Pemilik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Wajib Tahu, Bagian Ini Tidak Boleh Tertutup Benda Apapun!

Toyota Kijang Innova Zenix tercatat resmi diluncurkan di Indonesia pada 21 November 2022, inilah generasi ketiga dari Toyota Innova, sekaligus jadi Toyota Kijang generasi ketujuh.

Innova Zenix dibangun menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) tepatnya TNGA-C berkonstruksi unibody dan berpenggerak roda depan.

Ini berbeda dibanding Innova generasi kedua yang menggunakan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) seperti yang dipakai pada Toyota Hilux dan Fortuner.

Selain itu, Innova Zenix juga tak lagi seperti Innova Reborn yang menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD), termasuk ditinggalkannya pula penggunaan mesin diesel.

Innova Zenix hadir dengan varian G transmisi otomatis (A/T), V A/T, G hybrid (HV) A/T, V HV AT, dan Q HV AT.

Untuk mesinnya dua varian yaitu bensin 2.0L dan hybrid 2.0L, lantas ada juga varian yang sudah dilengkapi aksesoris Modellista.

Innova Zenix sekaligus jadi Toyota Kijang generasi ke tujuh

Zenix hadir dengan membawa serangkaian teknologi canggih dan modern satu diantaranya adalah mesin sistem hybrid generasi kelima dari Toyota yang menggabungkan antara Internal Combustion Engine (ICE) dengan motor listrik plus baterai.

Baterai tipe Ni-MH dipilih karena durabilitasnya yang lebih baik dalam kondisi cuaca panas dibandingkan baterai lithium-ion.

Selain itu, Innova Zenix juga jadi mobil hybrid pertama Toyota yang dibuat secara lokal, tepatnya di Karawang, Jawa Barat.

Namun dengan membawa banyak teknologi baru, ternyata ada beberapa hal yang wajib diketahui dari pemilik Innova Zenix utamanya yang tipe hybrid.

Sebab jika salah dalam hal perawatan, bisa saja kendaraannya mengalamai mal fungsi dan berujung pada kerusakan cukup serius.

Dimensi Toyota Kijang Innova Zenix:

  • Panjang: 4.755 mm
  • Lebar: 1.850 mm
  • Tinggi: 1.795 mm
  • Jarak sumbu roda: 2.850 mm
  • Jarak ke tanah: 185 mm
  • Ukuran ban: 205/65/R16 (tipe G, V, dan G HV) dan 215/60/R17 (tipe V HV) 

Baca juga: Dirakit di Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix 2023 dengan Teknologi Hybrid Resmi Meluncur

Mengenal Sistem Kerja Mesin Hybrid di Toyota Innova Zenix

Baterai Ni-MH pada Innova Zenix Hybrid

Berbeda dengan Toyota Kijang Innova Reborn, Zenix juga ditawarkan dalam varian mesin hybrid yang sumber tenaganya berasal dari kombinasi mesin bensin 2.0-liter dengan motor elektrik dan baterai.

Mesin bensin yang digunakan berkode M20A-FXS 1.987 cc 4 silinder yang sudah memakai teknologi DOHC chain drive Dual VVT-i direct injection D-4S system.

Saat bekerja secara mandiri, mesin ini mampu menghasilkan daya puncak 152 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 187 Nm di rentang 4.400 - 5.200 rpm.

Tetapi untuk Zenix Hybrid selain punya mesin bensin juga diperkuat motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205 Nm. 

Untuk menggerakan motor listrik, mobil ini mendapat asupan daya dari baterai Ni-MH (nickel–metal hydride) berkapasitas 1,31 kWh yang diletakan di bawah jok penumpang depan. 

Posisi mesin dan baterai di Innova Zenix hybrid

Listrik yang tersimpan pada baterai sendiri diperoleh dari mesin pembakaran yang berfungsi sekaligus sebagai generator.

Pada mode EV, energi listrik dari baterai ini disalurkan ke motor listrik melalui generator yang nantinya bisa menggerakkan roda depan.

Pada saat baterai mulai kekurangan daya listrik maka mesin bensin dan motor listrik akan bekerja simultan, namun daya dari mesin bensin cuma untuk mengisi daya baterai lewat generator.

Manakala pengemudi menginginkan akselasi dan kecepatan penuh, mesin M20A-FXS dengan siklus Atkinson yang gantian bertugas.

Tetapi pada saat mesin bensin ini bekerja, selain bisa menghasilkan untuk menggerakkan roda depan juga sekaligus mengisi daya baterai lewat generator.

Spesifikasi Toyota Kijang Innova Zenix
Tipe mesin 2.0L M20A-FXS DOHC Dual VVT-i 2.0L M20A-FKS DOHC Dual VVT-i
Isi silinder 1.987 cc 1.987 cc
Jumlah silinder 4 4
Daya maksimum 152 PS @6.000 rpm 174 PS @6.600 rpm
Torsi maksimum 187 Nm @4.400 - 5.200 rpm 205 @4.500-4.900 rpm
Daya motor listrik 113 PS -
Torsi motor listrik 205 Nm -
Baterai Ni-MH 1,31 kWh -
Transmisi e-CVT CVT
Suspensi depan MacPherson Strut MacPherson Strut
Suspensi belakang Torsion Beam Torsion Beam

Baca juga: 30 Mobil Terlaris November 2023, Toyota Kijang Innova Ugal-ugalan Tinggalkan Lainnya

Perhatikan Posisi Baterai di Innova Zenix

Baterai jangan sampai tertutup benda apapun

Bicara tempat penyimpanan daya listrik yang diletakan di bawah jok penumpang depan, ada baiknya pemilik Innova Zenix diharuskan untuk memperhatikannya dengan baik-baik.

Pasalnya dengan melakukan modifikasi ringan atau penambahan aksesoris tertentu dapat menyebabkan kejadian fatal.

Karenanya di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid terdapat ventilasi.

"Jangan sampai ventilasi tersebut tertutup, apakah itu karena penambahan aksesoris atau hal lainnya,” kata Ali Rosyadi, Service Technical - Aftersales Business Division Auto2000 melalui keterangan resminya.

Untuk baterai yang digunakan pada Innova Zenix Hybrid menggunakan sistem pendingin yang digunakan berbasis udara (air cooled).

Sistem ini bekerja dengan cara mengalirkan udara dari kabin ke HV baterai untuk mempertahankan temperatur penggerak motor listrik, supaya selalu berada pada kondisi normal.

Selain itu juga terdapat motor blower yang berfungsi menyalurkan udara dari kabin melalui saluran pendingin (air intake duct) dalam bentuk kisi udara yang terletak di bawah jok penumpang depan.

Alhasil, jika air intake duct tertutup, maka udara yang dialirkan sebagai pendingin HV baterai akan terhambat.

Baca juga: Apes, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Cs Nggak Dapat Subsidi dari Pemerintah

Ventilasi Baterai Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang Tertutup Dapat Menyebabkan Overheat

Ventilasi atau air cooled untuk pendinginan baterai Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, ventilasi yang tertutup oleh suatu benda mengakibatkan sistem pendinginan tidak dapat berkeja dengan baik.

Selain itu juga dapat memicu timbulnya indikator peringatan HV baterai pada panel instrumen yang menyala.  

"Kalau dibiarkan tertutup ventilasinya, pendinginan HV baterai akan terganggu dan suhunya meningkat.

Kondisi ini menyebabkan HV baterai menjadi overheat dan kinerjanya juga akan menurun, baik pada saat charge maupun discharge," ungkapnya.

Apabila baterai rusak yang disebabkan overheat atau kerusakan lain, maka baterai tidak dapat menyimpan listrik yang dihasilkan oleh motor generator saat kondisi charging.

Ketika kondisi SOC (State of Charge/pengisian) berada di bawah nilai yang ditetapkan oleh sistem, maka mesin bensin akan hidup secara terus menerus sebagai sumber tenaga utama kendaraan.

"Pastikan air intake duct HV baterai yang ada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid dalam kondisi baik dengan melakukan pengecekan secara berkala," serunya.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi dari baterai yakni, pembersihan secara berkala saringan saluran pendingin dan cooling blower filter sebagai penyaring udara yang akan dialirkan untuk mendinginkan HV baterai, serta cairan pendingin inverter.

Termasuk juga hindari tertutupnya air intake duct dan cooling blower filter dari benda maupun aksesoris apapun.

Baca juga: 5 Hal Menarik Toyota Kijang Innova Zenix 2023, Bikin Pemilik Reborn Berpaling

Daftar Harga Toyota Kijang Innova Zenix per Desember 2023
Tipe Harga
2.0 G CVT Rp425.600.000
2.0 G CVT (Premium Color) Rp428.600.000
2.0 V CVT Rp473.600.000
2.0 V CVT (Premium Color) Rp476.600.000
2.0 G HV CVT Rp471.600.000
2.0 G HV CVT (Premium Color) Rp474.600.000
2.0 V HV CVT Rp535.750.000
2.0 V HV CVT (Premium Color) Rp538.750.000
2.0 V HV CVT Modellista Rp545.600.000
2.0 V HV CVT Modellista (Premium Color) Rp548.600.000
2.0 Q HV CVT TSS Rp614.750.000
2.0 Q HV CVT TSS (Premium Color) Rp617.750.000
2.0 Q HV CVT TSS Modellista Rp624.600.000
2.0 Q HV CVT TSS Modellista (Premium Color) Rp627.600.000

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Toyota Innova Zenix Jauh Lebih Baik dari Reborn?

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Toyota Prius bukanlah mobil yang erat kaitannya dengan ajang balap, namun mobil ini merupakan pionir kendaraan elektrifikasi dari Toyota. Meskipun lebih menonjolkan tentang efisiensi bahan bakar dan gas buang yang ramah lingkungan, faktanya sejak tahun 2012 Prius sudah dijadikan mobil balap Super GT di Jepang melalui tim Apr Racing. Dan kini Toyota Motor Corporation (TMC) sudah mengumumkan keikutsertaannya dalam ajang Idemitsu Super Endurance Southeast Asia Trophy 2023 yang berlangsung 22-23 Des
Daihatsu Ayla vs Toyota Agya 2023 sudah resmi diluncurkan di Indonesia melalui ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) yang diselenggarakan Maret 2023 lalu. Keduanya sama-sama dibangun menggunakan platform baru yakni DNGA (Daihatsu New Global Architecture) tepatnya DNGA-A, yang juga digunakan pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Masing-masing mobil ini juga mendapatkan mesin serta jenis transmisi baru yang cukup alami perubahan radikal dibanding generasi sebelumnya. Meskipun identik lantaran di
Toyota Kijang Super dan Kijang Grand Extra sering dianggap serupa oleh banyak orang, padahal keduanya punya perbedaan signifikan. Wajar saja mengingat pada era 1980-an sampai 1990-an menjadi generasi keemasan Toyota Kijang di segmen mobil penumpang. Toyota Indonesia menjadikan Kijang tak lagi sebagai mobil niaga tapi juga nyaman sebagai mobil keluarga. Dan Toyota Kijang generasi ketiga ini, hadir dua varian yaitu Toyota Kijang Super dan Kijang Grand Extra. Secara spesifik, Kijang Super dan Grand
Mobil minibus Rp 50 jutaan jadi pilihan menarik bagi sebagian orang karena bisa memenuhi beberapa fungsi sekaligus. Minibus bekas di harga Rp 50 juta diminati selain harganya yang affordable, lantaran mobil jenis ini memiliki beragam keunggulan, salah satunya mampu membawa penumpang dan barang banyak. Keunggulan yang dimiliki bahkan membuat mobil jenis ini seringkali digunakan sebagai kendaraan usaha seperti berjualan sembako atau jemputan sekolah. Untuk minibus bekas di harga Rp50 jutaan yang t
Meski usianya sudah tidak lagi muda, harga bekas Toyota Land Cruiser VX80 hingga kini masih terus bertahan bahkan terus melonjak setara Toyota Fortuner baru tipe GR Sport 2.8 4x4, berada di angka Rp700 jutaan. Banyak diidam-idamkan para pecinta otomotif Tanah Air khususnya mereka yang hobi off-road, eksistensi Land Cruiser seri 80 di Indonesia sendiri terbilang sangat singkat. Meluncur pertama kali pada tahun 1995, mobil ini berhenti dijual tiga tahun setelahnya. Sebenarnya secara global Land Cr

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat