Black Freedom)

Rp 66,1 juta (STD Mat Gunpowder)

Rp 66,1 juta (SP Bravery Red)

Rp 72,7 juta (SP)

Rp 73,3 juta (SP Honda Racing Red)

Rp 76,7 juta (SP QS Bravery Red)

Rp 77,3 juta (SP QS Honda Racing Red)

Rp 77,7 juta (SP QS Garuda x Samurai)

Harga Bekas Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Ini hal yang menarik, sejak dikenalkan dan mulai dijual resmi, unit bekasnya bermunculan. Sebenarnya unit yang dijual berstatus kendaraan baru, hanya saja sudah dibeli dengan surat-surat tertulis nama pemilik, untuk kemudian dijual lagi.

Mereka memanfaatkan tren Kawasaki Ninja ZX-25R, terlebih banyak konsumen yang enggan menunggu lama untuk bisa mendapatkan unit. Ya meski harus menebus dengan banderol yang lebih mahal dari harga resminya.

Dari beberapa pedagang motor bekas yang melakukan hal tersebut, untuk varian Standar dilepas Rp 115 juta dan varian ABS SE bisa mencapai Rp 130 juta lebih. Ya sejatinya pemilik motor masih enggan melepas unitnya.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 motor sport fenomenal.

Konsumsi Bahan Bakar Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Mengendarai motor sport 250 cc, terlebih punya performa yang kuat pada putaran menengah sampai atas, jangan heran konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Konsumsi bahan bakarnya berada direntang 19,5 sampai 21 km/liter.

Kesimpulan

Mencari motor sport 250 cc paling sempurna saat ini maka pilihan jatuh pada motor yang fenomenal sepanjang tahun lalu yakni Kawasaki Ninja ZX-25R 2021. Desainnya kental aura big bike look yang menambah perasaan bangga saat mengendarainya.

Performa mesin yang ditawarkan pun sangat mumpuni, dengan mesin empat silinder suara yan dihasilkan merdu. Semuanya ditunjang dengan fitur canggih serta posisi berkendara yang terbilang nyaman untuk postur orang Indonesia pada umumnya.

Spesifikasi Mesin Kawasaki Ninja ZX-25R 2021
Tipe  4-tak, inline 4, DOHC 16 katup, pendingin cairan
Kapasitas Mesn  249,8 cc
Diameter x Langkah  50 x 31,8 mm
Rasio Kompresi  11,5 : 1
Tenaga Maksimum

 49,5 Hp @ 15.500 rpm

 50,2 Hp @ 15.500 rpm (with ram air)

Torsi Maksimum  22,9 Nm @ 14.500 rpm
Transmisi  Manual 6 speed

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja 250
Lihat