Modal Rp 10 Juta, Bikin Toyota Innova 2005 Jadi Model Facelift 2015

Kabar baik bagi para pemilik Toyota Innova lawas angkatan pertama seperti lansiran 2005. Ternyata tampilan Innova lama bisa diubah ke model yang lebih segar, Grand New Kijang Innova 2011 (facelift kedua) tahun 2011 sampai 2013, atau New Kijang Innova versi facelift terakhir yang cuma diproduksi dari 2013 sampai 2015.

Lampu utamanya tak lagi membulat, tapi sedikit lebih pipih dan bagian sampingnya menyerupai sayap. Hanya saja ada perbedaan pada desain grille. Pada model facelift kedua grille-nya berupa bilah horizontal yang kecil. Beda pada generasi selanjutnya, grille-nya makin panjang ke bawah, sehingga membuat wajahnya tampak tonggos menyerupai barong. Maka tak jarang generasi tersebut dinamakan Toyota Innova barong. 

Baca juga: Hyundai Siapkan MPV Baru Untuk Lawan Toyota Innova, Pakai Mesin Turbo!

 

Sepenuturan Muhammad Bobby, pemilik bengkel aksesori dan modifikasi Spec Rare Item, mengubah Innova jadi lebih muda lagi bukan perkara sulit. Sebab semuanya masih merupakan basis yang sama. Jadi cuma lewat sentuhan kecil, bisa mendukung upaya Toyota Innova menolak tua 10 tahun.

"Masih banyak yang upgrade Innova lama ke 2015, karena kebanyakan masih nyaman dan nggak mau diganti. Daripada ganti selisihnya tinggi, mending upgrade bodi yang lebih murah meriah," katanya. 

Sentuhan kecil yang dimaksud adalah penggantian part body. Mulai dari grille, kap mesin, panel fender sisi kiri dan kanan bagian depan, bumper, lampu kabut, list kap mesin, emblem Toyota depan, lampu depan, serta lampu belakang, ditambah komponen lain untuk menghubungkannya ke mobil. Semuanya bisa ditebus mulai Rp 10 jutaan, tergantung part mana yang akan dipasang.

Tampang Toyota Innova 2005 vs Innova facelift 2015 lewat upgrade bodi.

Baca juga: Daftar Lengkap Model dan Varian Toyota Kijang Innova Mulai 2004 Hingga 2015, Mana yang Paling Layak Dipilih?

Mau yang lebih lengkap lagi? Bisa tambah spoiler, side skirt, sampai garnish pelat nomor belakang biar makin tampak model facelift varian Luxury. Tapi ada penyesuaian harga guna menebusnya. 

Pemasangannya terbilang mudah lanjut Bobby. Lantaran masih dalam satu bentuk mobil yang sama, hanya bentuk panel body yang berbeda, pengerjaannya juga singkat. Tak butuh waktu berhari-hari. "Dari copot part lama sampai pasang jadi itu paling sekitar enam sampai tujuh jam. Pasangnya cepat karena sudah plug and play, presisinya sama ada clip-nya," imbuhnya. 

Pemilik Innova lama juga tak perlu khawatir. Sebab segala part yang menempel pada komponen lama akan tetap dipasang lagi ke panel baru. Misalnya washer kaca depan yang sebelumnya terpasang di kap mesin lama, dicopot kemudian disematkan ke kap mesin baru. Begitupun sensor parkir beserta mata kucing atau reflektor yang sebelumnya absen pada bumper belakang, bisa ditambahkan oleh Bobby.  

Begini jadinya Toyota Innova 2005 lawas disulap jadi facelift 2015.

Tapi perlu ingat. Paket upgrade tersebut belum termasuk cat serupa warna bodi mobil. Sebab komponennya dipasang dalam keadaan baru yang masih dicat warna dasar hitam. Sebenarnya hampir bukan masalah besar apabila Toyota Innova yang dimiliki kelirnya hitam, beda cerita bagi pemilik Innova yang warnanya ngejreng seperti putih atau silver, akan tampak kontras perbedaannya. 

Meski demikian banyak pelanggannya yang datang dari penjuru kota di Indonesia. Tak cuma dari sekitaran Jakarta, bahkan konsumennya bersedia datang sendiri dari Lampung, Garut, atau daerah lain di Jawa Tengah, ke workshop Bobby di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat atau BSD, Tangerang Selatan.

Baca juga: Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas?

Gerai modifikasi Spec Rare Item sediakan paket upgrade Toyota Innova 2005 ke 2015.

Toyota Innova 2015 Bisa Diupgrade ke Model Innova Reborn?

Sayangnya tidak bisa. Sebab basis bentuknya beda. Jelas Bobby akan memakan biaya yang besar untuk merombaknya. Lagi pula panel bodinya beda, sehingga pemasangannya tidak plug and play antara Innova generasi pertama dengan kedua. Lebih lanjut bakal ada revisi ekstrem mulai dari penyambungan atau pemotongan rangka supaya presisi. 

Ubah Toyota Innova G ke Venturer oleh Bobby Spec Rare Item.

Idealnya Hanya Bisa Ubah Toyota Innova G ke Venturer

Sehingga yang paling realistis dilakukan adalah mengubah Toyota Innova reborn tipe G menjadi Venturer. Jadi dari Toyota Innova termurah menjadi yang termahal. Caranya juga upgrade body, karena keduanya sama-sama dibangun dari basis Innova reborn

Lagi-lagi merupakan paket hemat memiliki mobil yang notabenenya harus ditebus harga tinggi. Namun bisa diakali lebih murah tak sampai merogoh kocek hampir seratus juta. Harga Toyota Innova tipe G manual bensin Rp 321 jutaan. Sedangkan Venturer bermesin sama harganya Rp 412 jutaan, artinya bisa hemat Rp 91 juta dengan cara upgrade ketengan.  

Untuk mengejar tampilannya saja, sebenarnya cukup ubah beberapa ornamen mencakup grille, over fender, side skirt, lips bumper, garnish bumper belakang, lampu utama, handle chrome, ditambah spion dengan modul pelipatan otomatis yang ditebus mulai Rp 15 jutaan. Ada beberapa part lain yang bisa ditambahkan utamanya dari sisi interior, namun menyesuaikan budget dan keinginan konsumen. 

Perbandingan wajah Toyota Innova dengan Venturer.

"Paket upgrade interior termasuk ganti setir, airbag, MID (Multif Information Display) baru, paddle shift dan cruise control semua bisa dilakukan untuk mengubah Innova G ke Venturer, semuanya dari Rp 15 jutaan termasuk ongkos pasang," katanya lagi. 

Umpama masih ada budget lebih bisa tambahkan mengganti panel kayu pada dashboard beserta tuas transmisi supaya interior jadi makin elegan. Lalu tambahkan lagi ambient light atau lampu plafon yang sudah tersedia pada Innova Venturer. Komponen tersebut bisa ditebus Rp 2,5 jutaan dan pengerjaan memakan waktu paling lama sampai empat jam. 

"Komponen eletkrik dan cruise control sebenarnya juga sudah plug and play karena cukup sambung kabel karena sudah tersedia oleh Toyota. Tinggal sambung, dijamin bisa berfungsi semuanya," lanjutnya. 

Sedangkan untuk velg, karena basis Innova tipe G dan Venturer berbeda, pelanggan bisa melakukan upgrade di diler atau pesan melalui gerai yang menjual velg. 

Baca juga: Nggak Usah Beli Fortuner, Toyota Kijang Innova Generasi Pertama Tak Kalah Tangguh

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

10.962 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0

Rp 323,00 Juta
Rp 6,58 Juta/bln

89.898 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0

Rp 310,00 Juta
Rp 6,32 Juta/bln

89.687 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4

Rp 364,00 Juta
Rp 7,42 Juta/bln

39.691 km

5,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat