First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi

Toyota Veloz 2022.

Toyota Avanza 2022 yang dulu bukanlah yang sekarang. Itulah kalimat yang cocok menggambarkan mobil baru Avanza generasi ketiga, juga berlaku untuk Toyota Veloz 2022 generasi kedua. Maklum karena keduanya satu basis, cuma beda segmentasi, tampilan, dan kelengkapan fitur

Tapi walaupun sama rancang bangunnya, kedua mobil rupanya menawarkan sensasi berkendara berbeda. Ini seperti apa yang diungkap Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy bahwa Avanza lebih cocok bagi konsumen yang mengejar fungsi, sementara Veloz sebagai penunjang gaya hidup. 

Toyota Avanza dan Veloz 2022.

Baca Juga: Jadi Model Terpisah, Ini Beda Toyota Avanza 2022 dan Veloz 2022

AutoFun Indonesia juga sudah membuktikannya dalam sesi first drive beberapa waktu lalu. Kami berkesempatan menjajal Toyota Avanza maupun Toyota Veloz 2022. Meskipun cuma kencan singkat, kami bisa menyimpulkan bahwa meski kedua mobil ini punya sosok yang nyaris serupa, namun feeling berkendara maupun utilitasnya berbeda. 

Supaya bisa tahu lebih lanjut bagaimana persamaan, perbedaan, maupun apa yang kami rasakan saat mengemudikannya, begini catatan kami. Siapa tahu bisa jadi pertimbangan Anda untuk memilah antara Toyota Avanza atau Veloz baru. 

Seperti Bukan Duduk di Toyota Avanza

Oh iya unit tes yang kami jajal semuanya merupakan tipe tertinggi, Toyota Avanza G CVT TSS dan Toyota Veloz Q CVT TSS. Nah, saat pertama kali masuk ke kabinnya, kami merasakan ini bukan sebuah Avanza yang kami kenal. Tak ada lagi desain interior yang konvensional, semua menjadi lebih mewah, tak kalah dari Toyota Innova. 

Nuansa interior Toyota Avanza 2022 yang telah berubah banyak.

Satu hal yang kami suka adalah pengaturan ketinggian jok! Yes, akhirnya mengendarai Avanza tak lagi ditopang oleh posisi jok yang tinggi, sampai-sampai kepala pengemudinya menyisakan jarak yang pendek ke plafon mobil. 

Lewat pengaturan ini, posisi duduk jadi lebih bisa dimanjakan. Mau rendah ala mobil sport bisa kok, mau agak tinggi seperti mengendarai SUV juga bisa. Terlebih sudah ditambahkan pengaturan setir tilt dan teleskopik. Good job Toyota!

Toyota Avanza 2022.

Sejauh mata memandang ke bagian dashboard, desainnya masih minimalis tapi padanan cluster pengaturan AC membuatnya seperti MPV mahal. Terlebih layar head unit model floating, lagi-lagi kayak mobil mahal. 

Slot penyimpanan di dashboard Toyota Avanza 2022.

Sebelum bicara performa, ada beberapa impresi awal kami terhadap Toyota Avanza selain pengaturan jok dan setir. Kami bagi menjadi poin plus minus di bawah ini.

Plus Minus Toyota Avanza 2022
(+) (-)
Speedometer tak lagi monoton, ada MID yang atraktif Lampu kabin belum LED
Interior bagian depan punya desain baru tapi bukan yang superior Pilar A cukup lebar dan terlalu landai sehingga sedikit mengganggu ketika akan belok
Ada cupholder di bawah kisi-kisi AC sisi kanan Cup holder lipat sisi penumpang depan bukan model pop-up (tekan)
Sudah ada spion day/night Ruang konsol boks tengah kecil
Tutup konsol boks yang lebih panjang sebagai armrets pengemudi Material plastik keras dan masih mengandalkan tuas rem konvensional
Slot penyimpanan di dashboard bisa untuk menyimpan recehan atau uang elektronik Rem tangan masih model tarik belum ada Auto Hold
Kabin lebih lega dari generasi sebelumnya Masih banyak tombol dummy di pengaturan AC maupun dashboard bagian kanan sisi pengemudi
Dashboard punya ruang penyimpanan terbuka tambahan Dengkul kaki mentok ke dashboard meskipun posisi jok diatur rendah

Lanjut ke performa ya tentu saja seperti mesin CVT pada umumnya. Tak ada hentakan perpindahan gigi seperti Toyota Avanza AT lawas. Tapi ketika butuh limpahan tenaga besar, dalam mode otomatis semua itu tak bisa dicapai dalam waktu singkat. Performa larinya dari diam juga tak membuat badan menghentak ke sandaran punggung. 

Tampilan belakang Toyota Avanza 2022.

Namun beda cerita saat menggunakan mode manual 7 percepatan. Sejurus kemudian mobil ini bisa diajak untuk lari. Hemat kami mode ini cocok untuk dipakai kala menyalip. Sebab perpindahan giginya meskipun bukan yang responsif, tapi bertenaga. 

Kemudian lewat penggunaan CVT, ada potensi konsumsi bahan bakarnya lebih irit. Jalan cruising santai konstan di 80 km/jam putaran mesinnya bertahan di angka 1.500-1.600 rpm. Bandingkan dengan model lama, pada kecepatan yang sama putaran mesinnya sudah di atas 2.000 rpm. 

Ada slot penyimpanan di dashboard Toyota Avanza 2022.

Nanti dalam pengetesan yang lebih komprehensif, kita cari tahu bersama bagimana efisiensi bahan bakar, performa akselerasi, serta berapa putaran mesinnya saat melaju di kecepatan 100 km/jam. 

Rem tangan Toyota Avanza 2022 masih model tuas.

Oh iya mengenai kekedapan kabinnya untuk Toyota Avanza sedikit lebih baik dari model lawas. Dalam kondisi stationer hening, namun begitu injak gas dalam, mulai dari 2.000 rpm sudah mulai terdengar raungan mesinnya. Di bawah itu masih acceptable. 

Baca Juga: Baru Meluncur, Toyota Avanza dan Veloz 2022 Sudah Didiskon

Toyota Veloz Lebih Berkelas dari Avanza

Saatnya beralih ke Toyota Veloz. Impresi yang kami dapatkan adalah, ini merupakan Avanza yang dipoles lebih berkelas, elegan, dan harusnya kastanya tak mengisi segmen Low MPV. Maka dari itu cocoklah untuk konsumen yang mau Avanza tapi dengan fitur dan penampilan mewah. 

Interior Toyota Veloz 2022 jauh lebih berkelas.

Desain interior secara keseluruhan sama seperti Avanza. Hanya saja ada beberapa ubahan yang membuatnya lebih berkelas lagi, tapi sebagai gantinya fungsionalitas di dalam mobil jadi berkurang. Lebih rinci, begini plus minusnya.

Plus Minus Toyota Veloz 2022
(+) (-)
Speedometer layar TFT bisa diubah desainnya Panel piano black di bawah pengaturan AC terlalu besar dan tak memiliki fungsi
Lampu kabin sudah LED Tak punya slot penyimpanan terbuka seperti di Toyota Avanza di sisi penumpang depan
Jok terasa lebih empuk daripada Toyota Avanza Posisi wireless charger makan tempat, lebih baik diganti cup holder dan posisinya di konsol boks
Rem parkir sudah elektrik dengan Auto Hold Utilitasnya rendah, tak ada slot menyimpan uang elektronik atau recehan
Ruang konsol boks lebih besar Pilar A yang lebar dan relatif landai mengurangi pandangan saat belok
Cup holder model lipat dan pop-up, cukup ditekan Sebagai Low MPV termahal belum dilengkapi cruise control
Gagang pintu bagian dalam menyerupai handle di mobil SUV Tambahan lapisan warna putih di interiornya bisa cepat kotor dan kusam
Mode berkendara Eco dan Sport Genggaman setir kecil, terasa kurang mantap

Atas perubahan tersebut, kami merasakan feeling berkendara Toyota Veloz yang berbeda dari Avanza. Memang akan terasa lebih puas dan naik tingkat kepercayaan dirinya kala mengemudikan Veloz ketimbang Avanza. Kekedapan kabinnya ternyata juga lebih baik. Raungan mesin baru masuk ketika 2.600 rpm ke atas.

Speedometer Toyota Veloz serupa Toyota Raize.

Sementara itu mengenai performa mesinnya persis seperti Avanza, ada gejala 'ngeden' dulu saat hendak berakselerasi instan saat pakai mode otomatis. Lanjut soal bantingan suspensinya sama-sama nyaman. Tidak berisik saat melewati garis kejut di kecepatan 40 km/jam. 

Terakhir menyoal beban atau feeling setir, sudah jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Yang terbaru ini lebih ringan sehingga tak membuat cepat lelah. Tapi diameter genggaman setirnya yang kami rasa terlalu kecil. Andaikan lebih besar sedikit saja, pasti bakal lebih mantap saat mengemudikannya.

Toyota Veloz 2022 telah dilengkapi fitur wireless charger.

Kesimpulan

Low MPV ini telah berevolusi menjadi kendaraan yang mampu menjawab kebutuhan dan tren masa kini. Selain plus minus tadi, ada beberapa fitur hadir demi memanjakan siapa pun yang naik di Toyota Avanza dan Veloz terbaru. Sebut saja fasilitas pengisian gawai sudah sampai baris ketiga. 

Tak cuma itu, mengendarai mobil ini juga bisa mendapatkan pengalaman baru. Entah kenapa jauh lebih nyaman. Adrenalin rush ketika mengemudikannya tak begitu tinggi seperti saat membawa Avanza lama. Sederhananya karena nyaman, tak akan cepat merasa lelah. 

Panel di dashboard Toyota Veloz 2022 yang tak memiliki fungsi.

Lalu mana yang lebih baik? Dari impresi awal ini sebenarnya sudah ketahuan mana yang paling layak dibeli. Kami memilih Toyota Veloz sebagai jawabannya. Tapi dengan catatan, apabila Anda bisa berkompromi karena utilitas di dashboard-nya tak lebih baik dari Toyota Avanza. 

Anda bisa-bisa bingung di mana harus meletakkan uang eletronik, menyimpan recehan atau karcis parkir. Ya sebenarnya bisa sih diletakkan di cupholder, tapi nantinya estetika dan fungsionalitas kabinnya jadi berkurang. 

Dashboard Toyota Veloz 2022 berwarna putih bisa cepat kotor kalau pemiliknya jorok.

Beda cerita ketika Anda mampu menomorduakan gengsi, penampilan, dan mau mobil yang berfungsionalitas baik, Toyota Avanza menurut kami pilihan yang tepat. Toh spesifikasi mesin sama. Fitur pun serupa, khusus Avanza termahal juga ada Toyota Safey Sense. Serta sama-sama bisa ajak sanak saudara pergi bersama. 

Baca Juga: Fiturnya Lebih Lengkap, Sanggupkah Toyota Avanza 2022 Dijungkalkan New Mitsubishi Xpander?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Avanza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Toyota Veloz

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Memperkenalkan All New Toyota Veloz 2022

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Avanza
Lihat