Di Covid-19 Tengah Pandemi, AHM Optimis Jual All New Scoopy 2021 70 Ribu Unit Per Bulan

Honda resmi merilis generasi baru Honda Scoopy di Indonesia. Berstatus All New, skutik 110 cc itu mendapat banyak perubahan. Mulai dari desain, rangka, mesin hingga fitur yang semakin canggih. Meski masih berada di tengah kondisi pandemi covid-19, Astra Honda Motor optimis bisa menjual All New Scoopy 2021 700.000 sampai 800.000 unit per tahun. Atau jika dibagi rata maka sekitar 60.000 sampai 70.000 ribu per bulan.

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor ( AHM), optimistis All New Scoopy 2021 bisa diterima baik oleh pasar. Meski saat ini kondisi penjualan motor sedang jatuh akibat pandemi Covid-19. "Kami harapkan dapat menggerakkan pasar dan diterima konsumen, sehingga dapat menggerakan penjualan kita bersama (nasional). Scoopy sendiri, memiliki kontribusi penjualan 25 persen sampai 30 persen terhadap total niaga sepeda motor Honda di Indonesia," kata Thomas saat peluncuran secara virtual, Selasa (10/11).

Penetapan target yang diberikan menurut Thomas tak lepas dari dampak pandemi Covid-19. Dampak wabah ini mampu mengoreksi angka penjualan sepeda motor nasional, termasuk Honda. Sepanjang Januari hingga September 2020 atau sembilan bulan berjalan, ada penurunan grafik 40 persen. Diperkirakan menutup tahun dengan gapaian 2,8 juta – 2,9 juta unit, dari prediksi sebelumnya 3,6 juta – 3,8 juta unit.

“Jadi kalau kita lihat kondisi pasar selama 2020, sepanjang sembilan bulan, ada koreksi 40 persen dari total pasar. Awalnya kami lihat tahun ini bakal mencapai 3,6 juta – 3,8 juta unit. Namun akibat dampak Covid-19, diperkirakan pencapaian akhir tahun di angka 2,8 juta – 2,9 juta unit. Sementara tahun depan (2021), dengan kondisi yang juga belum pasti, kami masih mempelajari situasi pasar mendatang. Tentu harapannya bakal ada optimisme,” tambahnya.

Di lain sisi, President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Keiichi Yasuda, mengatakan belum memutuskan apakah All New Honda Scoopy 2021 akan diekspor ke negara tetangga. Berdasarkan penuturannya, saat ini pihaknya belum memiliki rencana untuk melakukan ekspor. Menurutnya, saat ini masih mempelajari pasar dan permintaan terhadap All New Honda Scoopy 2021.

"Untuk saat ini, kami sedang melakukan studi dan belum menetapkan ke mana akan diekspor. Kami juga mempelajari demand yang ada di negara lain untuk model ini. Dan tidak hanya kami lakukan atas model Scoopy saja tapi juga model lainnya," kata Keiichi Yasuda, saat peluncuran All New Honda Scoopy 2021, baru-baru ini.

Sebagai catatan, PT AHM berhasil mengekspor 301.935 unit sepeda motor secara utuh atau Completely Built Up (CBU) sepanjang 2019, atau meningkat 66,1 persen dari 2018. Total 301.935 unit ini memberikan kontribusi 37 persen dari total ekspor motor CBU para anggota Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), yang jumlahnya mencapai 810.433 unit sepanjang 2019.

Dilihat dari model yang diekspor, skutik menjadi model yang paling banyak dikapalkan. Sepanjang 2019, total CBU skutik Honda mencapai 282.008 unit, adapun model terlaris yaitu Honda BeAT dan Vario Series. Selain melakukan ekspor secara CBU, produsen motor berlogo sayap mengepak ini juga melakukan pengiriman sepeda motor secara terurai sebanyak 322.340 set pada 2019.

 

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Scoopy
Lihat