Test Drive Toyota Kijang Innova Zenix Yogyakarta - Jakarta, Tak Ada Lagi Rasa Kijang Sebelumnya (Part 1)

Usia All New Toyota Kijang Innova Zenix saat kami mencoba langsung dalam perjalanan dari Yogyakarta menuju Jakarta baru satu bulan. Tapi tepat sebelum kami beranjak meninggalkan Kota Pelajar itu, salah satu berita yang kami dengar adalah bahwa inden mobil keluarga terbaru Toyota ini sudah menembus 7.000 unit dan indennya sampai 6 bulan!

Padahal, kami yakin dari semua pemesan Kijang Innova Zenix tersebut pasti masih belum tahu seperti apa sebenarnya rasa berkendara generasi ke-7 dari keluarga Kijang ini, terutama dalam perjalanan jauh. Generasi penerus Kijang Innova Reborn yang sebelumnya sudah terasa sebagai sebuah Kijang yang istimewa ini memang menggoda.

Desainnya yang baru tampak lebih berotot, lebih mewah dan platform TNGA dengan sasis monokok menjanjikan peningkatan kenyamanan. Suntikan mesin baru, apalagi dengan kehadiran varian hybrid, tak sekadar menawarkan performa lebih baik, tapi juga efisiensi bahan bakar.

Para pemuja Kijang Innova Diesel Matic, seakan dikecewakan saat Toyota memutuskan tak lagi menyediakan opsi mesin diesel. Tapi semua itu adalah sebuah keniscayaan, karena mesin diesel dan bahan bakarnya masih belum mampu menjawab komitmen bebas emisi karbon yang diharapkan pemerintah. Teknologi hybrid dan listrik menjadi jawabannya.

Nah, balik lagi ke Kijang Innova Zenix terbaru, apakah mobil ini memang begitu layaknya untuk ditunggu hingga selama 6 bulan? Kami langsung menjajalnya menuju Ibu Kota.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Indennya Sampai 6 Bulan, Lebaran Gagal Pakai Mobil Baru

Kenyamanan Sasis Baru Kijang Innova Zenix

Awal perjalanan, saya menikmati sebagai penumpang di baris kedua Kijang Innova Zenix tipe V bermesin bensin. Hal paling terasa adalah perbedaan kenyamanan yang signifikan dibandingkan generasi pendahulunya Kijang Innova Reborn. Perubahan platform TNGA membuat Kijang kini menggunakan sasis monokok, meninggalkan sasis model tangga alias ladder frame.

Penggunaan sasis baru ini secara jelas memberikan kenyamanan yang jauh lebih baik. Kuncinya adalah pada perubahan suspensi dan kemampuan sasis monokok yang mampu meredam getaran lebih baik dibandingkan ladder frame. 

Kini Kijang Innova Zenix menggunakan suspensi MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di belakang. Sementara Kijang Innova Reborn sebelumnya menggunakan suspensi Double Wishbone di depan dan 4-link di belakang.

Saat menghadapi lubang atau tonjolan di jalan seperti speed trap, tak ada getaran khas ladder frame yang mengguncang kuat badan mobil, “Tendangan” dan getaran yang dihasilkan dari bawah mobil terasa lebih teredam. Menghadapi jalan bergelombang, tak ada rasa berguncang berlebihan saat duduk sebagai penumpang di belakang.

Soal pengendalian juga semakin baik. Meski ground clearance Kijang Innova Zenix lebih tinggi dibanding Reborn, namun berkat suspensi dan jarak pijak yang lebih lebar, penumpang tidak merasakan gejala limbung di belakang. Secara rata-rata jarak pijak pada Kijang Innova Zenix ini lebih lebar hingga 40 mm dibanding Reborn.

Baca juga: Teka Teki Toyota Kijang Innova Zenix, Setelah Hybrid Bakal Ada Listrik?

Rear Seat Entertainment Individual

Duduk di baris belakang Kijang Innova Zenix -- terutama pada varian V dan Q -- juga semakin menyenangkan karena penumpang dihibur oleh tersedianya Rear Seat Entertainment (RSE) yang individual. Artinya, meski kedua penumpang di sebelah kanan dan kiri mendapatkan layar sentuh 10 inci yang sama, namun mereka bisa memilih hiburan yang berbeda di kedua layar.

Apalagi RSE ini juga bisa terhubung dengan koneksi internet sehingga Anda bisa menonton YouTube ataupun Netflix di layar yang berbeda. Meski begitu, hal yang sedikit mengganggu adalah posisi peletakkan RSE di belakang kursi depan ini terasa kurang kokoh.

Bahkan saat melewati jalan bergelombang atau speed trap, ada bunyi yang ditimbulkan dari RSE ini yang cukup mengganggu. Belum lagi, layar ini beresiko terkena penumpang atau bangku belakang jika bangku depan direbahkan.

Baca juga: Interior Toyota Innova Reborn Bisa Dibuat Lebih Mewah dari Zenix, Begini Caranya

Catatan Kenyamanan di Kijang Innova Zenix Q Hybrid

Pada varian tertinggi Kijang Innova Zenix Q Hybrid, bangku baris kedua merupakan captain seat yang menawarkan bangku Ottoman yang menyuguhkan kenyamanan ekstra dengan adanya leg rest. Posisi sandaran dan leg rest ini dapat diatur secara elektrik. 

Namun salah satu catatan yang perlu diperhatikan, saat leg rest dinaikkan, jika jarak dengan bangku depan tidak terlalu jauh, terkadang bagian telapak kaki kita akan menyangkut di bagian belakang kursi depan. Kehadiran atap panoramic juga menghadirkan suasana lebih nyaman di dalam kabin Innova Zenix Q karena memberikan kesan lapang

Baca juga: Lebih Dekat dengan Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V, Varian Non Hybrid Pengganti Venturer?

Kesimpulan

Penggunaan platform TNGA yang menjadikan Kijang Innova Zenix kini berdiri di atas sasis monokok membuat kenyamanan Kijang generasi ke-7 ini meningkat signifikan. Tak ada lagi getaran khas sasis ladder frame yang dirasakan saat menghadapi lubang atau speedtrap yang dimiliki Toyota Kijang Innova generasi sebelumnya. Perubahan suspensi juga membuat kenyamanannya meningkat, sekaligus pengendalian lebih baik saat bermanuver.

Ruang kabin yang lapang dengan rear seat entertainment individual membuat perjalanan jarak jauh semakin nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Khusus bagi Kijang Innova Zenix tipe Q, captain seat ottoman dan panoramic sunroof jelas menyuguhkan kemewahan yang tak bisa didapatkan pada generasi Kijang sebelumnya, bahkan oleh para rival di kelasnya sekalipun.

Lalu seperti apa perbedaan pengendaraan di antara kedua varian Kijang Innova Zenix ini? Dan apakah bisa membuat para pemuja Kijang Innova Diesel pindah ke lain hati? Simak artikel kami selanjutnya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, a...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

10.962 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0

Rp 323,00 Juta
Rp 6,58 Juta/bln

89.898 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0

Rp 310,00 Juta
Rp 6,32 Juta/bln

89.687 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4

Rp 364,00 Juta
Rp 7,42 Juta/bln

39.691 km

5,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat