Awas Tertukar! Kenali Kode Parts dan Harga Rangka eSAF Honda

Sasis eSAF
  • Harga termahal di sasis Honda Vario 160.
  • Rangka eSAF dipakai pada empat model.

Hadir pertama kali sejak tahun 2019, rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dari Honda kini diusung oleh banyak varian matic mereka. Tercatat ada empat model yang mengusungnya.

Mulai dari skuter matic entry level Honda Beat dan Genio. Lalu ada matic retro modern, Honda Scoopy. Serta yang paling baru, adalah matic menengah bertampang sporty, Honda Vario 160.

Sayangnya baru-baru ini ada kabar kurang baik mengenai rangka ini dari beberapa model motor matic Honda tersebut.

Ini disebabkan ramainya kasus rangka berkarat atau patah yang membuat kasus ini diperbincangkan.

Memang rangka yang digunakan masih dilindungi garansi resmi dari pabrikan PT Astra Honda Motor (AHM).

Jaminan tersebut berlaku untuk 10.000 km atau satu tahun, tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Baca Juga: Honda Giorno+ Rilis Akhir Agustus Ini, Pakai Rangka eSAF?

Tapi buat pemilik motornyang mengalami kerusakan rangka diluar garansi. Baik karena melewati waktu dan jarak tempuh, hingga kecelakaan dan sebagainya, maka perlu menebus rangka baru.

Harga Rangka eSAF Berbeda-beda

Perlu diketahui, jika tiap model motor Honda memiliki kode parts yang berbeda. Sehingga ada kemungkinan jika komponen tersebut tak bisa disubtitusi.

Hal ini juga berlaku pada rangka yang juga sudah dijual oleh Honda. Dipantau dari situs Daya Part Shop yang merupakan main dealer Honda di Jawa Barat, seluruh model Honda yang dibekali rangka eSAF punya harga berbeda.

Honda Beat punya rangka eSAF

Mulai dari rangka eSAF dari Honda Genio yang punya banderol paling murah. Frame Honda Genio memiliki kode parts 50100K0JN00 dengan harga jualnya Rp 1.120.000.

Baca Juga: Diterpa Kasus Rangka eSAF Keropos, Ternyata Jualan Honda Tetap Moncer

Selanjutnya ada rangka di motor matic entry level laris, Honda BeAT Series produksi 2020 ke atas.

Sasis ini juga diusung oleh tipe BeAT Street. Kode parts yang tercantum di sasis BeAT adalah 50100K1AN00. Frame ini berbanderol Rp 1.150.000.

Model selanjutnya yang mengusung rangka jenis ini adalah Honda Scoopy. Matic retro ini memakai Scoopy sejak model 2020.

Rangka Scoopy punya kode part 50100K2FN00 harganya di angka Rp 1.150.000.

Sedangkan rangka termahal jadi milik Honda Vario 160. Kode partnya  50100K2SN00 dan 50100K2SN10 yang dilepas Rp 1.370.500.

Sasis Vario 160

Harga tersebut memang relatif terjangkau. Karena masih di bawah Rp 1,5 juta. Tapi patut diingat, harga tersebut belum termasuk jasa pemasangan dan pencetakan nomor rangka.

Jadi jangan sampai tertukar ya!

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Honda : Bukan Karat, Bercak Cokelat Pada Rangka eSAF Adalah Silikat

Klarifikasi lewat akun Instagram resmi. Bercak cokelat adalah silikat, bukan karat. Silikat disebut lapisan yang melindungi dari korosi. Setelah heboh dan viral diberbagai platform sosial media, akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan klarifikasi soal masalah rangka eSAF. Rangka motor yang merupakan singkatan dari enhanced Smart Architecture Frame itu banyak dikeluhkan berkarat, keropos hingga patah. Klarifikasi diberikan kepada masyarakat lewat akun Instagram resmi mereka @welovehonda se

Eksis di Taiwan, Harga Suzuki GSX-150 Bandit Tembus Rp 57,5 Juta!

Spesifikasi mirip dengan di Indonesia. Dirilis sejak tahun 2020. Motor sport tipe naked touring Suzuki GSX-150 Bandit memang sudah tak lagi dijual di Indonesia sejak tahun 2022 lalu. Namun di negara lain, ternyata Suzuki GSX-150 Bandit masih eksis. Yup, motor ini terpantau masih eksis di Taiwan. Di negara yang ibukota Taipei tersebut, motor sport naked itu ditawarkan dengan banderol yang tinggi lho. Pasalnya dipantau dari situs Suzuki Taiwan, harganya di sana mencapai 120.000 TWD atau setara Rp

Yamaha Sunday Race Mandalika : Pengalaman Perdana dan Tantangan Seting Motor

Peserta ada yang jalan darat dua hari pakai bus. Cuaca Mandalika bikin sulit seting motor. Masih ada seri kedua Desember mendatang. Gelaran Yamaha Sunday Race 2023 seri perdana telah berlangsung pada akhir pekan kemarin, dengan diadakan di lokasi yang baru. Yup setelah sejak 2015 selalu diadakan di sirkuit Sentul, Bogor, kini balap satu merek itu diadakan di sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok. Tak hanya tim dan rider profesional, namun juga komunitas dengan bengkel kepercayaannya ikut meramaika

Honda Giorno+ Rilis Akhir Agustus Ini, Pakai Rangka eSAF?

Berdesain retro modern. Disebut pakai mesin eSP+. Masuk Indonesia pakai nama berbeda? Teaser produk skuter terbaru Honda Giorno+ dengan desain retro modern semakin nyata, kabarnya motor ini juga akan pakai rangka eSAF. Yup, teaser ini dibocorkan oleh Honda Thailand, yang menampilkan siluet motor tersebut dari depan dan juga dari samping. Jenama itu sendiri sudah santer terdengar bakal meluncur juga di Indonesia, hanya saja dengan nama Honda Stylo. Lantas mana nama yang disiapkan untuk pasar Indo

Honda SP160 2023 Baru Meluncur, Cocok Gantikan CB150 Verza?

Volume mesin lebih besar. Harganya mirip Honda CB150 Verza. Sudah sejak tahun 2018 lalu PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda CB150 Verza, dan hingga kini belum ada penyegaran baik dari segi tampilan dan mesinnya. Padahal di segmen ini, Honda Motorcycle & Scooter India (HMSI) sudah punya banyak jagoan. Termasuk motor yang baru dirilis bulan Agustus di negeri Prindapan itu, yakni Honda SP160 2023. Ada sejumlah alasan kenapa Honda SP160 2023 cocok buat penggantinya, mulai dari segi spek mesin y

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat