Pertarungan RWD Vs FWD, New Wuling Confero 2021 Lebih Oke Dari Toyota Calya Tipe Tertinggi?

Pertarungan mobil penumpang 7-seater cukup sengit, dimana hampir tiap merek berusaha menawarkan model dengan harga dan fitur bersaing. Untuk kelas mobil murah di rentang harga Rp150 sampai 180 jutaan, terdapat dua opsi yg menarik untuk jadi buruan yaitu Wuling Confero dan Toyota Calya. Dua model ini adalah representatif dari mobil RWD vs FWD.

Dari segmentasinya, mungkin agak jomplang karena Calya adalah LCGC dan Confero adalah low MPV.  Confero seolah hadir sebagai model yang lebih baik di harga mobil murah. Terlebih, MPV China ini didukung penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Sudah jadi rahasia umum kalau orang Indonesia masih banyak yang menggemari RWD karena lebih perkasa di tanjakan dan kontur medan jalan di kota-kota kecil. Namun, Calya sebagai produk besutan Toyota jelas tidak bisa disepelekan karena jaringan purna jualnya yang tersebar luas.

Baca juga:

Bingung Pilih Toyota Calya 2021 Tipe Metik atau Manual? Ketahui Bedanya

Perbandingan Mesin 1.5L Terbaru Wuling Confero 2021 Facelift Vs Daihatsu Xenia 1.3, Si Kecil Tenaganya Bisa Setara?

Bocoran Wuling Confero 2021 Facelift, Berubah Penampilan dan Dapat Mesin Baru!

Berdasarkan tulisan sebelumnya, Wuling Confero kini dibekali mesin baru yang 'downgrade'. Artinya, Wuling Motors ingin menjangkau segmen mobil yang lebih murah lagi karena tenaganya kini setara mobil 1.300 cc. Bisakah Wuling Confero merebut segmen konsumen Toyota Calya tipe termahal?

Perbandingan Harga Wuling Confero 2021 vs Toyota Calya

Untuk segmen entry level, Wuling Motors menyediakan beberapa opsi untuk Confero. Karena masuk program relaksasi PPNBM, harga Wuling Confero 2021 ditawarkan dengan harga lebih terjangkau. Kini  Confero DB dihapus dan digantikan oleh tipe yang lebih mahal yaitu Confero S 1.5 C Lux MT yang dijual seharga Rp181,8 juta (Rp171,8 juta saat relaksasi PPNBM). 

Sementara di kisaran harga yang mendekati, tersedia Toyota Calya tipe G. Untuk varian MT harganya Rp155,29 juta dan varian AT Rp167,49 juta. Dari masing-masing varian ini, cuma Calya yang menawarkan pilihan transmisi matic. 

Adu Fitur Unggulan Wuling Confero (RWD) vs Toyota Calya (FWD) 

Kedua model ini mengusung konsep sebagai mobil keluarga yang ekonomis. Namun demikian, platform yang digunakan oleh masing-masing model jelas berbeda. Confero memakai platform MPV dengan penggerak roda belakang sedangkan Calya ini dibangun dari basis city car Toyota Agya sehingga memakai penggerak roda depan. 

Confero dengan RWD mengandalkan gardan yang diletakkan di as roda belakang mobil sebagai penyalur tenaga mesin ke roda belakang. Mobil penggerak roda belakang sangat populer sebelum tahun 90-an.

 

Wuling sengaja merancang Confero dengan RWD karena mobil RWD biasanya lebih tahan banting dan kuat khususnya untuk melibas jalan jelek. Ini karena roda belakang hanya bertugas menggerakkan mobil maju atau mundur. 

Kerja kaki-kaki roda depan bebannya juga tidak begitu berat karena hanya mengarahkan roda. Selain itu, radius putar mobil RWD bisa lebih patah karena arah roda depan tidak dibatasi oleh drive shaft di depan. 

Tak kalah penting, di jalan menanjak, umumnya mobil RWD bisa melaju lebih kuat dibandingkan FWD. Pasalnya, beban terbesar di tanjakan bertumpu ke belakang dan torsi mobil juga disalurkan ke bagian roda tersebut. Analoginya, mobil RWD ini seperti didorong dari belakang saat menanjak, sehingga tidak menemui banyak kesulitan. 

Keunggulan Penggerak Roda Depan di City Car, Handling Mantap di Segala Kondisi

Alasan pabrikan mobil kini lebih lebih sering merilis mobil FWD tak lain karena biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah. Mobil RWD lebih mahal karena komponennya yang cukup banyak karena adanya gardan dan beberapa komponen pendukung. 

Kelebihan FWD ada pada traksi mobil di jalanan licin pada saat hujan. Traksi ban lebih bagus pada jalan licin, karena roda depan yang menarik roda belakang. Peluang mobil selip atau melintir ini relatif minim sehingga menjanjikan handling yang oke. 

Keunggulan lainnya dari penggerak roda depan dari sisi bobot kendaraan. Mobil FWD bisa lebih ringan karena tidak adanya roda gila atau flywheel dan as kopel alias batang gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang. Hal ini berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang bisa lebih hemat. 

Penggerak mobil ini juga bisa memberikan nilai plus pada kabin karena lantainya bisa dibuat rata. Dengan demikian kabin lebih nyaman dan luas ditumpangi lalu tak ada bunyi gardan belakang. Itulah mengapa Calya bisa tetap lega walaupun kabinnya kecil. 

Adu Fitur Pelengkap di Wuling Confero dan Toyota Calya, Mobil China Lebih Menarik?

Berdasarkan informasi yang kami terima, Wuling Confero 1.5 C ini menjadi tipe bawah. Artinya, fitur yang jadi unggulannya selama ini terpaksa dilucuti. 

Untuk model year 2021, Confero S 1.5 C ini sudah didowngrade fitur kelengkapannya. Fitur andalan seperti jam, tyre pressure monitoring system, 3 row USB, hingga CD player kini absen. 

Sebaliknya, Calya 1.2 G terutama varian AT sebagai tipe tertinggi jelas punya fitur lengkap. Bahkan untuk pilihan transmisi matic ini cuma ada di tipe G. Beda tipe G AT dan MT selisih Rp 12 juta, tentu bikin penasaran apa bedanya selain dari transmisi. 

Toyota Calya G matic dan manual pada bagian ekteriornya sama-sama mengaplikasikan lampu depan LED, spion lipat alias New Retractable Outer Mirror, desain pelek baru, garnish pintu bagasi berlapis dark chrome dan grill depan dark chrome. Kemudian pada interior dilengkapi head unit layar sentuh, audio control pada kemudi, console box di bawah AC, dan dasbor dual tone. 

Perbedaan khusus di tipe matic yaitu ada New Under Seat Compartment Tray dan Illumination AT indicator. Jadi, kita bisa menyimpan barang lebih rapi di kolong kursi depan sisi kiri. Fitur hiburannya juga cukup keren karena sudah memakai head unit touchscreen dengan Audio Steering Switch. 

Komparasi Mesin Wuling Confero dan Toyota Calya 2021

 

Toyota tetap mempertahankan mesin berkode 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc. Mesin LCGC andalan Toyota ini bisa membawa 87 hp serta torsi maksimal 108 Nm yang bersahaja. Tenaga kemudian disalurkan ke roda depan lewat transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Sementara untuk Confero mendapat mesin baru yang kapasitasnya sama tapi tenaganya dipangkas. Mesin baru berkodekan N15 4-silinder segaris, DOHC naturally aspirated (NA) ini memiliki kapasitas 1.485 cc. Mesinnya dapat merilis tenaga hingga 98 PS/5.800 Rpm dengan torsi 135 Nm /3.800-4.400 Rpm. 

Sedangkan mesin yang melekat pada generasi pra facelift dengan kode B15 berkubikasi 1.485 cc DVVT 4-silinder segaris, DOHC naturally aspirated (NA), mampu meletupkan tenaga mencapai 108 PS/5.800 Rpm dan angka torsi maksimal 142 Nm/3.800-4.400 Rpm. Jadi, selisih tenaganya kini tidak terlampau besar antara Calya dan New Confero.

Kesimpulan

Kehadiran Wuling Confero dengan mesin baru tampaknya malah semakin mempersulit model ini untuk memikat konsumen entry level. Pasalnya, Wuling Motors telah memangkas fitur elementer di Confero tipe C sebagai tipe terbawah.

Artinya, konsumen mobil LCGC malah tidak mendapat kesempatan untuk naik kasta ke low MPV hanya dengan menambah uang Rp10 jutaan. Walaupun pakai mesin baru dan ubahan desain yang cukup keren, namun value dari Wuling Confero tidak sehebat dulu.   

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Wuling Confero S

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2019 Honda MOBILIO E 1.5

Rp 171,00 Juta
Rp 3,48 Juta/bln

18.533 km

4,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kenali Fitur Wuling New Confero S

Virtual Launch Wuling New Confero S

All New Toyota Calya - Video Produk Kejutan yang Luar Biasa

Toyota Calya Baru, Lampu depan LED, Cermin Luar Ruangan yang Dapat Ditarik

Toyota Calya baru - Mobil LCGC 7-seater yang Sesungguhnya Persembahan dari Toyota

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Wuling Confero S
Lihat