window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hitung Biaya Servis Toyota Avanza 2022 Hingga Tahun Kelima, Ganti Mesin dan Pakai CVT Apakah Bikin Dompet Jebol?

Nussa · 29 Mar, 2022 12:01

Hitung Biaya Servis Toyota Avanza 2022 Hingga Tahun Kelima, Ganti Mesin dan Pakai CVT Apakah Bikin Dompet Jebol? 01

  • Biaya servis Toyota Avanza 2022 ternyata masih cukup terjangkau.
  • Padahal Toyota Avanza 2022 sudah pakai mesin dan banyak fitur baru.

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil, konsumen umumnya mencari tahu detail mengenai desain, performa, fitur, konsumsi bahan bakar minyak (BBM), hingga feeling berkendaranya. Tapi, ada satu hal lagi yang penting juga untuk diketahui, yakni mengenai perawatan mobil tersebut.

Sebagus apa pun suatu mobil, jika tidak dirawat tentu akan menurun performanya. Untuk itu, penting sekali melakukan perawatan rutin, khususnya pada sektor mesin. Dengan melakukan perawatan rutin, hingga usia lima tahun pun mobil akan tetap terjaga performanya.

Salah satu mobil yang banyak diminati, baik dari segi desain, fitur, performa, konsumsi BBM, hingga biaya perawatannya yang terjangkau adalah Toyota Avanza. Generasi terbaru multi purpose vehicle (MPV) ini pun telah resmi diluncurkan pada November 2021.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sejarah Toyota Avanza di Indonesia

Hitung Biaya Servis Toyota Avanza 2022 Hingga Tahun Kelima, Ganti Mesin dan Pakai CVT Apakah Bikin Dompet Jebol? 01

Toyota Avanza diminati banyak konsumen saat pertama kali keluar

Mobil ini termasuk produk Toyota di Indonesia yang punya sejarah cukup panjang. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, generasi pertama Avanza bertahan hingga 2011. Saat itu, Avanza tersedia dalam dua tipe, yakni 1.3 E dan 1.3 G. Sementara untuk sistem transmisinya, hanya tersedia manual saja.

Pada 2004, Toyota memperkenalkan tipe tertinggi Avanza yang sudah menggunakan teknologi Variable Valve Timing Intelligence (VVT-i), yakni 1.3 S VVT-i. Selain itu, terdapat pula pilihan transmisi otomatis 4 percepatan. Dari segi pengereman juga mengalami peningkatan, karena sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS).

Pada pertengahan tahun 2006, Avanza mengalami facelift dan muncullah New Avanza 1.5 S VVT-i. Penyegaran bisa dibilang cukup signifikan, karena terlihat adanya perubahan, mulai dari eksterior, interior, aksesori, fitur, peningkatan performa, dan mesin.

Baca juga : Punya 5 Tipe, Ini Varian Toyota Avanza 2022 yang Paling Layak Dibeli

Hitung Biaya Servis Toyota Avanza 2022 Hingga Tahun Kelima, Ganti Mesin dan Pakai CVT Apakah Bikin Dompet Jebol? 02

Toyota Avanza terus bertahan meski sudah berusia lebih dari satu dekade

Selain ada teknologi ABS, Avanza kali ini sudah dibekali velg alloy dan dilengkapi dengan sensor parkir belakang. Pada November 2009, Toyota juga menghadirkan tipe E dan tipe G, dengan pilihan sistem transmisi otomatis.

Mulai tahun 2011, generasi kedua Avanza mengambil alih setelah tujuh tahun didominasi oleh generasi pertama. Generasi kedua ini juga ubahannya sangat signifikan. Bahkan, bisa disebut juga dengan full model change. Namun, tetap tidak menghilangkan DNA dari Avanza.

Pada tahun yang sama, Toyota juga memperkenalkan varian terbaru, yakni Veloz. Nama tersebut diambil dari bahasa Inggris, Velocity, yang berarti kecepatan. Veloz menjadi varian tertinggi pada Avanza.

Hitung Biaya Servis Toyota Avanza 2022 Hingga Tahun Kelima, Ganti Mesin dan Pakai CVT Apakah Bikin Dompet Jebol? 03

Tampilan Toyota Avanza dari tahun ke tahun semakin modern

Dimensinya juga turut berubah menjadi lebih panjang dari generasi sebelumnya. Berbagai keluhan konsumen didengarkan dan Toyota pun melakukan peningkatan di bagian kabin dengan membuatnya lebih baik dalam meredam panas sinar matahari dan suara bising dari luar.

Pada generasi kedua, All New Avanza juga mendapat peningkatan pada bangku di baris kedua. Bangku tersebut tidak hanya memiliki kemampuan untuk reclining, tapi juga bisa digeser maju dan mundur. Pilihan mesinnya masih sama, yakni 1.3 L dan 1.5 L.

Pada Juni 2014, Avanza hadir dengan varian paling mewah yang diberi nama Avanza Luxury. Terlihat dari eksterior dan interiornya yang memang dibuat lebih terkesan mewah. Toyota juga kembali melakukan peningkatan dengan menyematkan Dual SRS Airbag dan meningkatkan kemampuan menyerap Noise, Vibration, dan Harshness (NVH) jadi lebih baik. Selain itu, bagian jok dibuat lebih tebal dan nyaman. Baris kedua juga mendapatkan tiga headrest atau sandaran kepala.

Hitung Biaya Servis Toyota Avanza 2022 Hingga Tahun Kelima, Ganti Mesin dan Pakai CVT Apakah Bikin Dompet Jebol? 04

Toyota Veloz GR Sport yang usianya singkat

Pada Juni 2015, Toyota kembali melakukan penyegaran dengan meluncurkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Ubahannya dapat terlihat dari penggunaan lampu multi-reflektor, grille, bumper, dan beberapa detail lainnya.

Selanjutnya, pada Januari 2019, Toyota memberikan peningkatan pada Avanza, baik pada eksteriornya maupun interior. Ubahan paling signifikan ada pada penerangannya, yakni lampu depan yang sudah mengadopsi teknologi LED dan dibuat terbelah dua. Sehingga, mirip dengan MPV mewah, seperti Voxy dan Vellfire.

Pada generasi ketiga, akhirnya Toyota kembali melakukan ubahan setelah satu dekade bertahan dengan generasi kedua. Ubahan yang dilakukan Toyota juga cukup signifikan, mulai dari eksterior, interior, dan yang paling luar biasa adalah teknologi dan fitur yang disematkan. All New Avanza juga sudah menggunakan penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD).

Baca juga : Jangan Kaget Lihat Biaya Servis Bugatti Chiron, Sekali Ganti Oli Bisa Kebeli Xpander Bekas

Biaya Servis Toyota Avanza 2022

Hitung Biaya Servis Toyota Avanza 2022 Hingga Tahun Kelima, Ganti Mesin dan Pakai CVT Apakah Bikin Dompet Jebol? 05

Desain bodi Toyota All New Avanza terlihat lebih tegas

Toyota Avanza harganya semakin naik dari tahun ke tahun. Apalagi, teknologi yang disematkan sekarang juga semakin canggih. Meski demikian, soal biaya perawatan atau servis, mobil ini masih tergolong ramah di kantong alias cukup terjangkau.

Toyota juga memberikan penawaran menarik dengan gratis jasa dan spare parts hingga servis berkala keenam atau saat mobil mencapai jarak tempuh 50.000 km atau 4 tahun pemakaian. Tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Dengan kata lain, pemilik mobil hanya perlu mengisi bahan bakar selama 4 tahun atau sampai 50.000 km. Tapi, setelah itu, konsumen akan mulai dikenakan biaya perawatan dan pergantian spare part. Penawaran atau promo tersebut tentunya akan sangat menguntungkan bagi konsumen.

Untuk servis ketujuh atau setelah mobil berusia empat tahun, konsumen akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.305.000. Tidak dijelaskan secara detail komponen apa saja yang perlu diganti. Tapi, pada umumnya perawatan mesin memerlukan pergantian spare part yang bersifat fast moving, seperti oli mesin, filter oli, filter udara, filter kabin, dan lainnya.

Hitung Biaya Servis Toyota Avanza 2022 Hingga Tahun Kelima, Ganti Mesin dan Pakai CVT Apakah Bikin Dompet Jebol? 06

Tampilan generasi ketiga Toyota Avanza semakin modern dan mewah

Perawatan berikutnya pada 70.000 km atau servis kedelapan. Pada periode ini, konsumen akan dikenakan biaya sebesar Rp1.165.700. Lalu, pada servis kesembilan atau saat menempuh 80.000 km, biayanya bertambah menjadi Rp 2.483.300.

Saat odometer sudah mencapai angka 90.000 km atau masuk servis kesepuluh, biaya yang perlu dikeluarkan mencapai Rp1.165.700. Terakhir, servis kesebelas atau saat mobil sudah menempuh jarak 100.000 km. Pencapaian jarak tersebut menurut estimasi Toyota adalah pemakaian selama lima tahun. Biaya yang perlu dikeluarkan pada periode ini adalah Rp 2.294.000.

Sehingga, jika dijumlahkan semuanya, maka konsumen atau pemilik Toyota All New Avanza harus menyiapkan dana sebesar Rp8.413.700 untuk lima tahun pemakaian. Jika dibagi per tahun, maka total biaya perawatan mencapai Rp1.682.740. Dengan kata lain, konsumen per bulannya perlu menyiapkan Rp 140.228. Tentunya, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga : Segini Biaya Servis Toyota Veloz GR Limited Sampai 100.000 Km

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil