Seharga Agya Seken, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Alphard Gen-1

Di era 2000-an, populasi mobil jenis big MPV premium berpenampilan boxy tak sebanyak sekarang. Melihat kesempatan tersebut, beberapa Importit Umum (IU) mendatangkan Toyota Alphard gen-1 pada 2003 ke Indonesia atau satu tahun setelah debut pertama di negara asalnya.

Saat kemunculannya di Tanah Air, generasi pertama Alphard dengan kode body AH10 banyak diminati konsumen lantaran memiliki desainnya yang mewah sehingga dapat meningkatkan status sosial penggunanya. Bukan cuma itu, mobil ini banyak diburu karena juga menawarkan kenyamanan, keamanan serta keselamatan berkendara yang maksimal.

Dijajakan hingga 2008 sebelum digantikan oleh generasi keduanya yang dijual resmi oleh PT Toyota Astra Motor, untuk harga bekasnya saat ini Toyota Alphard gen-1 terbilang sangat terjangkau. Mengetahui pasaran harga sekennya, mobil ini ditawarkan mulai dari Rp120 jutaan atau setara dengan Agya lansiran tahun 2017.

Punya harga bekas yang terjangkau, kalian tertarik meminang Toyota Alphard gen-1 sebagai mobil keluarga yang nyaman dan terlihat mewah? Namun sebelum membelinya simak lebih dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Baca juga: Intip Koleksi Mobil Kaji Edan yang Nyentrik, Pemilik Toyota Alphard Livery Metro Mini

Kelebihan Toyota Alphard gen-1

1. Fitur Mewah Memanjakan Setiap Penggunanya

Jok captai seat serta fitur sunroof

Menempati segmen premium, untuk fiturnya generasi pertama Toyota Alphard ini terbilang lengkap. Seperti yang bisa dilihat di bagian dalamnya, mobil ini berhasil disematkan dengan jok elektrik, automatic sliding door, electric sunroof.

Tak hanya itu, mobil ini juga dibekali dengan head unit layar sentuh yang dapat difungsikan melalui tombol pada setir, pengaturan AC digital, material soft touch, jok dengan bahan kulit kulalitas premium, captain seat, serta arm rest disetiap tempat duduknya yang dapat memberikan kenyamanan terhadap setiap penggunanya.

Oh iya, untuk fitur keselamatannya di tahun segitu mobil ini terbilang lengkap. Seperti yang bisa dilihat, didalamnya kalian bisa menemukan airbag yang ada di depan dan samping penumpang, ABS (Anti-lock Bracking System) dan EBD (Electronic Brake Force Distribution).

Lainnya, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan stability control dan traction control guna memberikan rasa berkendara yang lebih aman dan nyaman.

2. Kabin Terasa Lega, Toyota Alphard Gen-1 Bisa Membawa Barang Banyak

Kabin Toyota Alphard gen-1 besar

Toyota Alphard gen-1 memiliki ruang legroom serta headroom yang besar dengan jok tebal menganut konfigurasi tempat duduk 2+2+2. Sanggup dimuati hingga enam orang sekaligus dalam sekali melakukan perjalanan, kalian bisa melakukan berbagai macam bentuk aktifitas di dalam kabin.

Tak hanya itu, mobil ini juga bisa membawa barang banyak berkat kabinnya yang luas. Terlebih saat jok belakang dilipat ke samping, serta jok baris kedua didorong ke depan, barang dengan jumlah banyak bisa masuk kedalamnya.

3. Tubuh Bongsor Toyota Alphard Gen-1 Terbilang Minim Gejala Body Roll

Handling Toyota Alphard gen-1 terasa stabil

Menurut data di atas kertas, generasi pertama Alphard memiliki panjang 4.840 mm, lebar 1.805 mm dan tinggi 1.935 mm. Untuk jarak sumbu rodanya berada di angka 2.900 mm dan berat kosong kendaraan mencapai 1.790 kg.

Mengenai suspensinya, pada bagian depan mobil ini menggunakan MacPherson Strut dan helical spring di roda belakangnya. Perpaduan antara dimensi serta suspensinya, dari segi handling reborn yang dihasilkan terbilang baik dan tidak menimbulkan gejala body roll ketika melakukan manuver dalam kecepatan tinggi. Selain itu, suspensi yang digunakan memiliki karakter yang lembut ketika melewati jalan keriting.

4. Varian 2.4L Murah dan Mudah Dalam Perawatan

Mesin 2.4L mudah dalam perawatan

Toyota Alphard gen-1 ditawarkan dalam dua pilihan jantung pacu, yakni 2.4L dan 3.0L. Untuk varian 2.4L dibenamkan mesin 2AZ-FE, 2.400 cc VVTi 4 silinder 16-valve yang sama digunakan Camry generasi kedua. Mengenai performanya, varian ini mampu melecutkan tenaga hingga 162 PS @5.600 rpm dengan torsi puncak 221 Nm @4.000 rpm yang dikawinkan transmisi matic 4-percepatan.

Bicara varian 3.0L mobil ini disematkan mesin 1MZ-FE V6 24-valve dengan perolehan tenaga 222 PS @5.800 rpm serta torsi 304 Nm @4.400 rpm. Untuk transmisinya, varian ini menggunakan matic ultra ECT 5-percepatan.

Meski varian 3.0L memiliki performa yang jauh lebih bertenaga, untuk spare partnya terbilang mahal dan sulit didapat. Berbeda dengan 2.4L, dari segi perawatan lebih mudah dan murah karena memiliki banyak persamaan dengan sedan premium Toyota.

Baca juga: Tips Beli Toyota Alphard Harga Murah, Perhatikan Beberapa Poin Ini

Kekurangan Toyota Alphard Gen-1

1. Kaki-kaki dan Engine Mounting Kerap Bermasalah

Kaki-kaki Toyota Alphard gen-1 terbilang lemah

Usia Alphard gen-1 rata-rata kini sudah lebih dari 15 tahun, untuk kendala yang sering dihadapi pengguna Alphard generasi pertama ada di bagian kaki-kaki serta engine mounting. Untuk engine mounting biasanya karena pemakian yang sudah cukup lama. Sedangkan kaki-kaki depan bermasalah selain karena usia, pemakaian yang ‘jorok’ bisa menimbulkan kerusakan pada bagian ini.

2.  Sliding Door Tidak Bisa Bekerja dengan Baik

Kelemahan selanjutnya yang sering dialami beberapa pengguna Toyota Alphard gen-1 ada pada sliding doornya. Dimana kasus seperti macet sering kali ditemukan saat pintu ingin dibuka atau ditutup secara otomatis. Umumnya hal ini terjadi akibat gear sliding door yang pecah.

Bukan cuma automatic siliding door yang bermasalah, kasus seperti motor listrik yang macet pada pintu bagasinya juga menimpa beberapa dari pengguna mobil ini.

3. Pajak Tahunan Masih Terbilang Mahal

Pajak Toyota Alphard gen-1 terbilang mahal

Harga bekas yang semakin terjangkau, untuk pajak tahunanya mobil ini masih terbilang mahal. Sebagai contoh, Toyota Alphard 2.4L tahun 2004, untuk pajak tahunannya kini hampir Rp3 jutaan.

Kesimpulan

Jika kalian tertarik membeli Toyota Alphard gen-1 sebagai mobil keluarga yang aman, nyaman dan terasa mewah, sebaiknya memilih varian 2.4L. Selain memiliki banyak persamaan dengan Camry dan Harrier, untuk partsnya tipe ini mudah ditemukan dan harganya bisa dibilang cukup terjangkau.

Namun sebelum membeli unit bekasnya, hal yang perlu diperhatikan adalah sistem kerja dari motor penggerak sliding door, sunroof, pintu bagasi, serta fitur-fitur lainnya yang secara fungsional masih bisa berjalan dengan baik.

Soal kaki-kaki juga perlu dicermati sebelum membeli unit bekasnya. Terlebih pada bagian transmisinya untuk memastikan apakah timbul hentakan ketika melakukan perpindahan gigi secara otomatis.

Baca juga: Kepraktisan di Baris Kedua Toyota Alphard, Bisa Bikin Betah Berlama-lama

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Alphard

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Waspadalah Pajero Sport dan Fortuner ! Kia luncurkan SUV Sorento 2021 fitur melimpah tampang sangar!

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Alphard
Lihat