4 Hal yang Disayangkan dari Toyota Kijang Innova Zenix, Mahal Belum Tentu Lebih Baik?

Segmen Medium MPV kembali ramai setelah PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan generasi ketujuh Innova yang dinamakan Toyota Kijang Innova Zenix. Menempati segmen yang sama seperti Wuling Cortez, Kijang Innova Zenix terlihat lebih modern sekaligus nyaman dibandingkan model sebelumnya berkat desain yang ditampilkan, platform baru, fitur unggulan dan keselamatan lengkap, serta mesin anyar berteknologikan hybrid.

Lebih revolusioner sekaligus terasa semakin nyaman digunakan, sebagai keunggulannya mobil ini sudah mendapatkan sunroof di beberapa variannya. Dan yang paling terpenting, versi hybridnya Kijang Innova Zenix bisa berjalan meski mesin mati berkat teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5 yang disematkan.

Dengan teknologi tersebut, Toyota mengklaim Kijang Innova Zenix dalam kondisi mesin mati dapat berjalan sejauh 50 km. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan motor listrik ketika menggunakan EV Mode.

Memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan model sebelumnya, berikut hal yang disayangkan dari Kijang Innova Zenix yang patut menjadi pertimbangan sebelum memutuskan membeli.

Baca juga: 5 Hal Menarik Toyota Kijang Innova Zenix 2023, Bikin Pemilik Reborn Berpaling

1. Penggerak FWD, Kurang Perkas adi Daerah dengan Kontur Jalan Ekstrim

Seperti beberapa produk terbaru Toyota, Kijang Innova Zenix menggunakan platform TNGA dengan menghasilkan wheelbase lebih panjang yang menyuguhkan keleluasan kabin. Penggunaan platform tersebut juga membuat mesin diletakan secara melintang dengan mengandalkan penggerak roda depan atau FWD.

Sebenarnya penggunaan penggerak roda depan pada mobil ini bukan tanpa alasan. Seperti yang disampaikan Anton Jimny, Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM) saat peluncurkan Kijang Innova Zenix beberapa waktu lalu, dengan penggerak FWD mobil ini selain lebih nyaman, dan hemat bahan bakar, Kijang Innova Zenix tetap bisa diandalkan di seluruh pelosok negeri.

Meski dianggap bisa diandalkan di seluruh pelosok negeri, mobil dengan penggerak FWD umumnya kurang cocok digunakan di daerah dengan kontur jalan licin yang menanjak. Hal tersebut dikarenakan mobil akan lebih banyak kehilangan traksi terlebih saat dimuati penumpang penuh.

2. Material Apron Kurang Solid dengan Finishing Kurang Rapi

Mobil sekarang umumnya pada bagian depan dan belakang dibuat lebih lunak supaya dapat menyerap energi lebih besar ketika mengalami tumbukan guna melindungi penggunanya.

Di Toyota Kijang Innova Zenix, apron yang berada di balik kap mesinnya terkesan lebih ringkih bila dibandingkan model sebelumnya. Selain itu, menurut kami finishingnya kurang rapih dengan menyisakan sisa lem sealent di beberapa bagiannya.

Baca juga: Begini Cara Kerja Sistem Hybrid Toyota Innova Zenix, Pantas Kalau Jadi Irit Banget

3. Suspensi Belakang Menggunakan Torsion Beam

Hal yang disayangkan dari Toyota Kijang Innova Zenix yakni suspensi belakangnya. Seperti yang terlihat untuk peredam kejutnya, di bagian belakang mobil ini menggunakan suspensi berjeniskan torsion beam.

Secara kontruksi, suspensi ini tidak begitu rumit serta jauh lebih ringan dan kuat bila dibandingkan suspensi lainnya. Merupakan hasil pengembangan dari suspensi jenis rigid, suspensi torsion beam memiliki keterbatasan dalam mengatur sisi chamber roda, dan terasa lebih bergoyang ketika melewati jalan berlubang.

Padahal jika melihat Wuling Cortez, mobil yang juga bermain di segmen Medium MPV ini untuk tipe L menggunakan suspensi independen di belakang. Secara teknis, ketika melewati jalanan berlubang suspensi indpenden pada salah satu roda akan bergerak secara bebas naik turun tanpa mempengaruhi roda lainnya.

Selain itu suspensi indpenden mampu meredam guncangan lebih baik disaat melewati jalan berlubang. 

4. Tidak Cocok Menggunakan BBM dengan RON di Bawah 92

Disampaikan Anton Jimny, Toyota Kijang Innova Zenix tidak cocok menggunakan BBM dengan RON di bawah 92 terkait rasio kompresi mesin yang dimiliki. Seperti yang diketahui, varian mesin bensinnya mempunyai kompresi 13,0 : 1, sedangkan untuk versi hybridnya 14,0 : 1.

Meski diharuskan untuk menggunakan BBM minimal RON 92, untuk konsumsi bahan bakarnya Kijang Innova Zenix terbilang irit. Seperti yang dikatakan Anton, untuk mesin bensin biasa mobil ini dapat menempuh jarak 15 km/liter dan 21 km/liter untuk varian hybrid.  

Baca juga: Setelah Innova Zenix, Toyota Indonesia Mau Bikin Mobil Hybrid Lain yang Lebih Murah?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

10.962 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0

Rp 323,00 Juta
Rp 6,58 Juta/bln

89.898 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0

Rp 310,00 Juta
Rp 6,32 Juta/bln

89.687 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4

Rp 364,00 Juta
Rp 7,42 Juta/bln

39.691 km

5,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat