window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Fitur Keselamatan Varian Termurah LMPV, Toyota Avanza 1.3 E Paling Bisa Diandalkan?

Enda · 9 Mei, 2022 16:30

Fitur keselamatan Toyota Avanza

Tak hanya Toyota Avanza, di segmen LMPV beberapa pabrikan otomotif di Tanah Air juga menawarkan jenis produk yang sama. Pada dasarnya, kendaraan LMPV banyak dipilih oleh keluarga Indonesia karena mampu membawa barang dengan jumlah banyak, serta dapat menampung hingga tujuh orang sekaligus.

Di Indonesia, mobil jenis ini ditawarkan dalam beberapa varian, mulai dari yang paling murah, sedang hingga termahal guna menyesuaikan isi kantong para konsumennya. Contoh untuk LMPV dengan trim termurah yang ada saat ini seperti; Toyota Avanza 1.3 E, Daihatsu Xenia 1.3 M, Mitsubishi Xpander GLS, Suzuki Ertiga GA, Honda Mobilio S dan Wuling Confero DB.

Dari model yang disebutkan, kira-kira siapa yang memiliki fitur keselamatan paling lengkap?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Satu Jantung Pacu, Ini Perbedaan Konsumsi BBM Toyota Avanza 2022 vs Daihatsu Xenia 2022

1. Toyota Avanza 1.3 E

Toyota Avanza

Toyota Avanza 1.3 E

Generasi ketiga Toyota Avanza telah jauh berbeda dibanding model sebelumnya. Dari segi berkendara, mobil ini terasa lebih nyaman berkat penggunaan platform baru yakni DNGA dengan sistem penggerak roda depan, fitur unggulan, keamanan serta keselamatan yang semakin komplit.

Sebagai tipe termurah, Toyota Avanza 1.3 E untuk fitur keselamatannya telah dibekali dengan emergency stop signal, child safety lock, dual SRS airbag, Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Tidak hanya itu, mobil ini juga diperkuat dengan adanya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), seatbelt warning dan ISOFIX yang merupakan fitur keselamatan standar baru.

2. Daihatsu Xenia 1.3 M

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia 1.3 E

Bicara Daihatsu Xenia 1.3 E, tipe termurah Xenia ini punya fitur keselamatan lebih sedikit dibandingkan varian terendah saudara kembarnya. Seperti yang diketahui, Daihatsu sendiri hanya membekalinya dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD), dual airbag, emergency stop signal, child safety lock dan ISOFIX.

3. Mitsubishi Xpander GLS

Mitsubishi Xpander GLS

Mitsubishi Xpander GLS

Tak ingin kalah dengan Avanza-Xenia, pada Mitsubishi Xpander GLS kalian bisa menemukan fitur keselamatan seperti; Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dual SRS airbag, seatbelt warning, emergency stop signal, child safety lock, serta ISOFIX. Tak hanya itu, didalamnya mobil ini juga telah tersematkan Active Stability Control (ASC) dan juga Hill Start Assist (HSA) untuk memberikan perlindungan lebih terhadap setiap penggunanya.

Baca juga: Hadir Dalam Tiga Varian, Ini Perbedaan Suzuki Ertiga GA, GL dan GX

4. Suzuki Ertiga GA

Suzuki Ertiga GA

Suzuki Ertiga GA

Sebagai tipe paling murah, Suzuki Ertiga GA ternyata mendapatkan fitur keselamatan yang tak kalah keren dari beberapa pesaingnya. Dimana fitur seperti sasis dengan teknologi Heartect, child safety lock, seatbelt reminder, emergency stop signal, 2 point parking sensor, serta door open warning, ISOFIX sudah bisa kalian jumpai didalamnya.

Guna memberikan perlindungan lebih terhadap setiap penggunanya, fitur berupa dual SRS airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD), juga tersematkan pada mobil ini.

5. Honda Mobilio S

Honda Mobilio S

Honda Mobilio S

Kini Honda Mobilio S menjadi satu-satunya varian yang ditawarkan oleh Honda Prospect Motor. Sebelumnya HPM menawarkan tipe E dan RS sebagai dua varian diatasnya.

Menempati kelas paling bawah, Mobilio S sendiri telah menggunakan rangka G-CON + ACE untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan, serta dilengkapi dual front SRS airbags untuk perlindungan lebih lengkap. Sistem pengereman juga didukung dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Fitur Brake Distribution (EBD).

Disisi lain, kalian juga akan menemukan seatbelt reminder untuk pengemudi dan penumpang depan, emergency stop signal, pretensioner with load limiter seatbelt, ISOFIX & Tether, dan terakhir parking sensor.

6. Wuling Confero DB

Wuling Confero DB

Wuling Confero DB

Dibandingkan dengan Toyota Avanza 1.3 E, Daihatsu Xenia 1.3 M, Mitsubishi Xpander GLS, Suzuki Ertiga GA dan Honda Mobilio S, Wuling Confero DB memiliki fitur keselamatan paling pelit. Untuk memberikan keselamatan terhadap penggunanya, tipe termurah Confero ini hanya mengandalkan seatbelt, dan emergency stop signal. Bahkan fitur seperti ABS dan EBD belum tersedia di varian ini.

Kesimpulan

Setelah membahas satu persatu fitur keselamatan dari varian termurah masing-masing model LMPV populer saat ini, secara konklusi Toyota Avanza 1.3 E punya fitur paling lengkap yang kemudian disusul Mitsubishi Xpander GLS, Honda Mobilio S, Suzuki Ertiga GA, Daihatsu Xenia 1.3 M dan terakhir Wuling Confero DB.  

Meski memiliki fitur keselamatan paling lengkap, untuk harga bandrolnya dari enam model yang kami bahas di atas, Mitsubishi Xpander GLS lah yang mempunyai harga baru paling mahal.

Baca juga: Selisih Rp23,5 Juta, Tetap Pilih Wuling Confero DB Facelift atau Wuling Confero S Facelift?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil