Awal Mula Hadirnya Toyota Hiace Gen 1 dan 2, Mantan Rival Elsapek yang Harus Purnabakti

Sekarang ini, banyak orang mengenal sosok Toyota Hiace sebagai mobil travel antar kota atau minibus untuk rombongan pariwisata. Namun jauh sebelum itu, Hiace ini dulu juga sempat jadi kendaraan niaga yang tangguh untuk angkutan barang. Karena tak mendapat penyegaran setelah generasi kedua, maka kiprah Toyota Hiace harus terhenti selama beberapa waktu.

Menurut sejarah, kehandiran Hiace ini sudah cukup lama di Indonesia, yaitu sejak 1971. Bahkan Toyota Hiace minibus hingga saat ini masih digunakan sebagai kendaraan angkutan penumpang di kota kecil, karena mampu menampung hingga 15 penumpang. 

Baca juga:

Alasan Toyota Hiace Jadi Andalan Pengusaha Travel dan 'Menyingkirkan' Isuzu Elf NKR

Hadapi Euro4, Toyota Luncurkan New Hiace dan New Dyna dengan Teknologi dan Tampilan Baru

5 Alasan Toyota Hiace Euro 4 Masih Pantas Dipakai Bisnis Travel

Kemudian untuk kendaraan pick up, Hiace ini menjadi salah satu pelopor pick up diesel dengan desain cab over engine alias tanpa bonnet. Kesuksesannya ini lantas mendorong Mitsubishi merilis L300 yang juga bermesin diesel. Hanya saja, L300 atau Elsapek terus eksis hingga sekarang sedangkan Hiace diesel harus pensiun di tahun 1985. 

Nah, seperti apa sih ketangguhan Hiace ini? Mengapa unit tuanya sanggup bertahan di tengah munculnya pick up diesel modern? Berikut ini ulasan mendalam tentang sosok Toyota Hiace generasi pertama dan kedua.

Toyota Hiace H10, Generasi Pertama di Indonesia

Kiprah Toyota Hiace di Tanah Air ini sudah dimulai sejak dekade 1960-an. Saat itu mulai banyak mobil-mobil van atau minibus yang berasal dari light commercial vehicle. Melalui industri karoseri, pick up kemudian dimodifikasi menjadi kendaraan penumpang.

Generasi pertama ini memiliki 2 lampu depan berbentuk bulat berdempetan pada bagian kanan dan kiri.  Hiace versi impor ditawarkan dalam berbagai macam mesin, mulai dari 1300cc, 1500cc, 1600cc sampai 1800cc dimana semuanya menggunakan mesin 4 silinder. 

Namun untuk Hiace yang diproduksi lokal didukung mesin 12R dengan konfigurasi 4 silinder segaris berkapasitas 1600cc. Mesin ini diklaim sanggup mengahasilkan tenaga sebesar 83Hp pada 5.400 rpm SAE. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 4 percepatan. Kiprah Hiace H10 ini saat itu berhadapan dengan Mitsubishi Colt T120.

Perlu diketahui bila Toyota Hiace generasi pertama ini sebenarnya sudah masuk ketika Toyota baru sebuah distributor, sebelum adanya PT Toyota Astra Motor. Saat itu Hiace hadir dalam bermacam-macam jenis, mulai dari pickup, pickup dengan kanopi untuk bisa membawa penumpang macam angkot dan mobil omprengan, hingga van alias minibus yang dilengkapi dengan pintu geser serta panel van atau yang sekarang lebih populer disebut sebagai blind van. Nah, untuk varian minibus dari Hiace yang masih dibuat diluar negeri ini cukup banyak digunakan oleh instansi pemerintahan.

Setelah PT Toyota Astra Motor berdiri, pada 1974 mulai membuat versi CKD dari Toyota Hiace meskipun yang diproduksi di Indonesia ini hanyalah varian pickupnya saja. Hiace pickup di Indonesia juga banyak yang dikaroseri menjadi minibus dengan bentuk yang berbeda dengan versi luar impor.

Dulunya Hiace H10 jamak digunakan pebisnis rental untuk mengangkut barang untuk versi pikap. Sementara untuk versi minibus sering digunakan sebagai kendaraan antar-jemput karyawan juga wisatawan karena mampu menampung hingga 8 penumpang. 

Kini tidak banyak Toyota Hiace generasi pertama yang tersisa karena termakan karat dan usia. Ini karena mobil-mobil sebelum era 80an belum semuanya mendapat teknologi anti karat dalam proses produksinya.

Toyota Hiace H11, Tenar Sebagai Mobil Pick Up Serba Bisa

Toyota Hiace generasi kedua hadir periode 1977 hingga 1985 atau berbarengan dengan Toyota Kijang. Perbedaan dengan generasi pertama yaitu pada desain headlamp Lingkaran berukuran besar dengan moncong hampir membulat seperti kapsul. Saat itu, Hiace H11 hadir dalam versi pick up dan minibus.

Mesinnya masih sama seperti H10, yakni 4 silinder segaris berkapasitas 1.350 cc bertenaga 69 dk. Lalu ada mesin 1.600 cc bertenaga 82 dk. Kemudian pada 1980, muncul varian bermesin diesel yang menggunakan mesin Toyota L diesel. Mesin diesel 4 silinder 2200cc ini kemudian menjadi lebih populer dibanding mesin 12R pada Toyota Hiace.

Hiace generasi kedua terbagi menjadi 4 varian yaitu Hiace H11, H20, H30 dan H40. Perbedaan antara keempat varian ini ada pada ukuran sasis serta bodinya. Hiace H11 merupakan Hiace pickup dengan sasis yang paling pendek dan menjadi satu-satunya varian Hiace yang masuk dan dirakit di Indonesia. 

Hiace ini awalnya hanya tersedia varian pickup dengan bak standar. Karena munculnya berbagai permintaan, Toyota akhirnya membuat varian Hiace chassis. Bentuknya mirip Hiace pickup tanpa bak tapi bagian tengah hingga ke belakang cuma kerangka saja, karena nantinya akan dikirim ke perusahaan karoseri lokal untuk dibuat bodi minibus.

Hiace ada juga varian built up yang masuk melalui kedutaan asing. Biasanya Hiace minibus built up ini sudah memakai pintu tengah model geser (sliding door) dan pintu belakang model bukaan ke atas.

Hiace Terpaksa Pensiun, Kalah Saing dengan Kijang dan Elsapek

Kiprah Hiace generasi kedua bisa dibilang terpaksa pensiun karena konsumen Tanah Air lebih memilih Kijang yang harganya lebih murah dan modern dibanding Hiace. Lagi pula Toyota juga sepertinya lebih fokus untuk memasarkan Kijang, lantaran memang ini produk yang diproyeksikan memenuhi kebutuhan pasar Tanah Air.

Penjualan Hiace saat itu juga kalah diminati masyarakat jika dibanding Mitsubishi Colt T120 dan Colt L300 karena Hiace dianggap kurang handal di wilayah pegunungan dan tanjakan. Toyota Hiace saat itu lebih populer di wilayah perkotaan yang kontur tanahnya datar seperti Jakarta 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota HiAce

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Honda ODYSSEY E 2.4

Rp 575,00 Juta
Rp 11,72 Juta/bln

38.327 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

Rp 521,00 Juta
Rp 10,62 Juta/bln

28.559 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 BMW 3 20I (CKD) 2.0

Rp 551,00 Juta
Rp 11,23 Juta/bln

47.554 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5

Rp 653,00 Juta
Rp 13,30 Juta/bln

35.681 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda ACCORD TC EL 1.5

Rp 494,00 Juta
Rp 10,07 Juta/bln

30.464 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota HiAce
    Rp 543,00 Juta
    VS
    Toyota Voxy
    Rp 501,80 Juta
    HiAce vs Voxy
Toyota HiAce
Lihat