Budget Rp60 Jutaan, Pilih Toyota Kijang Kapsul atau Toyota Avanza Generasi Pertama?

Kondisi bekas Toyota Kijang Kapsul dan Toyota Avanza generasi pertama kini dibandrol dengan harga yang sepadan berada di angka Rp60 jutaan

Membahas mengenai mobil keluarga 7-seater jenis MPV, saat ini Toyota Kijang Kapsul tipe LGX dan Toyota Avanza generasi pertama dibandrol dengan harga bekas yang mirip, di kisaran Rp60 jutaan.

Meski keduanya ini memiliki harga bekas yang sepadan, perlu diketahui bahwa Kijang Kapsul maupun Avanza genersi pertama ini mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tak ayal apabila beberapa konsumennya merasa bingung jika dihadapkan oleh keduanya.

Toyota Kijang Kapsul Bisa Bawa Barang Lebih Banyak dari Avanza Generasi Pertama

Dimensi Toyota Kijang Kapsul lebih besar dari Avanza generasi pertama

Bukan cuma memiliki tampilan yang lebih menarik dari Avanza generasi pertama, Toyota Kijang Kapsul dengan body membulat diketahui juga mempunyai dimensi yang lebih besar. Secara data di atas kertas, mobil ini memiliki panjang 4.245 mm, lebar 1.670 mm dan tinggi 1.770 mm.

Sedangkan Toyota Avanza generasi pertama diketahui mempunyai dimensi yang lebih kecil dari Kijang Kapsul dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.630 mm dan tinggi 1.685 mm.

Dengan begitu kalian akan merasa lebih nyaman dan mudah apabila ingin membawa barang dengan jumlah yang cukup banyak.

Toyota Avanza Generasi Pertama Kalah Nyaman dari Kijang Kapsul

Toyota Kijang Kapsul lebih nyaman dari Avanza

Meskipun secara usia lebih tua, nyatanya Kijang Kapsul ini jauh lebih nyaman dibanding Toyota Avanza generasi pertama. Hal ini dibuktikan dari gaya berkendara Kijang Kapsul yang terasa lebih stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi serta sedikit bermanuver.

Padahal Kijang Kapsul sendiri mangadopsi suspensi berjeniskan double wishbone di bagian depan serta Rigid axle isoclamp di roda belakangnya. Namun pada kenyatannya, membuat ayunan serta bantingan mobil ini terasa begitu empuk. Jadi jangan heran apabila melewati jalan yang berkontur menggunakan mobil ini terasa begitu nyaman tak kalah dengan Avanza generasi pertama.

Di sisi lain, mobil ini menggunakan kontruksi rangka berjenis ladder frame atau model tangga, yang memberikan kelenturan selain kuat.

Suspensi belakang Toyota Avanza generasi pertama

Toyota Avanza generasi pertama sendiri diketahui memakai suspensi lebih modern berkeniskan McPherson strut dengan coil spring + stabilizer di depan, serta 4-link dengan coil spring di roda belakangnya yang ditopang oleh sasis model semi monokok. Meski secara struktur lebih canggih dan modern, ternyata mobil ini punya bantingan yang cukup keras.

Tidak hanya itu, gejala body roll kerap kali dirasakan ketika melaju kencang di jalur bebas hambatan dengan sedikit melakukan handling.

Baca juga: Ini Keunggulan Toyota Kijang Krista, Varian Termewah Kijang Kapsul di Jamannya

Kapasitas Mesin Lebih Kecil, Tenaga Toyota Avanza Generasi Pertama Lebih Responsif

Mesin Toyota Avanza generasi pertama lebih responsif dibandingkan Kijang Kapsul

Ketika diluncurkan secara perdana pada penghujung 2003, Toyota Avanza generasi pertama berhasil dibenamkan mesin Electronic Fuel Injection (EFI) 1.300 cc dengan mesin berkode K3-VE yang mampu memuntahkan tenaga hingga 94 PS @6.000 rpm dengan torsi 120 Nm @4.400 rpm.

Tenaga yang dihasilkan tersebut memiliki tingkat responsif yang jauh lebih galak dari Kijang Kapsul. Padahal kapasitas mesin Avanza lebih kecil daripada Kijang Kapsul. 

Kijang Kapsul LGX lansiran 1997-1999 yang dijual dengan harga Rp60 jutaan ini disematkan mesin 7K 1.800 cc karburator yang dapat merilis tenaga 94 PS @5.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 155 Nm @3.200 rpm.

Konsumsi BBM Toyota Avanza Generasi Pertama Lebih Hemat BBM dari Kijang Kapsul

Konsumsi BBM Toyota Avanza generasi pertama lebih irit dari Kijang Kapsul

Selain bertenaga, mesin 1.300 cc berteknologi Electronic Fuel Injection (EFI) yang digunakan Toyota Avanza generasi pertama ini nyatanya terbilang efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Seperti yang kami ketahui, mobil ini mampu menempuh jarak 10 hingga 11 km/liter untuk penggunaan dalam kota yang seringkali harus melakukan ‘stop and go’.

Ketika melakukan perjalanan luar kota yang notabennya melaju secara konstan, catatan konsumsi BBM mobil ini bisa mencapai 13 km/liter.

Berbeda dengan Kijang Kapsul terlebih yang masih menggunakan karburator untuk sistem pengkabutannya, mesin ini dapat meraih angka konsumsi BBM jenis bensin 7-8 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Sedangkan penggunaan luar kotanya mencapai 10 km/liter.

Perawatan Toyota Avanza Generasi Pertama Lebih Mudah Dibandingkan Kijang Kapsul

Perawatan Toyota Avanza generasi pertama terbilang mudah

Meskipun Kijang Kapsul terkenal mudah dalam hal perawatan, nyatanya Toyota Avanza generasi pertama ini lebih mudah dalam hal perawatannya. Hal ini dikarenakan kaki-kaki Avanza sendiri terbilang lebih tangguh dari Kijang Kapsul.

Karenanya kaki-kaki bagian depan Kijang Kapsul seringkali menimbulkan suara berdecit dikarenakan swing arm atau bushingnya mengalami kekeringan. Untuk menanganinya, kalian bisa menambahkan pelumas berupa grease atau ‘gemuk’ pada bagian ini.

Bukan cuma itu, mengusung teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), pemilik Avanza generasi pertama juga tidak perlu sesering mungkin untuk melakukan tune up. Penggunaan BBM dengan kualitas yang baik serta rutin mengganti filter udara adalah kuncinya.

Berbeda dengan Kijang Kapsul, kalian harus seringkali melakukan tune up terhadap karburator untuk mendapatkan performa maksimal serta konsumsi BBM yang tidak terlalu boros.

Kesimpulan

Melihat daripada keduanya dapat disimpulkan bahwa Kijang Kapsul ini lebih kokoh, nyaman, serta memiliki kabin yang luas sehingga dapat membawa barang lebih banyak dari Toyota Avanza generasi pertama.

Namun dalam segi kemudahan perawatan, penampilan, tenaga, serta konsumsi bahan bakar, Avanza generasi pertama ini jauh lebih lebih unggul.

Untuk itu sebelum memutuskan membeli salah satu dari keduanya, ketahui lebih dulu kebutuhan untuk saat ini.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Toyota Kijang Kapsul Paling Ideal untuk Dipinang. Pilih Diesel Atau Bensin?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Avanza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Avanza
Lihat