5 Alasan Pilih Toyota Avanza G CVT TSS 2022, Meskipun Harganya Lebih Mahal

  • Dilengkapi Toyota Safety Sense dengan Blindspot monitoring
  • Layanan purnajual Toyota yang paling luas
  • Nilai jual kembali lebih tinggi 

Generasi terbaru duet keluarga Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza saat ini telah meningkatkan berbagai aspek dibandingkan generasi pertamanya. Bahkan pada silsilah keluarga Toyota Avanza, kini varian tertingginya Toyota Veloz telah menjadi model tersendiri.  Dengan berbagai kesamaan serta variasi varian yang begitu luas, varian apakah yang sebenarnya paling layak dipilih?

Sebelumnya kami sudah pernah menulis jika Anda mencari mobil sesuai dengan fungsinya sebagai alat transportasi, maka Daihatsu Xenia adalah pilihan yang paling masuk akal. Karena, untuk apa memilih mobil yang lebih mahal jika kebutuhan Anda akan akan sebuah mobil dapat terpenuhi tanpa perlu keluar uang lebih banyak. Namun tentunya pertimbangan tidak hanya berhenti sampai situ saja.

Soal pilihan desain dan fitur yang lebih baik, soal layanan purna jual hingga citra merek bisa menjadi pertimbangan lebih lanjut. Bahkan soal gengsi sekalipun bisa menjadi alasan yang membuat Anda memilih model dan varian yang lebih mahal. Kali ini kami akan berikan 5 alasan kenapa varian tertinggi Toyota Avanza G CVT TSS layak menjadi pilihan Anda yang tengah mencari LMPV keluarga.

Baca juga: Toyota Avanza Rebut Lagi Mahkota Mobil Terlaris di Indonesia Periode April 2022,

TSS pakai Blind Spot Monitoring

Fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) hanya akan ditemukan pada varian tertinggi keluarga Avanza ini, selain tentunya pada varian Veloz yang tertinggi. Namun dengan pertimbangan harga yang lebih murah hingga Rp35,3 Juta, maka varian Avanza G CVT TSS sudah dapat memberikan jaminan keselamatan lebih baik dengan berbagai fitur TSS yang tersedia.

Dan jika dibandingkan dengan Daihatsu Xenia yang juga memiliki fitur Advance Safety Assist (A.S.A), maka TSS yang dimiliki oleh Avanza ini juga lebih baik karena memiliki fitur lebih lengkap. Pada TSS yang dimiliki oleh Avanza telah dilengkapi oleh fitur Blind Spot Montoring (BSM) yang akan memberikan bantuan pada pengemudi saat berkendara.

BSM memberikan bantuan dalam mendeteksi berbagai objek yang ada di kedua sisi buta (blind spot) mobil dengan peringatan lampu dan suara. Saat berada di tengah lalu-lintas perkotaan misalnya, BSM akan sangat membantu memberi peringatan adanya sepeda motor atau mobil di kedua sisi mobil begitu kita menyalakan lampu sein. Jelas hal ini akan meningkatkan kewaspadaan pengemudi.

Baca juga: Adu Fitur Keselamatan Varian Termurah LMPV, Toyota Avanza 1.3 E Paling Bisa Diandalkan?

Efisiensi Bahan Bakar Sama-sama Menjanjikan

Sama-sama menggendong mesin 1.5 Liter berkode 2NR-VE, jantung pacu 4-silinder segaris 16 katup DOHC dengan teknologi Dual VVT-i pada Avanza ini jelas sama-sama menjanjikan konsumsi bahan bakar yang efisien. Saat kami mencoba mobil ini, konsumsi bahan bakar luar kota yang diperoleh bahkan mampu mencapai 25,5 km/liter. 

Untuk konsumsi bahan bakar dalam kota, dengan kondisi lalu-lintas yang padat, kami memang hanya memperoleh konsumsi bbm 7,1 km/liter, namun dengan mesin dan transmisi serupa, saudara kembarnya mampu meraih konsumsi bbm hingga 11,8 km/liter. Artinya, Avanza ini juga memiliki potensi yang serupa untuk mendapatkan konsumsi bahan bakat lebih irit.

Baca juga: Satu Jantung Pacu, Ini Perbedaan Konsumsi BBM Toyota Avanza 2022 vs Daihatsu Xenia 2022

Punya desain eksterior lebih mewah

Alasan ketiga kenapa Avanza ini juga lebih baik untuk dipilih terkait dengan selera desain eksteriornya. Toyota memberikan pendekatan yang lebih elegan pada desain Avanza dibandingkan saudaranya Daihatsu Xenia. Dengan bagian grill yang mendapatkan sentuhan chrome serta bilah horizontal yang besar.

Sementara desain Daihatsu Xenia tampaknya memang mendapatkan pendekatan lebih sporty, terutama dengan grill bermotif jaring serta aksen warna merah di beberapa bagian bodinya. 

Pada desain velg, palang jari-jari 10 spoke dengan sentuhan dual-tone juga lebih dominan menampilkan nuansa mengkilat. Pada Daihatsu Xenia, warna hitamnya lebih dominan dengan desain ala baling-baling.

Baca juga: Punya 5 Tipe, Ini Varian Toyota Avanza 2022 yang Paling Layak Dibeli

Layanan Purna Jual Toyota Lebih Banyak Ditemukan

Tak bisa disangkal jika Toyota merupakan pabrikan mobil paling besar di Indonesia, sehingga memiliki jaringan dealer dan bengkel yang juga paling luas. Dari website resmi Toyota Indonesia, diketahui jika tedapat 297 bengkel perawatan dan 70 bengkel bodi dan cat Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia saat ini. Artinya anda tidak perlu merasa khawatir kesulitan saat mencari bengkel untuk Toyota Avanza Anda.

Jika dibandingkan dengan jaringan purna jual Daihatsu yang juga berada di bawah satu naungan Astra International, maka Daihatsu pada akhir tahun 2021 lalu baru memiliki jaringan 264 dealer dimana 63 persen di antaranya sudah memiliki layanan lengkap 3S yaitu sales, service, dan spare part atau penjualan, servis, dan suku cadang.

Baca juga: Hitung Biaya Servis Toyota Avanza 2022 Hingga Tahun Kelima, Ganti Mesin dan Pakai CVT

Resale Value Avanza Salah Satu yang Terbaik

Salah satu alasan paling kuat kenapa Avanza layak untuk dipilih dan sukses menjadi mobil terlaris di Indonesia saat ini adalah nilai jual kembalinya yang lebih tinggi dibandingkan rival-rivalnya.  Untuk Toyota Avanza generasi pertama dan kedua misalnya, dari beberapa sumber informasi yang kami dapatkan, setelah berusia dua tahun nilai depresiasinya maksimal di kisaran 30 persen. Bahkan terkadang, untuk kondisi mobil yang masih baik, dalam satu tahun penurunannya hanya 10 persen.

Padahal angka depresiasi 30 persen terkadang sudah terjadi pada tahun pertama setelah mobil-mobil baru digunakan. Bahkan nilai jual kembali Avanza di generasi awal dahulu sempat sangat kecil sekali, bahkan nyaris sama dengan harga jual barunya. Tak dapat disangkal hal ini turut mempengaruhi nilai jual kembali All-New Avanza saat ini. Banyak pembeli mobil di kelas LMPV yang memilik Avanza karena merasa yakin bahwa mobil ini akan lebih mudah dijual dengan harga yang tinggi.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Sistem FWD Toyota Avanza 2022, Apakah Sesuai Ekspektasi Sebagai Mobil Sejuta Umat?

Kesimpulan

Toyota All-New Avanza memang menjadi salah satu fenomena sebagai pilihan mobil keluarga Tanah Air. Mobil ini bahkan sempat disebut sebagai mobil Sejuta Umat saking banyaknya beredar di jalanan Indonesia. Salah satu kekuatan utama Avanza adalah citra merek Toyota yang seakan menjadi jaminan ketenangan dalam memiliki mobil ini.

Dimulai dari mudahnya mencari jaringan purna jual hingga nilai jual kembali yang tinggi membuat mobil ini secara non-teknis mudah dipilih oleh konsumen Indonesia. Dengan kehadiran All-New Avanza yang menawarkan desain lebih modern, kenyamanan lebih baik dan fitur-fitur lebih canggih, bukan tak mungkin mobil ini akan kembali menjadi mobil Sejuta Umat di masa mendatang.


 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, a...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Avanza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Avanza
Lihat