Perbandingan Konsumsi BBM Datsun GO Vs Toyota Agya, Mana Lebih Irit Buat Harian?

  • Perbandingan konsumsi BBM Datsun GO vs Toyota Agya ternyata cukup tipis.
  • Tapi Datsun GO kalah soal tenaga mesin.
  • Datsun GO juga sudah tidak diproduksi lagi, sementara Toyota Agya terus eksis hingga kini.

Satu dari beberapa tujuan dibuatnya Low Cost Green Car (LCGC) adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan ekonomi kelas menengah untuk memiliki mobil. Mobil yang diciptakan juga tak hanya dijual dengan harga yang terjangkau, tapi juga ramah lingkungan. Indikatornya adalah bagaimana para produsen bisa membuat irit konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mobil LCGC.

Dari sekian banyak mobil LCGC yang dipasarkan, beberapa di antaranya cukup laris di pasaran hingga sering kali disandingkan. Contohnya, seperti Datsun GO vs Toyota Agya. Kedua mobil ini masih banyak dijadikan incaran karena konsumsi BBM-nya yang irit.

Sempat menandai kembalinya Datsun di Indonesia

Datsun GO merupakan mobil pertama yang diluncurkan setelah Datsun sempat berhenti kiprahnya di Indonesia pada tahun 1986 lalu. Datsun sendiri menjadi bagian dari Nissan Motor Company. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2013.

Datsun GO tak hanya dipasarkan di Indonesia saja, tapi juga diekspor ke berbagai negara lainnya, seperti India, Afrika Selatan, dan lain-lain. Sayangnya, usia mobil ini maupun Datsun di Indonesia tak bertahan lama, karena produksi dan penjualannya dihentikan pada tahun 2019.

Toyota Agya masih sukses sampai sekarang

Sedangkan Toyota Agya, sudah diluncurkan lebih dulu oleh Toyota. Mobil ini mulai dipasarkan pada tahun 2012. Penjualan Toyota Agya pada tahun pertamanya sangat luar biasa. Bahkan, baru di tahun kedua, Toyota Agya sudah memegang peringkat kedua dari penjualan mobil Toyota di Indonesia.

Berbeda dengan Datsun GO yang sudah dihentikan produksi dan penjualannya, Toyota Agya masih terus diproduksi dan dipasarkan hingga sekarang ini.

Baca juga : Harga di Bawah Rp100 Juta, Pilih Datsun Go+ Atau Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Bekas?

Perbandingan Mesin Datsun GO vs Toyota Agya

Datsun GO dibekali mesin 3 silinder dengan kapasitas 1.200 cc

Pada sektor mesin, baik Datsun GO maupun Toyota Agya sama-sama dibekali dengan mesin berkapasitas 1.200 cc atau 1.2 L. Tapi, jumlah silinder yang dimiliki mesin Datsun GO hanyalah 3. Sedangkan pada Toyota Agya, sudah memakai mesin 4 silinder. Perbedaan jumlah silinder tersebut cukup berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan.

Mesin 3 silinder Datsun GO dengan transmisi CVT mampu menghasilkan tenaga maksimumya sebesar 78 PS pada putaran mesin 5.000 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 104 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Toyota Agya dibekali mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.200 cc

Sementara Toyota Agya, mesin 4 silinder yang dimilikinya mampu menghasilkan tenaga maksimum yang lebih besar, yakni 88 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 107,8 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Perbandingan Konsumsi BBM Datsun GO vs Toyota Agya

Dengan mesin 3 silinder berkapasitas 1.200 cc, Datsun GO diklaim dapat menghasilkan konsumsi BBM hingga 20,6 kilometer per liter. Sementara untuk Toyota Agya, dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.200 cc, konsumsi BBM mobil ini diklaim dapat tembus hingga 19 kilometer per liter.

Perbadingan konsumsi BBM Datsun GO vs Toyota Agya tidak signifikan

Baca juga : Kelemahannya Lebih Banyak, Alasan Datsun Go Plus Tergusur Daihatsu Sigra

Selisih konsumsi BBM Datsun GO vs Toyota Agya memang tidak signifikan. Konsumsi BBM yang lebih efisien dapat dihasilkan oleh Datsun GO, meskipun tenaga yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan Toyota Agya. Tapi, justru hal tersebut yang dapat meningkatkan efisiensi konsumsi BBM-nya. Sementara Toyota Agya, tenaga yang dihasilkan lebih besar, tapi konsumsi BBM yang dihasilkan tidak seirit Datsun GO.

Namun, perlu diketahui, konsumsi BBM yang dihasilkan tiap mobil dapat berbeda-beda. Sebab, konsumsi BBM suatu mobil dapat ditentukan oleh berbagai faktor, seperti kondisi mesin, kondisi lalu lintas, kondisi cuaca, jenis bahan bakar yang digunakan, gaya berkendara, tekanan udara pada setiap ban, beban yang dibawa, dan lainnya.

Perbandingan Harga Datsun GO vs Toyota Agya

Harga jual Datsun GO dengan kondisi bekas sangat terjangkau

Sekarang ini, hanya tinggal Toyota Agya yang masih diproduksi dan dijual di Indonesia. Ada empat varian yang ditawarkan, yakni 1.2 G MT STD dengan harga Rp 155,5 juta (on the road Jakarta), 1.2 G AT STD dengan harga Rp 168,9 juta (on the road Jakarta), 1.2 GR Sport MT dengan harga Rp 160,9 juta (on the road Jakarta), dan 1.2 GR Sport AT dengan harga Rp 176,6 juta (on the road Jakarta).

Sedangkan Datsun GO, sekarang ini harga bekasnya di pasaran berkisar antara Rp 65 jutaan hingga Rp 105 jutaan, tentunya tergantung dari kondisinya. Untuk tahun produksinya, paling banyak tersedia di pasaran dengan rentang 2014 hingga 2019.

Kesimpulan

Toyota Agya merupakan salah satu produk terlaris di kelas LCGC

Datsun GO memang memiliki konsumsi BBM yang lebih irit dibandingkan Toyota Agya, tapi selisihnya tidak signifikan. Selain itu, tenaga yang dihasilkan mesinnya juga kalah dari Toyota Agya. Ditambah lagi, Datsun GO sudah tidak diproduksi lagi. Meskipun untuk suku cadangnya masih terjamin, karena masih bisa menggunakan substitusi dari Nissan March.

Sedangkan Toyota Agya, hingga sekarang masih terus diproduksi dan terus mengalami penyempurnaan dari Toyota. Maka itu, tak heran jika banyak masyarakat yang lebih memilih untuk meminang Toyota Agya dibandingkan Datsun GO. Banderol Toyota Agya juga masih cukup terjangkau, meskipun tiap tahunnya terus mengalami penyesuaian harga.

Perbandingan Data Spesifikasi Datsun GO vs Toyota Agya
Spesifikasi Datsun GO Toyota Agya
Panjang 3.788 mm 3.660 mm
Lebar 1.636 mm 1.600 mm
Tinggi 1.507 mm 1.520 mm
Jarak Sumbu Roda 2.450 mm
Kapasitas Mesin 1.200 cc
Jumlah Silinder 3 silinder 4 silinder
Tipe Transmisi CVT         Otomatis
Bahan Bakar Bensin Bensin
Tenaga Maksimal 78 PS / 6.000 rpm 88 PS / 6.000 rpm
Torsi Maksimal 104 Nm / 4.000 rpm 107,8 Nm / 4.200 rpm
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang Torsion Beam Semi-Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum
Ukuran Ban 155/70-14 175/65-14
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Datsun GO

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Datsun GO+ Baru Untuk Reuni dan Kebahagiaan Keluarga

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

Nyoba Dua Varian Agya Baru, Apa Saja Bedanya? | All New Toyota Agya G & GR Sport

NEW 2021 TOYOTA AGYA

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Datsun GO
    Rp 112,09 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    GO vs Brio
  • Datsun GO
    Rp 112,09 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    GO vs Agya
  • Datsun GO
    Rp 112,09 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    GO vs March
  • Datsun GO
    Rp 112,09 Juta
    VS
    Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    GO vs Ignis
  • Datsun GO
    Rp 112,09 Juta
    VS
    Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    GO vs Ayla
Datsun GO
Lihat