Belum lama ini viral beredar sebuah video yang memperlihatkan Toyota Raize gak kuat nanjak. Kejadiannya disebut ada pada jalanan akses menuju Candi Ceto yang berlokasi di Karanganyar, Jawa Tengah.
Melalui akun Youtube @billyd1773dz seorang pengemudi Toyota Raize membagikan pengalamannya jika saat itu ia bersama keluarganya hendak liburan ke objek wisata tersebut. Namun sesaat sebelum tiba di lokasi, kendaraannya mengalami kesulitan menusuri akses jalan ke kawasan wisata itu.
Dari video yang ia unggah 8 Januari 2022, dinarasikan jika ia menggunakan Toyota Raize bermesin 1.0 Turbo. Namun pada tanjakan terakhir menuju lokasi wisata Candi Ceto yang kontur jalannya memiliki kemiringan sekitar 27 derajat, kendaraannya tak sanggup menuntaskan perjalanan.
Beberapa kali terlihat kecepatan mobil makin lama-makin menurun dan akhirnya terhenti. Bahkan si pengemudi juga menjelaskan ia sudah mencoba tiga kali mundur untuk mengambil ancang-ancang ulang. Tapi hasilnya tetap sama.
Baca juga : Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport
"Sudah di coba D S M1, TRC off, AC suda pasti mati, jaga momentum dari bawah rpm diusahakan di torque peak 2400-3600, muatan 4 orang dewasa 1 anak-anak, barang - barang dan stroler," tulsinya di kolom deskripsi.
Setelah tiga kali percobaan dan tetap Toyota Raize gak kuat nanjak, akhirnya ia memutuskan seluruh penumpang turun tinggal tersisa pengemudi. "Sampai 3x turun lagi ke yang relatif rata, rev sudah di 3000an which is di range turbo dan torsi maksimal, baru BISA setelah beban dikurangin," tulisnya lagi.
Baca juga : Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power
Masih dari penuturannya, ia berasumsi kalau Toyota Raize gak kuan nanjak di Candi Ceto ini akibat muatan yang terlalu berlebih. Dan pada saat dipaksakan sistem CVT di kendaraan tersebut akhirnya mengalami masalah.
Menariknya, ia juga menulis jika beberapa waktu sebelumnya pernah pula melintas lokasi yang sama. Namun tak menemukan gejalan tersebut. "Dulu pernah kesini saya supir sendiri pakai Ford Fiesta matic FWD aman-aman aja bebas drama," tulisnya di kolom deskripsi.
Kalau kita memperhatikan spesiifkasi teknis dari Toyota Raize Turbo, mobil ini menggunakan mesin 1.0L turbo berkode 1KR-VET dengan kubikasi 998 cc. Mesin 3-silinder berteknologi VVT-i and Turbocharger tersebut yang memproduksi tenaga puncak 98 PS di 6.000 rpm. Sementara torsi maksimumnya ada di 140 Nm pada saat putaran mesin 2.400-4.000 rpm.
Jika melihat deskripsi dari si pengunggah video, maka dapat diyakini unit yang ia gunakan adalah Toyota Raize 1.0 Turbo bertransmisi CVT. Mobil berpenggerak roda depan (FWD) itu juga telah dilengkapi paddle shift.
Baca juga : Toyota Raize 1.0T GR CVT Lebih Mahal Rp4,2 Juta dari Avanza 1.5 G CVT, Mana yang Lebih Cocok Dipilih?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR 1.0
16.422 km
2 tahun
Jakarta
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta