Mobil dengan kapasitas 7-seater, Toyota Kijang Innova banyak disukai keluarga Indonesia karena mempunyai banyak kelebihan. Salah satu faktor yang membuat Innova disukai selain mampu dimuati anggota keluarga dengan jumlah banyak, mobil ini mudah dalam hal perawatan serta cukup nyaman digunakan. Bicara generasi keduanya, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Kijang Innova Reborn pada 2016.
Model yang dijajakan saat itu adalah G, V dan Q sebagai tipe teratasnya. Untuk harga bekasnya, Toyota Kijang Innova V 2016 mengutip dari situs Mobil123.com, varian tengahnya tersebut kini ditawarkan mulai dari Rp270 jutaan. Tangguh, muat banyak serta mudah dalam perawatan, simak beberapa hal penting terkait Toyota Kijang Innova V 2016 melalui ulasan berikut ini.
Baca juga: Wujud Toyota Kijang Innova Zenix Semakin Jelas, Apa Aja yang Berubah?
Secara penampilan luar varian V di Toyota Kijang Innova 2016 terlihat sama dengan tipe G nya. Memiliki kesan gagah, modern dan juga sporty, untuk lampu utamanya Innova V 2016 masih mengandalkan lampu halogen multi reflector dengan bentuk tajam.
Grillnya pun sama dengan menggunakan ukuran besar berbentuk trapezoid yang terbadi menjadi dua bilah bergaris horizontal. Agar dapat memberikan visibilitas yang baik, di ujung bumpernya terdapat foglamp yang berhimpitan secara langsung dengan lampu seinnya.
Pada bagian samping, varian tengah Innova ini berhasil diaplikasikan velg Alloy model palang dengan kelir silver berukuran R16 ini. Di bagian belakang terdapat tambahan garnish di tengah yang terintegrasi dengan lampu rear combination berdesain boomerang.
Menyoal fitur yang adai didalamnya, Toyota Kijang Innova V 2016 berhasil disematkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung format USB, AUX, Bluetooth, Voice Command, Air Gesture serta SD Card. Selain itu juga sistem hiburannya tersebut sudah mendapat jaringan Internet, DLNA, Miracast, HDMI dan Mirrorlink.
Guna memberikan rasa nyaman terhadap penggunanya, untuk menjalankan atau mengatur segala informasi pada meter cluster atau sistem infotaimentnya, setirnya telah diaplikasikan fitur steering switch control yang juga terkoneksi dengan head unitnya. Supaya pengemudi merasa nyaman, setirnya pun menganut fitur tilt dan telescopic yang memiliki fungsi untuk merubah posisi setir sesuai postur tubuh pengendara.
Berbeda dengan varian G, untuk pengaturan AC Kijang Innova G sudah menggunakan tampilan digital Automatic cooler, yang mana setiap barisnya mendapat louver AC di bagian atapnya. Terasa mewah dan nyaman digunakan, sebagai varian tengah Kijang Innova V turut tersematkan Center+Rear personal+Indirect (LED), illumination light dan defogger.
Untuk diketahui Kijang Innova V 2016 masih menggunakan kunci model putar dengan immobilizer belum keyless entry. Meski begitu untuk spionnya sudah menganut fitur retractable, dan yang spesialnnya pada baris kedua sudah mendapatkan table tray.
Mengutamakan kenyamanan penumpang serta durabilitas, untuk fitur keselamatan Toyota Kijang Innova V 2016 terbilang sederhana. Sebagai fitur keselamatan standar, mobil ini telah mendapatkan 3 airbags (dual front & driver knee), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat belt Warning, serta sensor parkir.
Meski sistem pengeremannya masih mengandalkan cakram di roda depan serta tromol pada roda belakangnya, untuk menghindari menguncinya roda serta mengantisipasi tergelincir saat menginjak rem secara tiba-tiba, pabrikan telah melengkapinya dengan Anti-lock Braking System (ABS) Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Bicara soal fitur keamanannya, mobil ini hanya dilengkapi immobilizer dan alarm.
Dijual Rp270 jutaan untuk kondisi bekasnya, Toyota Kijang Innova V 2016 dibekali dengan mesin bensin 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i 1.998 cc. Mesin ini diketahui mampu merilis tenaga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada putaran 4.000 rpm. Berada di atas Rp300 jutaan, untuk kondisi bekas varian V dieselnya menggunakan jantung pacu 2GD-FTV 2.393 cc, 4-silinder, 16 valve DOHC with VNT Intercooler. Di atas kertas, performa yang dihasilkan untuk tenaganya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm serta torsi maksimal 359 Nm di angka 1.200 – 2.600 rpm.
Bicara mengenai gearbox, kedua mesin dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic.
Sebagai Medium MPV yang menawarkan kenyamanan berkendara, baris ketiga Toyota Kijang Innova V 2016 masih cocok disinggahi penumpang dewasa. Hal ini dikarenakan untuk lantai kabinnya mobil ini dibuat tidak terlalu tinggi meski ditopang menggunakan sasis ladder frame.
Selain kabinnya yang tidak terlalu tinggi, untuk jarak leg room serta head roomnya mobil ini juga terbilang jauh sehingga penumpang paling belakang masih bisa melakukan aktifitas lain selama berkendara.
Untuk bisa dapatkan lebih banyak pilihan Toyota Kijang Innova V 2016, klik di SINI
Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM Mesin 1KD dan 2GD di Toyota Kijang Innova Diesel, Mana Paling Efisien?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0
89.898 km
6 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat